Featured Post

Cara Menghilangkan Ketombe Alami dengan Mudah

Cara menghilangkan ketombe alami adalah cara yang dicari banyak orang. Efek dari ketombe bukan hanya gatal, namun juga bisa memicu rontoknya rambut serta membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Ketombe adalah salah satu masalah pada rambut serta kulit kepala yang umum terjadi. 

Ketombe bisa sering muncul pada orang yang kurang menjaga kebersihan rambutnya seperti jarang keramas. Bukan hanya itu, ketombe juga bisa disebabkan karena berbagai macam hal seperti produksi minyak rambut berlebih, perubahan hormon, stress dan yang lainnya. 

Sebenarnya, cara menghilangkan ketombe alami sangat mudah. Ada berbagai macam bahan yang dapat kita manfaatkan untuk menghilangkannya. 

Cara Menghilangkan Ketombe Alami

Berikut cara menghilangkan ketombe alami dengan menggunakan berbagai macam bahan yang bisa ditemukan di sekitarmu:

Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang sudah dari dulu dipergunakan secara tradisional untuk mengurangi ketombe. Minyak kelapa bisa melembapkan kulit kepala serta rambut, sehingga kulit kepala menjadi lebih lembab serta tidak mengelupas. 

Untuk menggunakan bahan alami ini, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke atas kulit kepala, pijat dengan perlahan kemudian diamkan selama 30 menit. Bukan hanya bisa menghilangkan ketombe namun minyak kelapa juga dapat menyuburkan rambut. 

Soda kue

Cara menghilangkan ketombe alami yang lainnya adalah menggunakan soda kue. Soda kue bisa mengurangi gatal serta mengangkat sel kulit mati yang sudah menumpuk di kepala. Bukan hanya itu, soda kue juga bisa membasmi jamur yang menjadi akar penyebab ketombe. 

Agar memperoleh hasil maksimal, kamu bisa menaburkan soda kue secukupnya pada rambut yang basah dengan merata, kemudian diamkan selama beberapa menit sebelum keramas. 

Lidah buaya

Lidah buaya juga menjadi bahan alami yang mempunyai berbagai macam manfaat untuk kecantikan. Lidah buaya mempunyai kandungan antjamur dan antiradang yang diketahui bisa mengatasi peradangan pada kulit kepala serta menjadi akar penyebab ketombe. 

Agar dapat menghilangkan ketombe, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala, kemudian diamkan selama 1 jam. Gunakan lidah buaya dengan rutin selama beberapa minggu agar memperoleh hasil yang maksimal. 

Cuka apel

Cuka apel bisa mengangkat sel kulit mati yang berada di kepala. Sel kulit mati merupakan salah satu penyebab kemunculan ketombe. Selain itu, cuka apel juga bisa menyeimbangkan tingkat keasaman kulit kepala sehingga bisa mengurangi serta menghambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan ketombe.

Bila ingin menggunakan cuka apel untuk antiketombe, kamu harus mencampurkannya dengan air, kemudian oleskan di kulit kepala dengan merata. Tunggu hingga 15 menit dan bilas sampai bersih. 

Garam

Bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur, namun garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Garam dapat memembersihkan timbunan sel kulit mati di kepala. 

Selain itu garam juga bisa meminimalisir pertumbuhan jamur yang berada di kulit kepala. Untuk menjadikan garam sebagai ramuan penghilang ketombe, kamu dapat menaburkan garam ke atas kulit kepala. Kemudian, lakukan gerakan pijatan di kulit kepala sampai ketombe rontok. 

Bila sudah selesai, bilas dengan menggunakan shampoo sampai bersih. Kamu juga dapat mencampurkan garam dengan berbagai bahan alami agar dapat meningkatkan efektivitasnya seperti lidah buaya serta minyak kelapa. 

Selain menggunakan cara menghilangkan ketombe alami di atas, kamu juga dapat mengelola stress sehingga mencegah ketombe menjadi semakin buruk, bukan hanya itu. Kamu juga harus menjalani pola makan yang sehat serta memperbanyak asupan nutrisi seperti omega 3 dan vitamin B. jangan lupa, bersihkan rambut dengan rutin, terutama ketika berminyak dan berkeringat.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments