Entri yang Diunggulkan

Kalap Tapi Hemat Ketika Belanja Online

10 Sep 2019

Beberapa Fakta Menarik Batik Air Yang Perlu Diketahui

Pada 3 Mei 2013 lalu, anak perusahaan Lion Air yaitu Batik Air melakukan penerbangan komersial perdananya. Pada saat itu maskapai penerbangan yang berpusat di Manado, Sulawesi Utara ini memunculkan banyak kesan dan harapan. Hadirnya maskapai penerbangan ini juga disebut sebut sebagai rival terberat bagi Garuda Indonesia didalam segmen maskapai dengan layanan penuh atau full service.


Maskapai penerbangan ini pada saat itu menawarkan pesawat baru, setiap kursinya dibekali sistem hiburan, kursi yang nyaman, penawaran makanan dan minuman gratis, dan juga bagasi gratis. Semua penawaran itu merupakan layanan yang wajib didapatkan oleh para penumpang maskapai penerbangan tersebut.

Untuk memesan tiket di maskapai penerbangan ini bisa dilakukan melalui website resminya ataupun melalui agen partner resmi yang bekerja sama. Lalu apakah penawaran yang diberikan maskapai penerbangan ini dapat menyaingi Garuda Indonesia yang merupakan primadona di segmen full service? Daripada penasaran berikut dibawah ini beberapa fakta menarik Batik Air yang perlu diketahui diantaranya yaitu:
  • Meski sama sama bersaing di kelas premium atau layanan penuh (full service) tetapi untuk masalah harganya, maskapai penerbangan miliki Rusdi Kirana ini menawarkan harga tiket yang jauh lebih murah daripada yang ditawarkan Garuda Indonesia. 
  • Maskapai penerbangan miliki Rusdi Kirana ini memiliki tingkat keterisian atau load factor yang lebih tinggi dari yang dimiliki Garuda Indonesia diawal awal kemunculannya. Tingkat keterisian kursi yang dimiliki Garuda Indonesia ini hanya sebesar 74,5 % ditiga bulan pertama pada tahun 2013. Angka tersebut naik 1,7 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama ditahun lalu. Load factor Garuda Indonesia selama tahun 2012 mencapai 75,9 persen. 
  • Lion Air yang merupakan perusahaan induknya sempat mencuri perhatian dunia penerbangan terlebih lagi di Indonesia, karena pada waktu itu memborong 234 jenis Airbus. Sedangkan pesawat yang digunakan maskapai penerbangan miliki Rusdi Kirana ini adalah pesawat baru jenis Boeing.
  • Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan ditahun 2013 lalu memberikan gelar kepada maskapai penerbangan miliki Rusdi Kirana ini sebagai maskapai yang paling tepat waktu. Indikator persentase ketepatan waktu yang dimilikinya berada diangka 88,59 % dari total 5.344 penerbangan. 
  • Armada pesawat dengan motif batik ini relative baru yaitu Boeing 737-900ER), dimana pramugara dan pramugari yang melengkapi pesawat tersebut terlihat lebih senior daripada kru yang ada di pesawat Lion Air. Bagi penumpang hal ini pastinya menjadi nilai tambah karena mereka akan merasakan suasana yang lebih nyaman. 
  • Untuk segi hiburannya memang cukup lengkap pilihannya yang ada didalam pesawat atau In Flight Entertainment (IFE). Mulai dari adanya film, lagu, hingga adanya games, tetapi didalam pesawat ini tidak akan ditemukannya earphone untuk bisa menikmati layar sentuh tersebut. Untuk mendapatkanya kamu harus membelinya dari kru yang bertugas didalam pesawat tersebut.
  • Jika kamu menggunakan pesawat kelas ekonomi, maka selama penerbangan berlangsung bisa didapatkannya berbagai pilihan minuman, makanan ringan, dan juga sajian hot meal secara gratis. Tetapi jika waktu penerbangannya itu kurang dari 2 jam maka penumpang hanya akan mendapatkan minuman dan makanan ringan saja. 

Jika maskapai penerbangan miliki Rusdi Kirana ini serius menggarap pasar full service dan mampu memberikan nilai tambah kepada para penumpangnya melebihi Garuda Indonesia, maka kemungkinannya akan pindahnya pelanggan loyal dan pelanggan korporat Garuda Indonesia ke maskapai penerbangan miliki Rusdi Kirana ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar