8 Okt 2021

5 Trik Ubah Ruang Kecil Menjadi Nyaman dan Berkelas

Mungkin tak sedikit orang yang kebingungan untuk mendekorasi rumah berukuran kecil. Ruang yang terbatas kadang membatasi kreativitas untuk menatanya agar terlihat berkelas.

Nah, pembuat konten media sosial berusia 23 tahun, Elena Taber membagikan tips berdasarkan pengalamannya yang baru saja menyewa apartemen East Village di New York City.

Taber berbagi apartemen tiga kamar tidur, satu kamar mandi dengan dua temannya. Seperti banyak orang, Taber tidak dapat menggunakan ruang kerja bersama selama pandemi COVID-19, jadi dia membuat ruang kerja di rumah. Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah selama kebijakan pembatasan kegiatan menginspirasinya untuk membuat beberapa perubahan pada ruang kecilnya sehingga bisa lebih fleksibel dan nyaman.

Berikut saran Taber untuk mendekorasi dan mengatur ruang kecil:

1. Belanja barang bekas secara online

Meskipun mencari barang antik di toko barang bekas merupakan tantangan selama pandemi, ada banyak cara untuk membeli furnitur dan dekorasi bekas secara online.

Misalnya, Taber menggunakan Facebook Marketplace untuk menemukan meja. Selain Facebook, Taber juga menggunakan aplikasi jual-beli barang bekas.

Selain itu Taber mengikuti akun Instagram yang kerap memberi tahu orang-orang tentang barang-barang unik dan berkualitas tinggi yang dibuang ke tempat sampah, dan menemukan rak buku di jalan untuk ditambahkan ke ruang tamu apartemennya.

Dia juga suka berbelanja barang-barang dekorasi yang lebih kecil dan pernak-pernik penyimpanan dari toko-toko antik.

Taber menyarankan untuk mencari perabotan dasar Anda, seperti tempat tidur atau meja rias Anda di pengecer yang lebih terjangkau.

"Ini sepadan, dan kemudian Anda benar-benar dapat membuat ruang lebih bagus dengan menambahkan dekorasi menyenangkan yang sesuai dengan kepribadian Anda," katanya.

2. Cat furnitur

Sebagai penyewa, Taber terbatas dalam apa yang dia bisa dan tidak bisa lakukan untuk mengubah apartemen. Jadi, dia memutuskan untuk mengupgrade furnitur kamar tidurnya menggunakan kombinasi cat dan primer yang murah. Dia mengecat laci meja rias dengan warna sage terang.

"Saya merasa hanya menambahkan sedikit warna, atau bahkan hanya menambahkan furnitur yang lebih gelap dengan warna yang lebih terang yang benar-benar mengubah ruang dan mencerahkannya dan membuatnya terasa lebih besar," katanya.

3. Meniru

Taber mengatakan dia suka mencari inspirasi dari desainer interior kelas atas secara online dan di Instagram, dan kemudian mencoba untuk menirunya. Misalnya, Taber menemukan foto vas berbentuk perempuan yang harganya terlalu mahal. Jadi, dia mencari jenis vas yang sama di toko lain dan dapat menemukan sesuatu yang serupa dan lebih murah.

4. Pencahayaan

Area ruang tamu Taber hanya memiliki satu sumber cahaya alami yang berasal dari jendela kecil di dekat dapur. Dia menambahkan lampu bulat ke ruang komunal untuk menambah kehangatan dan meniru sinar matahari, dan satu lagi di kamar tidurnya dengan bola lampu yang dapat berubah warna menggunakan remote control.

Dan sumber cahaya lainnya adalah lampu LED pengubah warna yang menyala di belakang kepala tempat tidurnya. Lampu murah ini menambahkan pencahayaan suasana hati yang lebih nyaman, yang dibutuhkan menjelang bulan-bulan musim dingin yang lebih gelap.

Pasang iklan rumah gratis.

 5. Manfaatkan ruang apa pun

"Jika menyangkut penyimpanan di ruang kecil, Anda benar-benar harus memanfaatkan setiap sudut dan celah," kata Taber.

"Menyimpan barang-barang dengan sangat strategis di bawah tempat tidur Anda, di atas lemari Anda atau benar-benar menggunakan setiap sudut kecil lemari Anda," sambungnya.

Misalnya, Taber menggunakan keranjang hasil gantung di dapurnya untuk mengurangi makan tempat. Dia dan teman sekamarnya juga menyimpan buku mereka di atas lemari dapur. Dan alih-alih memiliki TV di ruang tamu, mereka menggunakan proyektor untuk menonton di dinding putih di ruang tamu mereka.

3 komentar:

  1. lumayan besar juga ya apartemen si elena taber. Bayangkan aja ada 3 kamar..dan ternyata membutuhkan keterampilan menata tata design yang mumpuni supaya tampilan ruangan semakin bagus dan membuat nyaman si empunya apartemen

    BalasHapus
  2. setuju!
    bagi saya, ruang kecil ni tak perlukan perabot yang banyak. cukup yang basic sahaja. kalau tidak, nanti ruang jadi serabut dan sempit ;-)

    BalasHapus
  3. Saya juga nih pengen banget permak 1 ruangan buat kerjaan saya, udah bikin sih, udah di cat, udah diatur cuman barang saya aja, eh besoknya dikasih hiasan coretan dinding sama si Adik, hahaha.
    Baca ini jadi pengen dekor lagi, tambahin dengan perabotan bekas aja deh biar lebih murmer ya

    BalasHapus