19 Sep 2021

Tips Agar Tidak Takut ke Klinik Gigi Yogyakarta

Ketika mencari klinik gigi Yogyakarta, sebenarnya terdapat cukup banyak klinik yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Sayangnya, tidak sedikit orang yang enggan ke dokter gigi, apalagi bayang-bayang suara bor gigi. Padahal, ketika memiliki masalah gigi, kita tidak bisa mendiamkannya begitu saja, atau menanganinya sendiri di rumah. 

Salah satu cara yang harus dilakukan adalah mengatasi rasa takut pergi ke dokter gigi. Ketakutan melakukan perawatan gigi kadang sangat hebat, sehingga lebih memilih merasakan ngilu bila dibandingkan dengan mengunjungi dokter gigi. 

Padahal kesehatan mulut serta gigi yang tidak terjaga bisa membuat risiko faktor kesehatan lainnya seperti infeksi, penyakit stroke hingga jantung. Ada berbagai macam penyebab mengapa seseorang takut pergi ke dokter gigi. 

Contohnya, takut dengan rasa sakit yang bisa muncul karena prosedur medis, selain itu rasa takut juga bisa disebabkan karena pemikiran bagaimana jika bius tidak bekerja dengan sempurna, atau tidak nyaman karena tidak bisa melihat apa saja yang sedang dikerjakan oleh dokter. 

Bahkan, rasa sakit pergi ke klinik gigi juga bisa disebabkan karena nasihat yang tidak tepat saat kecil seperti jika tidak mau sikat gigi harus ke dokter gigi. Kalimat-kalimat ini bisa membuat seseorang menganggap jika dokter gigi merupakan klinik menyeramkan. 

Cara Agar Tidak Takut ke Klinik Gigi Yogyakarta

Agar tidak takut lagi pergi ke klinik gigi, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Kenali jenis obat dan rasa sakit gigi

Sekarang ini perkembangan pengobatan terus-menerus mengalami pembaharuan, hal ini juga memungkinkan klinik gigi bisa mengurangi rasa sakit ketika perawatan dengan signifikan. Jika sudah mengetahui perkembangan ini, rasa cemas ketika pergi ke klinik gigi dapat berkurang. 

Tidak ada salahnya mengenal obat bius terlebih dahulu sebelum pergi ke klinik gigi, di klinik gigi terdapat obat bius oles yang digunakan untuk gusi, obat oles ini biasanya digunakan sebelum melakukan suntikan bius yang luas, sehingga ketika disuntik, Anda tidak akan merasakan sakit. 

Ada juga obat bius yang menggunakan teknik pembiusan dengan arus listrik namun memiliki tegangan rendah agar bisa mengubah persepsi rasa nyeri di saraf menjadi lebih minimal. 

Obat bius lainnya adalah gas tawa, yakni gas yang pemberiannya dengan cara dihirup untuk membuat pasien merasa jauh lebih relaks ketika melakukan perawatan gigi.

2. Cari tahu teknologi perawatan terkini

Teknologi perawatan gigi saat ini sangat maju. Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bila obat bius saat ini tidak perlu masuk melalui jarum suntik. Tidak sedikit dokter gigi Yogyakarta yang menggunakan obat berbentuk gel maupun semprot. 

Teknologi perawatan gigi juga sudah berubah menjadi semakin maju seperti penggunaan laser dan pengebor gigi yang digunakan untuk merapikan gigi yang berlubang, hal ini bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh pasien. 

Jika Anda sudah mengetahui klinik yang Anda kunjungi menggunakan teknologi di atas, Anda bisa berangkat melakukan perawatan dengan tenang. 

3. Mencari dokter yang tepercaya

Agar tidak takut, Anda juga bisa mencari dokter yang tepercaya. Anda dapat mencari referensi dokter tepercaya yang berada di sekitar Anda. Anda bisa mencari tahu dari kerabat, atau forum kesehatan internet. 

Mengatasi ketakutan pergi ke klinik gigi memang tidak mudah, namun dengan memilih klinik gigi Yogyakarta dengan tepat, Anda sendiri sebagai pasien pasti akan merasa lebih aman.

8 komentar:

  1. Saya salah satu orang yang takut pergi ke dokter gigi kalau gigi saya sakit paling mencari obat yang dijual bebas untuk meredakan rasa sakitnya.

    Baru tau ada pembiusan yang menggunakan tegangan listrik arus rendah. Apakah pembiusan menggunakan tegangan listrik arus rendah hanya ada di klinik dokter gigi saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga semua klinik punya bius tegangan listrik arus rendah

      Hapus
    2. Obat ampuh yang sering aku pake itu opsagi, tapi gak sering sih soalnya terakhir sakit gigi itu kelas 3 smp hehehe

      Hapus
  2. Sebenarnya sakit Giginya yang bikin resah itu senat-senutnya jadi pas sudah dihadapan dokter apa perasaan takut yang berlebih.😁😁 Meski itu mungkin hanya sugesti saja, Akan tetapi pada umumnya orang jika sudah sakit gigi paling ogah kedokter.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga juga loh
      aku pas sakit gigi langsung ke dokter, hehe
      daripada seharian senut2 mulu

      Hapus
  3. aku sedang mengalami nih, bolak balik tambalan copot, jadi ya ada aja keperluan ke klinik gigi...bener bener frustasi soalnya takut banyak syarat oas mau ke klinik di masa pandemi...alhasil kalau lagi kumat cenud cenudnya nguntal obat sementara..mefinal

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sekarang kayaknya syaratnya udah ga ribet2 banget
      kan sudah banyak yang vaksin mba

      Hapus