Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Mencoba Tampilan Baru Blogger

22 Okt 2019

Pengalaman Mencoba Tampilan Baru Blogger

Lama tidak mengulas tentang blog, kali ini saya ingin mengulas tentang Blogger yang merilis tampilan dasbor terbarunya. Sebenarnya ini sudah beberapa hari yang lalu ingin menulis ini, hanya saja baru sempat sekarang.


Pertama kali saya tahu tampilan dasbor Blogger ada yang baru dari sebuah postingan fanpage Arlina Design. Setelah itu, menyusul diberi tahu oleh Hoeda Manis tentang ini saat kami sedang ngobrol di DM Twitter.

Setelah saya ulik beberapa menit tampilan baru Blogger ini, ternyata tidak benar-benar keseluruhan halaman menjadi baru. Ada beberapa halaman yang masih menggunakan tampilan lama. Beberapa tampilan yang berubah adalah tampilan Statistik, Komentar, dan Tema.

Tampilan Baru Dasbor Blogger

Secara pribadi, saya suka dengan tampilan dasbor Blogger yang baru ini. Terutama masalah statistik yang menunjukkan berapa sih total kunjungan sebenarnya halaman posting tulisan saya yang paling banyak dikunjungi. Selain itu, tampilannya lebih sederhana dan intuitif, berbeda dengan tampilan sebelumnya.


Oh ya, jika kamu ingin mencobanya juga, kamu tinggal klik tombol "Try the new Blogger!" yang ada di sebelah kiri bawah.

1. Tampilan Statistik yang Baru

Saya suka dengan tampilan Statistik yang baru karena memberikan data ringkasan pencapaian blog kita hingga saat ini dengan sangat sederhana, mudah dibaca, dan mudah dipahami.


Selain itu, yang paling penting menurut saya adalah memberikan informasi jumlah kunjungan total dari postingan yang paling populer. Ini penting, karena di Statistik sebelumnya tidak ada.


Postingan populer di blog ini adalah Pengalaman Upgrade Lollipop Ponsel Lenovo A6000 Plus sebanyak 173 ribu kunjungan. Dan ada postingan berbayar, mempromokan jasa Scribd di posisi ke-2, yaitu 157 ribu kunjungan.

Jadi buat kamu yang ingin memasarkan bisnisnya, bisa kontak admin Iskael yah (malam promosi, hehe). Ya siapa tahu nasibnya seperti jasa Scribd yang menduduki postingan paling banyak dikunjungi selama ini.

2. Tampilan Tema yang Baru

Bagi blogger yang tidak berkutat di dunia template Blogger, sepertinya ini tidak seberapa berarti. Namun, bagi kamu yang pekerjaannya membuat template Blogger pasti sangat ketergantungan dengan kenyamanan Editor HTML template Blogger yang ada di menu Tema.


Sekilas kamu akan bingung dengan tampilan Blogger yang baru ini, di mana yah tombol untuk Edit HTML template-nya? Tenang saja, meskipun disembunyikan, mereka masih memberikan akses untuk melakukan Edit HTML template. Caranya adalah dengan mengeklik ikon titik 3 lalu akan muncul menu "Edit HTML".


Sepertinya alasan mereka menyembunyikan tombol Edit HTML ini adalah karena sangat jarang orang menggunakan fitur ini. Padahal kan jika blogger yang memang fokus bikin template bakal sering banget memakai fitur ini.


Tampilan yang disuguhkan saat Edit HTML pun disajikan dalam layar penuh. Sepertinya memang sengaja dibuat seperti itu agar editor template bisa fokus kerja dan ruang kosong tidak termakan oleh menu.

3. Tampilan Komentar yang Baru

Tampilan menu Komentar yang baru memang terasa sangat nyaman. Ketika menghapus 1 komentar yang dimoderasi, kamu tidak perlu menghadapi proses muat ulang yang kadang bikin bingung. Sepertinya mereka merasakan atau mengetes sendiri pengalaman tidak nyaman saat menghapus banyak komentar spammy di tampilan yang lama.


Oh ya, jika kamu ternyata masih kurang suka dengan tampilan dasbor Blogger yang baru ini, kamu tetap bisa kembali ke tampilan yang lama dengan mengeklik tombol "Back to Classic Blogger".

Itulah 3 halaman yang mengalami perubahan di tampilan dasbor Blogger yang baru. Kemungkinan besar akan ada update lagi dari Blogger untuk halaman menu lainnya. Kita tunggu saja kabar baik ini.

4 komentar:

  1. Akhirnya jadi artikel juga, haha. Kayaknya ini artikel pertama di Indonesia yang membahas perubahan dasbor blogger, John. Dan aku baru tahu kalau ternyata kita masih bisa balik ke dasbor lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menulis artikel serius seperti ini butuh waktu yang pas. Hehe.

      Bukan aku yang pertama, aku tahu ini juga dari artikelnya Arlina Design.

      Iya, tapi di spot-spot tertentu saja ada tombol balik ke dasbor lamanya.

      Hapus
  2. Sudah lama tidak buka halaman dasbor blogger. Ternyata sekarang sudah diperbaharui yaa. Jadi makin keren kelihatannya.

    BalasHapus