Featured Post

Cek Harga Kubah Masjid di Tahun 2021

Pembangunan masjid di Indonesia seringkali kita temui di banyak tempat. Ada yang memang membangung masjid baru, ada juga yang merenovasi.

Pembangunan masjid ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Seperti halnya membangun rumah, membangun masjid butuh dana yang besar. Apalagi jika ukuran masjidnya besar. Membangun masjid setidaknya butuh dana milyaran rupiah. Namun, meskipun menghabiskan dana milyaran rupiah, masjid tetap bisa berdiri dengan banyaknya donasi dari umat.

Di artikel kali ini, saya akan membahas mengenai harga kubah masjid terbaru yang beredar di pasaran. Namun sebelum membahas harganya, saya bahas dulu bahan yang biasanya dipakai untuk kubah masjid.

Jenis Bahan Kubah Masjid

Kubah masjid zaman dulu dibuat dari cetakan batu dan semen. Namun, seiring dengan perkembangannya dunia konstruksi, kubah dari cetakan ini kurang diminati karena pembuatannya susah dan hasilnya kurang maksimal.

Jenis bahan kubah masjid yang beredar saat ini adalah jenis galvalum dan enamel. Lalu apa bedanya?

Untuk kubah masjid galvalum menggunakan panel berbahan plat galvalum dengan tebal 0,4 mm hingga 0,5 mm. Kubah ini menggunakan coating yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: epoxy, cat utama, dan anti gores PU Colour.

Sedangkan untuk kubah masjid enamel, panel terbuat dari plat baja SPCC dengan tebal 0,9 mm hingga 1 mm. Finishing yang dipakai menggunakan pelapisan teflon dengan suhu 830 derajat celcius.

Kelebihan Kubah Berbahan Galvalum

Setiap jenis kubah masjid memiliki kelebihannya tersendiri. Kelebihan kubah berbahan galvalum ini, antara lain: daya rekat cat lebih fleksibel, pilihan catnya lebih beragam, materialnya anti karat, lebih tahan dengan cuaca yang ekstrem, dan yang paling penting adalah harganya lebih murah dibandingkan yang berbahan enamel.

Kelebihan Kubah Berbahan Enamel

Sedangkan untuk kubah yang berbahan enamel memiliki kelebihan, antara lain: lebih ringan dan tahan gempa, ada lapisan porcelain sehingga tidak mudah retak, lapisan warna awet dan bisa bertahan lebih dari 20 tahun, material tahan karat, dan mampu bertahan di cuaca yang ekstrem. Namun, harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis kubah yang berbahan galvalum.

Cara Menghitung Perkiraan Harga Kubah

Bagi kamu yang kebetulan diamanahi untuk mencari harga kubah masjid terbaru, kamu bisa mengira-ngira harga dengan menggunakan rumus perhitungan di bawah ini. Karena ada dua jenis kubah berdasarkan bahannya, maka ada 2 rumus. Rumus yang pertama adalah rumus harga kubah masjid galvalum dan yang kedua adalah rumus harga kubah masjid enamel.

Rumus harga kubah masjid galvalum

Harga kubah = Diameter kubah x Tinggi kubah x 3,14 x Rp 1.500.000

Rumus harga kubah masjid enamel

Harga kubah = Diameter kubah x Tinggi kubah x 3,14 x Rp 3.000.000

Dari mana datangnya angka 3,14? Angka tersebut merupakan satuan dari Pi (π) yang digunakan untuk menentukan luas area kubah.

Dari rumus di atas, kita bisa tahu bahwa harga kubah masjid enamel dua kali dari harga kubah masjid galvalum. Oh ya, perkiraan harga di atas saya dapatkan dari website Anugerah Kubah Indonesia.

Praktik Menghitung Harga Kubah Masjid Sesuai Kasus

Katakanlah ada proyek pembangunan masjid dengan luas bangunan 10 meter x 20 meter persegi. Kemudian desain kubah yang dibutuhkan adalah setengah dari lebar masjid. Kubah yang akan digunakan adalah kubah masjid berbahan gavalum dengan model kubah setelah bola. Kira-kira berapa dana yang dibutuhkan untuk membuat kubah masjid tersebut?

Hal yang pertama di lakukan adalah mencari diameter dari kubah yang akan dibuat. Karena lebar masjid 10 meter dan desain kubah adalah setengah lebar, maka diameter kubah adalah 5 meter.

Jika kubah yang akan dibuat tipe setengah bola, maka tinggi kubah adalah setelah dari diameter, yaitu 2,5 meter. Jika menggunakan kubah pinang, kubah bawang, atau kubah madinah, maka beda lagi tingginya.

Kita sudah mendapatkan diameter dan tinggi kubahnya. Selanjutnya kita hitung harga perkiraa kubah masjid jika menggunakan bahan galvalum.

Harga kubah = Diameter kubah x Tinggi kubah x 3,14 x Rp 1.500.000

Harga kubah = 5 x 2,5 x 3,14 x Rp 1.500.000 = Rp 58.875.000

Jadi harga kubah masjid galvalum untuk ukuran tersebut adalah 58 jutaan. Bagaimana? Mudah bukan?

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments