Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

22 Jun 2020

Adakah Hosting Khusus WordPress? Apa Bedanya dengan Hosting Lainnya?

Di era yang penuh dengan ledakan informasi ini, banyak sekali kita jumpai website-website baru setiap harinya. Jika tahun 2000-an saja kita cuma menemukan beberapa website yang menarik, kini kita bisa jumpai ratusan bahkan ribuan website yang isinya menarik.


Sayangnya, apakah kita bisa membacanya semua dengan waktu yang kita punyai? Nyatanya, tidak.

Alasan mengapa banyak sekali orang saat ini yang membuat website adalah karena dari website tersebut bisa mendapatkan uang. Yang paling umum adalah mendapatkan uang dari AdSense. Walaupun blog ini www.iskael.com sama sekali tidak mencari uang dengan jalan AdSense. Ada cara lain yang lebih enak. Hehe.

Saat ini pun, kebanyakan pemula dalam dunia blog akan menggunakan platform ngeblog yang paling banyak dipakai. Apa lagi kalau bukan WordPress. Selain WordPress, di Indonesia platform ngeblog yang cukup digandrungi adalah Blogger. Blog ini juga pakai platform Blogger loh.

Mengapa Pakai WordPress?

Banyak yang bertanya mengapa harus pakai WordPress, memangnya tidak ada platform blog lain. Platform blog lain sangat banyak. Bahkan dulu Joomla dan Drupal juga digandrungi. Namun, tetap saja WordPress menang telak karena beberapa sebab.

Data dari W3Techs ini sudah menjadi bukti bahwa WordPress sangat disukai oleh banyak orang dibandingkan CMS lainnya. WordPress menguasai 63% dari total keseluruhan CMS untuk blog dan 37.5% untuk keseluruhan website.

Sumber: https://w3techs.com/technologies/overview/content_management

Jumlah pengguna yang banyak tentu membuat orang yang baru datang di dunia per-blog-an akan memilih WordPress. Jelas begitu karena jika mencari solusi atau tutorial sudah banyak yang menulis dan menjawabnya.

Selain karena memang jumlah penggunanya yang banyak, WordPress ini sangat mudah dimengerti dasbornya. Bahkan saat pertama kali saya menggunakan WordPress pertama kali di tahun 2009, saya sudah tahu dan merasa mudah dengan tampilan WordPress ini. Kurva belajarnya sangat landai.

Di sisi lain, banyak orang menyukai WordPress ini karena dukungan plugin dan theme-nya sangat banyak. Banyak dengan WordPress kamu bisa membuat model website apa saja. Bisa disulap jadi forum, company profile, website portofolio, e-commerce, dan banyak lagi model lainnya.

Jadi sangat wajar jika banyak orang yang menggunakan WordPress karena bisa diubah menjadi apa saja. Bahkan ada guyonan bahwa WordPress ini diibaratkan seperti gajah yang bisa terbang sekaligus bisa menyelam seperti ikan.

Pilih Hosting yang Pas untuk WordPress

Seperti yang terdapat pada judul, adakah hosting khusus untuk WordPress? Jawabnya ada. Namun, apakah hosting biasa tidak bisa digunakan untuk WordPress? Jawabnya, seharusnya bisa asal memenuhi beberapa kriteria. Hosting tersebut harus berukuran minimal 50 MB dan memiliki fitur database.

Saya rasa hosting berbayar yang ada saat ini sudah memenuhi itu semua. Beda lagi dengan hosting gratisan yang kadang tidak mendukung database. Namun, apakah bedanya hosting yang khusus untuk WordPress dan hosting yang biasa saja? Jelas ada bedanya.

Yang paling terasa adalah hosting yang dikhususnya untuk WordPress benar-benar memudahkan kamu untuk membangun website berbasis WordPress. Selain itu, ada plugin khusus yang bisa membuat WordPress kamu bisa diakses dengan cepat oleh pengguna. Dan tentu saja plugin itu tidak gratis. Nah, biasanya hosting khusus WordPress, memberikan fitur plugin itu secara gratis (dengan cara di-bundling harganya).

Oh ya, omong-omong masalah hosting untuk WordPress, kamu bisa loh beli hosting termurah yang bisa digunakan untuk WordPress dari DomaiNesia.


Jika kamu masih mau coba-coba membuat website pakai WordPress, kamu bisa memilih paket Extra dari DomaiNesia. Cukup 16 ribu per bulan, kamu bisa mendapatkan space 750 MB dan bandwith unlimited. Space 750 MB ini bisa digunakan hingga 5 website WordPress yang biasa saja. Kalau untuk WordPress yang sudah isi 1.000 artikel ya beda cerita lagi. Hehe.

Paket Extra cocok buat kamu yang pemula. Jika website sudah ramai, kamu bisa upgrade ke Paket Super. Kelebihan Paket Super ini banyak. Yang paling terasa adalah bisa akses SSH dan dapat gratis domain .COM atau domain lainnya.

Oh ya, DomaiNesia juga menyediakan hosting khusus untuk WordPress dengan kamu membeli mulai Paket Super. Berikut ini adalah fitur yang ditawarkan oleh DomaiNesia.


Jadi, kamu sudah tahu kan apa bedanya hosting biasa dengan hosting yang khusus untuk WordPress. Jika kamu penasaran bagaimana performanya, kamu bisa mencoba hosting khusus WordPress DomaiNesia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar