12 Jun 2021

Berbagai Makanan Ibu Hamil yang Bergizi dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Makanan ibu hamil yang bergizi begitu mempengaruhi kesehatan ibu serta pertumbuhan janin. Oleh sebab itu, ibu hamil harus mengetahui berbagai macam pilihan makanan bergizi yang dapat dikonsumsi sehingga janin yang dikandung menjadi tetap sehat.

Mengkonsumsi makanan bergizi bagi ibu hamil dilakukan agar kebutuhan nutrisi bisa tercukupi dengan baik. Walaupun demikian, ibu hamil harus memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi, terlebih terdapat berbagai makanan bergizi namun tidak boleh dikonsumsi saat masa kehamilan seperti daging mentah.

Berbagai Jenis Makanan Ibu Hamil yang Bergizi

Asupan nutrisi ketika masa kehamilan entah dari jumlah maupun jenis memang harus diperhatikan dengan sangat baik, lebih-lebih kebutuhan gizi akan bertambah sesuai dengan usia kehamilan. 

Di dalam trimester pertama kehamilan, ibu hamil memang tidak membutuhkan kalori tambahan. Tetapi, ketika sudah berada di trimester kedua serta ketiga, asupan kalori yang diperlukan bisa bertambah hingga 450 kalori dalam sehari. 

Agar dapat mencukupi kebutuhan kalori tersebut, lebih baik ibu hamil tidak sembarangan mengkonsumsi makanan, namun lebih memilih makanan-makanan dengan gizi yang tinggi seperti:

1. Buah kering

Buah kering memiliki kandungan ebrbagai macam vitamin, mineral, serat dan kalori. Walaupun bentuk dan buahnya kecil, namun gizinya sangat besar. Dalam satu buah kering biasanya memiliki kandungan nutrisi yang setara dengan buah segar.

Ada berbgaai macam pilihan buah kering yang dapat Anda konsumsi selama masa kehamilan sepertu nanas, kismis, kurma, buah ara hingga ara. Dari berbagai macam buah kering, kurma menjadi jenis yang mudah diperoleh serta baik untuk ibu hamil. Kurma kaya dengan kandungan potasium, zat besi dan serat. 

Namun, meskipun buah kering memiliki berbgaai macam kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil, ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsinya secara berlebihan karena biasanya buah kering memiliki kandungan gula yang tinggi. 

2. Ikan salmon

Okan salmon menjadi makanan ibu hamil yang bergizi karena juga merupakan sumber protein hewani. Salmon wajib masuk dalam menu makanan harian Anda. Ikan salmon memiliki kandungan lemak omega-3 yang sangat penting untuk perkembangan mata dan otak janin.

Bukan hanya sampai di situ, ikan salmon juga memiliki kandungan vitamin D. Namun, Anda disarankan mengkonsumsi ikan salmon yang benar-benar sudah matang, hindari mengkonsumsi ikan dalam keadaan mentah seperti menjadi olahan sushi, karena dapat membahayakan janin. 

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang polong, dapat dijadikan sebagai sumbe rasam folat, protein, kalsium dan zat besi. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin, lebih-lebih di trimester pertama. 

4. Mangga

Buah mangga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Mangga memiliki kandungan vitamin C, kalium serta vitamin A yang sangat tinggi. Kalium yang berada di dalam buah mangga akan menjaga tekanan darah serta dapat mempertahankan cairan di dalam tubuh. 

Sedangkan vitamin A memiliki peran untuk menunjang perkembangan sistem kekebalan tubuh, antioksidan serta membantu perkembangan sistem saraf bayi. Selain itu mangga juga memiliki kandungan serat tinggi sehingga bisa mencegah sembelit ketika hamil. 

5. Brokoli

Makanan ibu hamil yang bergizi tinggi lainnya adalah brokoli. Brokoli merupakan sayuran hijau dengan nutrisi tinggi yang dibutuhkan ketika berada di masa kehamilan. Brokoli memiliki kandungan lutein, asam folat serta karatenoid. 

Berbagai makanan bergizi tersebut juga dikombinasikan dengan air pitih. Pasalnya volumen darah ibu hamil mengalami peningkatakan hingga 45 persen dibanding sebelum mengandung. Oleh sebab itu selain mengkonsumsi makanan ibu hamil yang bergizi, ibu hamil juga disarankan mengkonsumsi 2,3 liter air per hari. Selain itu pastikan seluruh makanan tersaji dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar