Entri yang Diunggulkan

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

29 Jan 2020

Siempre: Template Blogger Ringan Tanpa jQuery

Lama sekali saya tidak membuat template Blogger. Seingat saya terakhir kali saya merilis template Blogger tahun 2015 lalu, kamu bisa lihat tulisannya di sini. Tahun 2019 akhir, tepatnya Oktober 2019 kemarin, saya kangen dengan aktivitas membuat template Blogger lagi. Di tengah aktivitas lain yang cukup padat, saya menyempatkan untuk membuat template Blogger di sela waktu senggang saya. Alhamdulillah, Januari 2020 ini saya bisa merilisnya. Saya beri nama template tersebut dengan nama "Siempre".


Di Balik Nama Siempre

Siempre diambil dari bahasa Spanyol, kalau diartikan di Bahasa Indonesia artinya "Selalu". Kamu bisa mengeceknya langsung dengan Google Translate.


Mengapa saya memilih nama Siempre? Sebenarnya, nama Siempre ini terbesit dari salah satu film Telenovela anak-anak zaman saya kecil dulu. Jika kamu anak yang lahir di tahun 90-an dan sekitarnya, pasti tahu film Telenovela yang saya maksud.

Selain itu, saya memilih nama Siempre ini adalah berdasarkan keinginan agar template ini menjadi batu bata pertama saya dalam membuat template Blogger lain berikutnya. Semacam dibuat sebagai "template" dasar dalam arti sesungguhnya. Kedepannya saya juga ingin membuat banyak template lagi dan syukur-syukur bisa membuat direktori template Blogger sendiri. Semoga saja terwujud. Amin.

Siempre, Template Blogger yang Responsive

Zaman sekarang sih sepertinya tidak ada yang tidak responsive. Kecuali memang bloggernya sendiri yang tidak ingin mengubah template blognya. Seperti blog Iskael ini yang belum responsive. Hehe.

Template Siempre ini saya desain sudah mendukung fitur responsive. Kamu bisa melihat tampilan Siempre di beberapa ukuran di bawah ini.

Tampilan 1

Tampilan 2

Tampilan 3

Tampilan responsive ini sangat penting di tahun 2020 ini. Pasalnya lebih dari 50% pengguna menggunakan smartphone saat mengunjungi website. Bahkan ada blogger yang pernah bercerita bahwa 90% pengunjungnya adalah pengguna smartphone. Jadi sudah semacam kewajiban sebuah template blog itu harus responsive.

Siempre, Template Blogger Ringan dan Tanpa jQuery

Sebenarnya ini semacam men-challenge diri saya sendiri, menulis kode tanpa jQuery. Sekarang ini banyak sekali developer web yang meninggalkan jQuery. Jadi ya menulis dengan JavaScript vanila. Melelahkan memang, tapi performanya jauh lebih bagus. Oh ya, untuk menambah animasi, saya menggunakan anime.js yang ukurannya cuma 17 KB saja.

Kamu bisa melihat sendiri di bawah ini skor GTmetrix yang didapatkan. Bagaimana? Keren bukan?


Karena saya ingin memastikan apakah skor tersebut sungguhan, saya menerapkan template Siempre ini ke salah satu blog saya yang lain yaitu www.sesukamu.com. Hasilnya tidak beda jauh.

Setelah diimplementasikan di Sesukamu.com

Selain itu, skor Google PageSpeed Insight-nya juga cukup mengagumkan. Berikut ini skor mobile dan desktop-nya.

Skor Mobile


Skor Desktop


Mendukung Theme Designer

Di template Siempre ini juga saya tambahkan fitur untuk mendukung Theme Designer milik Blogger. Hanya saja, cuma warna saja yang bisa diganti.


Sempat saya tambahkan pilihan bisa mengubah font, namun hasilnya malah kacau. Efeknya bagi orang yang tidak punya jiwa seni, akan menjadikan template ini terlihat "cokorapas" (wagu, tidak enak dipandang).

Apakah Template Blogger Siempre ini GRATIS?

Ya, tentu saja GRATIS. Kamu bisa men-download-nya di tautan yang sudah saya sediakan di penghujung artikel ini. Ada beberapa alasan saya menggratiskan template Siempre ini. Yang pertama adalah karena memang ini adalah template pertama yang saya buat setelah saya vakuum lama tidak membuat template. Tentu saja masih banyak kekurangan dan banyak fitur yang harus ditambah. Jadi, rasanya kurang pas jika harus berbayar.

Yang kedua, saya ingin membuat template ini bermanfaat bagi yang lain. Terutama bagi blogger pemula yang belum ada budget untuk beli template premium berbayar. Daripada ujung-ujungnya dibajak, mending saya gratiskan saja deh :)

Apakah Siempre Bakal Mendapatkan Update?

Tentu saja. Template ini masih versi 0.1. Nantinya bakal ada update berupa penambahan fitur maupun bug fixing. Jika kamu menemukan bug atau ingin mengusulkan fitur tertentu di template Blogger ini, kamu bisa langsung email saya di hai@iskael.com.

Sampai di sini tulisan kali ini. Langsung saja download template-nya di tautan berikut ini.

Download: https://app.box.com/s/3th7pyw8x691xdld7coxlf0up2d86am6

4 komentar:

  1. Wowww keceh nih.
    Eh betewe, website pagespeed itu terpercaya nggak sih? saya kok ngecekin blog teman, nilainya merah, pas ngecek di website lain nggak lelet-lelet amat.
    Itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. website pagespeed terpercaya kok mba, mereka punya beberapa server buat cek page load web kita

      kalo merah itu bisa dilihat apa saja yang bikin merah, kemungkin karena coding template blog nya kurang rapi dan memenuhi kaidah, jadi kurang optimal di-load-nya

      Hapus
  2. kirain lagunya amigos,
    siempre siempre

    BalasHapus