Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

8 Apr 2020

5 Tips Mengerjakan Skripsi dengan Mudah

Jika kamu adalah mahasiswa, sudah barang tentu kamu mengenal “momok” yang disebut sebagai skripsi. Bagaiamana tidak, skripsi adalah ujian yang berat bagi seorang mahasiswa agar bisa tamat dari kampus dan bisa melanjutkan kiprahnya sebagai “manusia” di dunia pasca kampus. Sehingga tak jarang banyak mahasiswa yang terhambat oleh “makhluk ini”. Maka dari itulah kali ini saya ingin berbagi tips mengerjakan skripsi dengan mudah.

tips mengerjakan skripsi

Oh ya, sebelum lanjut, saya ingin menyampaikan bahwa tips ini mungkin akan sedikit berbeda dengan kebanyakan tips dari blog pendidikan lainnya, hanya saja kamu bisa mencocokkan apakah tips ini bisa untuk kamu terapkan atau tidak.

Tips Mengerjakan Skripsi dengan Mudah dan Lancar


#1 Rencanakan skripsimu bahkan dari awal masuk kampus

Tips pertama yang harus kamu lakukan agar skripsimu bisa dikerjakan dengan mudah adalah merencanakan skripsi tersebut jauh-jauh hari, bahkan kalau bisa di awal-awal kamu masuk ke kampus. Pun jika sudah terlambat, jangan berkecil hati, ketertinggalanmu bisa dikejar kok. Caranya adalah dengan rajin-rajin membaca literatur ilmiah seperti jurnal internasional, buku-buku dan sebagainya.

Semakin banyak kamu membaca literatur ilmiah, maka kamu akan dengan mudah mempelajari bagaimana cara menulis karya ilmiah dengan baik. Bukankah skripsi adalah sebuah karya ilmiah? Selain itu kamu juga akan memiliki banyak pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keilmuanmu sehingga mudah untuk menentukan topik skripsi nantinya.

#2 Pilihlah topik yang sekiranya kamu minati dan kuasai

Tips mengerjakan skripsi yang kedua ini berkaitan dengan poin pertama tadi. Ketika kamu sudah terbiasa membaca literatur ilmiah maka kamu akan memiliki banyak topik untuk dijadikan skripsi. Hanya saja, kamu perlu memilih topik mana yang sekiranya kamu minati dan kuasai. Ketika kamu mengerjakan topik yang memang kamu suka, kamu juga akan dengan senang hati mengerjakan skripsi itu.

#3 Cari dosen pembimbing yang bersahabat dengan mahasiswa bimbingan

Tips selanjutnya adalah mencari pembimbing yang cocok. Memang banyak dosen yang sangat baik keilmuannya, tapi belum tahu cocok dengan mahasiswa. Bukankah kamu sering menemukan dosen yang sudah profesor tapi tidak terlalu pandai dalam mengajar? Gini deh, skripsi bukan buat gaya-gayaan, jadi tak masalah jika dosen pembimbingmu hanya bergelar master asalkan beliau bersahabat dengan mahasiswa.

FYI, banyak mahasiswa yang terlambat tamat hanya karena dosbingnya sulit ditemui, sulit diajak komunikasi dan sebagainya.

#4 Rencanakan timeline pengerjaan skripsi

Tips mengerjakan skripsi ke empat adalah merencanakan timeline atau linimasa dari pengerjakan skripsi tersebut. Kamu harus merencanakan semuanya dari mulai berapa lama harus melakukan kajian pustaka, penelitian atau observasi lapangan, penulisan laporan dan sebagainya. Setelah timeline dibuat, berusahalah untuk konsisten dengan timeline tersebut.

#5 Kerjakan skripsi dengan sungguh-sungguh

Sedangkan tips terakhir dalam menyelesaikan skripsi adalah mengerjakan skripsi itu dengan sungguh-sungguh. Tidak bisa tidak. Jangan mengerjakannya hanya sehari kemudian libur. Kalau bisa mah dikebut mengerjakan skripsinya, sebab sebentar saja kamu bermalas-malasan maka kemalasan tersebut akan berketerusan. Kalau malas sudah berkepanjangan, yakinlah skripsimu tidak akan pernah selesai dan toga yang kamu impi-impian sulit digapai.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengerjakan skripsi dengan mudah yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan kampusmu. Faktanya mengerjakan skripsi memang bukanlah perkara yang mudah. Berbagai pengorbanan mulai dari waktu, usaha, tenaga, dan sebagainya meski kamu berikan. Tapi ingatlah satu hal, ketika kamu berhasil menyelesaikan skripsi dan tamat dari kampus, akan ada banyak orang yang bahagia dengan pencapaianmu itu, terutama keluargamu. Semoga sukses ya.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar