Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

14 Agu 2020

Buah Bit dan Manfaatnya bagi Penderita Darah Tinggi

Darah tinggi memang penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Saya sendiri juga sempat saat itu menderita darah tinggi, walau tidak terus menerus sih. Ketika saya menderita darah tinggi, saya langsung melakukan penanganan. Sebenarnya, darah tinggi ini cukup mudah untuk disembuhkan asal kamu serius dalam menempuh cara-caranya. 


Cara Meredakan Darah Tinggi

Ada beberapa cara dalam menyembuhkan darah tinggi. Yang pertama adalah cara instan dan yang kedua adalah cara bertahap, tidak instan. Namun, yang paling efektif untuk jangka panjang adalah cara yang bertahap.

Cara Instan, Pakai Obat

Jika tekanan darah tinggi kamu sudah level membahayakan, memang mau tidak mau harus pakai cara instan yaitu pakai obat. Kamu bisa memeriksakan diri ke dokter dan meminta obat untuk meredakan darah tinggimu. Biasanya dokter akan meresepkan obat.

Hanya saja, cara ini akan membuatmu ketagihan. Kamu akan sering mengonsumsi obat penyetabil tekanan darah jika tidak menempuh cara yang tidak instan. Karena darah tinggi biasanya disebabkan oleh pola makan yang ugal-ugalan, pola hidup yang malas olahraga.

Cara Tidak Instan, Jaga Pola Makan dan Olahraga

Cara kedua dalam menjaga dari dari darah tinggi adalah cara yang tidak instan yaitu menjaga pola makan dan olahraga teratur. Kebanyakan orang tidak sabar dalam menempuh cara ini. Hal ini sangat wajar karena kebanyakan manusia akan susah tidak makan makanan kesukaannya. Terlebih lagi, kebanyakan orang juga malas untuk olahraga.

Makan buah-buahan dan sayuran serta mengurangi makanan yang berlemak akan mencegah diri dari darah tinggi. Olahraga yang teratur setiap pagi, misal jalan pagi atau lari pagi sekitar 1 jam, juga akan membakar lemak yang bisa menyebabkan darah tinggi. Dengan penjaga pola makan dan olahraga, berat badan juga ikut terjaga loh.

Buah-buahan Pencegah Darah Tinggi

Ada beberapa buah-buahan yang bisa kamu gunakan untuk pencegahan darah tinggi ini. Saya sendiri saat menderita darah tinggi juga menempuh cara ini. Cara ini lebih efektif dibandingkan kecanduan obat pereda darah tinggi.

Buah Naga

Salah satu buah favorit saya untuk menurunkan darah tinggi adalah buah naga. Selain karena rasanya yang agak manis, buah naga ini juga sangat menyegarkan saat di makan. Apalagi sebelumnya disimpan di dalam kulkas, saat dimakan rasanya sangat nikmat.

Buah naga ini juga harganya relatif murah, apalagi jika sudah musim. Saya sendiri biasanya membeli buah naga di pasar dengan harga 10 ribu per kilo. Kadang jika musim, bisa jatuhnya 5 ribu saja per kilo. Sudah murah, enak, dan berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah Semangka

Sebenarnya saya juga sangat suka dengan semangka. Hanya saja semangka ini harganya cukup mahal di pasar. Untuk satu butir semangka besar bisa dihargai hingga 80 ribu.

Namun, jika kamu memang sedang tinggi tekanan darahnya dan suka semangka, ya mending beli semangka saja. Di pasar kamu juga tidak harus beli satu butir, kamu bisa membelinya sepotong kecil yang harganya 10 ribuan.

Buah Bit

Buah bit ini juga bisa menurunkan darah tinggi. Rasanya tawar dan baunya kurang enak seperti kol. Namun, meskipun tawar dan baunya kurang enak, banyak orang menggunakan buah bit ini untuk menurunkan darah tinggi.

Kamu bisa mengakalinya dengan mengejus buah bit ini lalu diberi sedikit gula untuk memberikan kesan manis. Untuk baunya sendiri saya rasa tidak begitu mengganggu kok saat diminum. Masih lebih mengganggu bau buah pace.

Manfaat Buah Bit untuk Penderita Darah Tinggi

Buah bit ini memiliki banyak manfaat bagi penderita darah tinggi. Buah ini sangat tinggi serat, rendah kalori, dan mengandung nitrat. Buah bit ini selain digunakan untuk menurunkan tekanan darah, buah bit juga bisa digunakan untuk hal lainnya.

Beberapa manfaat tidak langsung lainnya adalah melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan mengurangi peradangan. Pasalnya dengan manfaat secara tidak langsung ini, kemungkinan tekanan darah tinggi kembali lagi semakin kecil. Karena kebanyakan penderita darah tinggi itu karena dia kegemukan dan susah buang air besar. Sehingga banyak lemak yang ditimbun dan mengakibatkan pembuluh darah menyempit, kemudian terjadilah tekanan darah tinggi.

Meskipun kamu sudah tahu buah bit ini bisa menurunkan darah tinggi, kamu juga tidak boleh sembarangan mengkonsumsinya loh. Jangan sampai kebanyakan. Karena setiap sesuatu ada kadarnya. Untuk mengetahui berapa kadar konsumsi buah bit yang pas untuk darah tinggi yang kamu derita, kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter. Namun, jika kamu malas keluar rumah karena masih pandemi, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc yang bisa kamu unduh di Play Store atau App Store. Halodoc adalah aplikasi yang memudahkan bagi kamu yang enggan keluar rumah namun ingin konsultasi ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar