Entri yang Diunggulkan

Pengalaman Mencoba Tampilan Baru Blogger

28 Okt 2019

Kabar Prestasi: Rektor dan Dua Dosen IPB Raih Penghargaan Academic Leader 2019

IPB tercatat kembali mempertahankan posisinya sebagai PTN urutan ketiga terbaik di seluruh Indonesia. Tidak hanya dari sisi perguruan tinggi secara keseluruhan, namun prestasi juga kembali dicatatkan oleh akademisi di dalam lingkungan perguruan tinggi. Di tahun 2019 ini, IPB boleh kembali berbangga berkat diberikannya penghargaan Academic Leader Award dari Menristekdikti kepada rektor dan dua dosen IPB.


Penghargaan dan Prestasi Rektor IPB

Rektor IPB tahun 2017 hingga 2022, Dr Arif Satria merupakan sosok rector yang bisa dikatakan terbilang muda jika dibandingkan rektor dari universitas lain. Dr Arif Satria sendiri sudah berkiprah aktif sebagai seorang pemimpin di lingkungan perguruan tinggi sejak tahun 2010 dimana jabatan Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) dipercayakan padanya.

Karya ilmiah yang dikeluarkan oleh Dr Arif Satria sendiri terbilang banyak dari mulai buku Pengantar Sosiologi Pesisir hingga buku internasional yang diterbitkan oleh Springer Belanda. Pada tahun 2009 sendiri Dr Arif Satria berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Menteri Pendidikan Nasional berupa Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa Bidang Ilmu Pengetahuan.

Dr Arif Satria telah berkali-kali menerima penghargaan di berbagai level yang menunjukkan keaktivannya di dunia riset dan akademisi. Di tahun 2013, beliau juga memperoleh penghargaan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan. Dalam hal mengajar mahasiswa, bapak dosen Dr Arif Satria juga tercatat sebagai dosen dengan raihan nilai EPBM tertinggi di tahun 2017.

Di tahun 2019 ini sendiri, rektor IPB Dr Arif Satria kembali berhasil mengukir prestasi berupa peringkat kedua Academic Leader Award dengan kategori Dosen dengan Tugas Tambahan sebagai Pemimpin Perguruan Tinggi dari Kemenristekdikti.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai apresiasi kepada pengajar yaitu dosen yang sudah menghasilkan berbagai inovasi untuk pembangunan nasional.

Penghargaan dan Prestasi Dua Dosen IPB

Selain rektor IPB, Dr Arif Satria, masih ada dua dosen berprestasi lainnya yang menerima penghargaan pada acara penganugerahan Academic Leader Award 2019. Bapak Prof. Dr. Slamet Budijanto, MAgr tercatat berhasil meraih peringkat pertama pada kategori Dosen di bidang Teknologi. Penghargaan ini adalah apresiasi karya beliau atas pengembangan vehicle untuk diversifikasi pangan dari bahan pangan lokal.

Selain bapak Prof. Dr. Slamet Budijanto, MAgr, dosen dari Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB University yakni Dr Illah Sailah juga memperoleh penghargaan di malam puncak Academic Leader Award dari Kemenristekdikti. Dr Illah Sailah memperoleh penghargaan juara kedua dalam kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Penghargaan yang diberikan kepada rektor dan juga dua orang dosen IPB ini menunjukkan karakter seorang pemimpin, pendidik dan juga peneliti yang terus berkarya tanpa kenal menyerah. Mereka tidak hanya berhasil menyampaikan ilmu di tengah pelajar, namun juga mentransformasikannya untuk pembangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar