Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

26 Mei 2020

Antisipasi Pemadaman Listrik, Berikut Cara Penggunaan Genset yang Benar Bagi Pemula

Butuh supplier yang jual genset terpercaya dan harganya bersahabat? Kalian sudah ada di tempat yang pas nih! Apalagi, saat ini pemadaman listrik di kota-kota besar seringkali terjadi tanpa diduga, ya.


Maklum, listrik sudah menjadi kebutuhan penting sehari-hari masyarakat. Untuk itu, tidak ada salahnya mengantisipasi pemadaman listrik PLN, dengan genset (generator set) yang berkualitas, kan?

Nah, bagi para pemula yang ingin membeli genset, yuk ketahui cara penggunaan genset yang benar terlebih dahulu berikut ini!

1. Genset sebaiknya ditempatkan di luar ruangan

Perlu kalian tahu ya, Sobat! Genset mengeluarkan gas berupa karbon monoksida yang bisa mencemari udara. Tentunya, asap ini tak boleh sampai dihirup manusia karena dapat mengganggu sistem pernapasan. Bahkan, ada beberapa kasus hingga menyebabkan kematian.

Sebaiknya tempatkan genset di luar ruangan dengan naungan dan sirkulasi udaranya bebas mengalir. Jadi, genset tetap terlindung dari panas dan hujan, sekaligus siap dinyalakan saat dibutuhkan.

Pastikan kondisi genset aman dari genangan air atau tetesan hujan. Sebab, dikhawatirkan apabila ada kulit kabel yang mengelupas dan terkena air, bisa memicu korsleting listrik. Hati-hati ya, Sobat!

2. Mengisi bahan bakar dan oli mesin

Bahan bakar mesin genset yang umum, biasanya menggunakan bensin atau solar. Selain itu, ada juga jenis genset yang menggunakan baterai untuk isi ulang daya. Nah, agar bisa dinyalakan, isilah bahan bakar genset sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, isi pula oli mesin sesuai kapasitasnya. Disarankan jangan terlalu penuh, agar mesin menyala lebih lancar dan halus, tanpa tersendat-sendat. Pastikan oli mesin yang digunakan sudah sesuai dengan jenis tipe oli bawaannya.

3. Matikan saklar MCB

Satu hal penting yang harus diingat oleh pemula ketika menggunakan genset adalah pastikan untuk mematikan saklar MCB. Arus listrik PLN di rumah harus dalam kondisi mati atau off (posisi saklar turun).

4. Menggunakan Genset Bensin

Kemudian, untuk menyalakan mesin genset, umumnya terdapat kunci start engine yang diputar seperti menyalakan mobil atau motor. Atau, ikuti instruksi manual mesin genset untuk menyalakannya.

Tunggu beberapa saat hingga mesin genset stabil. Baru, menyalakan peralatan elektronik yang memiliki konsumsi daya besar. Misalnya lemari es, AC, dll. Setelah listrik stabil, baru ke peralatan lain yang mengonsumsi daya kecil.

Ikuti beberapa tahap menyalakan genset berikut :
  • Tekan tombol choke genset pada posisi ON (berlogo segitiga dekat karburator).
  • Kemudian, cek tuas choke dan posisikan di puncak logo segitiga.
  • Atur tuas pengatur udara di posisi ON.
  • Atur engine switch di posisi ON

5. Menggunakan Genset Diesel

Cara penggunaan genset bagi pemula, terutama mesin genset diesel pada dasarnya sama saja. Namun, khusus mesin genset diesel setelah mesin menyala, ikuti tips berikut.
  • Pastikan kunci kontak di posisi ON
  • Biarkan sejenak 3-5 menit agar mesin panas
  • Cek voltase pada display 12V atau 24V berdasarkan accu yang dibutuhkan

Pada genset diesel, pemula perlu memahami bahwa mesin diesel membutuhkan pemanasan 5-10 menit. Dengan pemanasan ini, mesin genset diesel akan jauh lebih awet dan stabil, lho! Sebab, perputaran mesin, komponen, dan pelumas mesin akan bekerja lebih sempurna. Jika genset dirasa sudah cukup panas, nyalakan peralatan elektronik di rumah secara berurutan satu per satu agar beban listrik tidak melonjak atau berlebihan.

6. Genset dengan Tarikan Koil

Bagi pemula yang menggunakan genset mekanik, untuk menghidupkan mesin genset ini harus menarik koil dengan kencang.

Satu hal yang paling penting, sebelum ditarik kencang, disarankan agar kamu menarik koil secara perlahan dulu. Setelah dirasa ada beban pada tarikan koilnya, barulah kalian bisa menarik koilnya dengan kencang agar mesin genset menyala.

7. Matikan Choke

Fase mematikan choke bisa dilakukan setelah genset menyala. Mesin sebaiknya didiamkan pada 5 menit pertama. Saat mesin pertama kali menyala, jangan diberi beban berat. Namun, beban bisa dinaikkan secara bertahap. Misalnya, mulai dari 500 watt, 1000 watt, 2000 watt, dan seterusnya. Tahapan ini umum dilakukan untuk genset elektrik starter, maupun manual starter.

8. Cara Mematikan Genset

Langkah terakhir dalam penggunaan genset setelah selesai dipakai adalah mematikan mesin genset. Tahapannya cukup sederhana, yaitu:
  • Matikan dahulu saklar MCB/ Breaker di rumah di posisi OFF
  • Kemudian, setelah mesin genset mati, diamkan selama 3-5 menit untuk membuang residu gas atau asap.
  • Khusus tipe genset elektrik, manual, bensin, maupun diesel, pastikan posisi kontak OFF.

Dimana Mendapatkan Supplier Jual Genset Terpercaya di Indonesia?

Nah, ternyata tidak sulit kan, cara penggunaan genset bagi pemula? Yakin deh, dalam beberapa kali pemakaian dan mengikuti buku manual, kalian pasti sudah mahir menggunakan genset.

Pastikan Anda mendapatkan produk genset berkualitas dari supplier jual genset terverifikasi di Indotrading.com, ya! Indotrading.com merupakan platform supplier jual genset dan distributor terlengkap di Indonesia. Yuk klik Indotrading.com sekarang dan temukan supplier jual genset terpercaya pilihan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar