Featured Post

Kalap Tapi Hemat Ketika Belanja Online

Di era digital ini, belanja online bukan hanya sekedar hal iseng atau pengisi waktu, namun sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Maklum, dengan efisiensi yang ditawarkan dan semakin sedikitnya waktu yang bisa dialokasikan untuk bepergian, membuat orang mulai berpaling berbelanja di toko ke belanja online. Namun kemudahan tersebut kerap membuat orang melakukan belanja online secara berlebihan. Tak jarang pengeluaran membengkak karena tak tahan melihat barang-barang lucu nan murah yang dengan mudah bisa dimiliki dengan beberapa kali klik saja. Namun ada beberapa tips yang bisa membuat kamu tetap hemat walau kalap ketika berbelanja online.


Rencanakan Pembelian

Jargon “planning is everything” memang sepertinya kuno dan basi, tapi terbukti selalu benar. Seperti ketika mencegah pembelian yang nggak-nggak ketika ke supermarket, membuat shopping list juga efektif mengontrol nafsu belanja impulsif kamu.

Renungkan Pembelian

Satu cara lagi yang bisa dilakukan, ketika tergoda membeli sesuatu, jangan langsung lakukan pembelian tapi masukkan dulu ke Shopping Cart. Setelah beberapa barang masuk kesana, kamu bisa renungkan kembali apakah kamu benar-benar butuh atau menginginkan barang tersebut sebelum benar-benar melakukan pembelian.

Riset Pangkal Hemat

Apabila Anda berbelanja di situs marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Blibli dan lainya, banyak penjual yang menjual barang yang sama dengan harga berbeda, dan sangat penting untuk membandingkan masing-masing seller untuk mendapatkan harga yang paling ekonomis. Eits, tapi jangan terpaku pada harga jual, tapi biaya kirim, originalitas, dan kualitas juga harus jadi pertimbangan. Kamu tentu tidak mau membeli barang murah dengan ongkir berlipat yang membuat harga yang harus kamu bayar menjadi mahal atau membeli barang idaman dengan harga ekonomis yang ternyata adalah barang KW.

Buka rekening khusus untuk belanja online

Mungkin terdengar sedikit ekstrim, tapi percayalah hal ini akan membuat belanja online kamu jauh lebih terkontrol. Dengan menetapkan budget tersendiri untuk belanja di satu rekening terpisah akan mencegah dana yang seharusnya dialokasikan untuk keperluan yang lebih penting jadi terpakai untuk belanja. Dan yang penting, aktivitas belanja kamu bebas dari perasaan berdosa karena budget yang sudah dibatasi.

Manfaatkan diskon dan promo

Setiap hari ada saja situs e-commerce yang menawarkan potongan harga di waktu khusus untuk barang-barang tertentu, baik promo Lazada, promo Tokopedia, promo Blibli, promo Shopee dan lainnya. Cocokkan shopping list kamu dengan berbagai promo yang ditawarkan. Bukan tak mungkin bila kamu pintar memanfaatkan diskon dan berbagai promo, anggaran belanja kamu bisa dipangkas separuh tanpa mengorbankan satu barang pun dari daftar belanjaan kamu.

Cek situs diskon dan cashback

Beberapa situs belanja dan promo menyediakan voucher dan cashback untuk pembelian barang dan jasa untuk banyak merchant terkenal. Salah satunya adalah Giladiskon, yang selain memberikan berbagai info promo juga menawarkan fitur member premium bernama GD+. Dengan berlangganan GD+ ini kamu bisa menikmati ratusan diskon dari berbagai merchant pilihan tanpa batas sesuka hati hanya dengan membayar Rp 100.000 selama satu tahun. Bahkan di bulan ini, GD+ sedang melakukan promo Rp 49.000 untuk membership selama satu tahun.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments