16 Nov 2018

Rekomendasi Laptop Murah Berkualitas 2018

Laptop saat ini bukanlah barang yang mahal lagi. Hampir semua anak sekolah dan kuliahan sudah punya laptop. Ya wajar sih, karena memang di sekolah sendiri kadang menuntut untuk membuat tugas dan presentasi di kelas. Sebagai orang tua tentu juga harus memenuhi kebutuhan anaknya yang satu ini.


Namun, tidak semua orang tua mampu untuk membelikan laptop kelas atas. Ya jangan sebut laptop merk Apple dan merk terkenal lainnya yang flagship. Tentu saja susah untuk terbeli. Bayangkan saja, harga laptop kelas atas biasanya sudah di atas 15 juta.

Apakah ada laptop murah dengan kualitas yang tinggi? Em, saya rasa tidak ada yah. Ada harga ada rupa. Namun, jika kamu ingin mencari laptop murah namun tetap berkualitas, jawabnya ada. Maksud berkualitas di sini adalah kualitasnya menyesuaikan harganya. Intinya harga segitu pantas lah jika mendapatkan spesifikasi seperti itu.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa kamu pertimbangkan saat kamu akan beli laptop murah berkualitas untuk tahun 2018 ini.

Faktor yang Diperhatikan Saat Memilih Laptop Murah Berkualitas

Jika saya diberi uang 5 juta dan harus membeli laptop, tentu saja saya akan memilih laptop yang terbaik dengan uang yang saya punya. Ada beberapa pertimbangan yang akan saya ambil saat akan membeli laptop dengan uang 5 juta ini.

Yang pertama, sebisa mungkin RAM laptop sudah 4 GB. Mengapa saya bilang begitu? Tentu saja karena laptop zaman now baru bisa berjalan dengan lancar jika RAM 4 GB. Saya sendiri punya laptop jadul tahun 2013 yang RAM-nya cuma 2 GB. Setiap kali buka Google Chrome langsung berisik bunyi kipasnya.

Lemot? Jangan ditanya. Pasti lemot. Bisa tidak lemot, jika saya menutup browser. Padahal kan pekerjaan saya 90% adalah berurusan dengan browser.

Ada kah laptop harga 5 juta dengan RAM 4 GB? Jawabnya ada. Nanti akan saya kasih contoh laptopnya.

Faktor penentu kedua saat memilih laptop berkualitas adalah prosesornya. Sebenaranya sih saya menyarankan untuk laptop yang sudah punya prosesor Intel Core i3 atau setara dengan itu. Tapi sepertinya hal itu hanya isapan jempol berapa. Hampir susah menemukan laptop 5 juta dengan prosesor seperti itu. Kebanyakan saat ini laptop harga budget 5 juta cuma dapat Intel Celeron 3540 atau yang setara dengan itu.

Faktor ketiga ketika kamu akan membeli laptop murah berkualitas adalah pastikan jika laptop tersebut sudah disertai sistem operasi Windows. Mengapa saya bilang begitu? Karena saya yakin tidak semua orang punya keahlian untuk menjalankan sistem operasi Linux seperti Ubuntu dan kawan-kawannya. Jadi yah cari aman saja.

Selain itu, jika kamu membeli sistem operasi Windows secara terpisah, biasanya jatuhnya akan mahal sekali. Mending cari yang sudah bundling dengan Windows-nya.

Saya rasa ketiga faktor itu cukup yah. Nambah lagi sih boleh, tapi ingat budget yah. Hehe.

Berikutnya adalah contoh beberapa laptop murah berkualitas yang bisa jadi pertimbanganmu.

Kumpulan Laptop Murah Berkualitas

Berbicara mengenai laptop murah berkualitas memang tidak lepas dari brand-brand yang terkenal juga yah. Untuk brand seperti Acer, ASUS, DELL, dan Lenovo memang masih menyediakan laptop kelas menengah ke bawah. Laptopnya ya tidak WOW banget, tapi ya setara lah dengan harganya. Sejelek-jeleknya produk mereka, tetap masih bagus dan mereka juga jaga nama dong.

Laptop DELL Inspiron 14-3462

Laptop murah berkualitas yang pertama adalah Laptop DELL Inspiron 14-3462. Laptop ini di pasaran bisa kamu temui dengan harga 3,8 juta hingga 4 jutaan. Harganya sangat ekonomis sekali, mengingat rate Dollar terhadap Rupiah masih relatif tinggi.

Laptop DELL Inspiron 14-3462 ini cukup bagus lah untuk kamu yang punya budget 5 juta. Bisa saving sekitar 1 jutaan. Dari layarnya yang 14 inci rasanya cukup untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah maupun kuliah. Buat browsing juga udah cukupan dengan RAM 4 GB dan prosesor sudah Intel Celeron N3350 (2MB Cache, up to 2.40 GHz).

Laptop ASUS A407MA-BV001T

Laptop murah berkualitas selanjutnya adalah Laptop ASUS A407MA-BV001T. Laptop ini tidak kelihatan seperti laptop murah loh. Pasalnya karena memang body-nya yang tipis seperti laptop-laptop mahal zaman sekarang. Harga di pasaran juga sekitar 3,8 juta - 4 jutaan. Spesifikasi hampir sama dengan laptop DELL sebelumnya, hanya saja bedanya memakai prosesor Intel Celeron N4000 (lebih baik dari Intel Celeron N3350).

Laptop ASUS E402WA-GA001T

Ada lagi yang ketiga yaitu Laptop ASUS E402WA-GA001T. Seri ASUS ini secara spesifikasi lebih bagus dari laptop yang saya sebutkan sebelumnya dari sisi display-nya. Laptop ini sudah Full-HD. Namun prosesornya hanya menggunakan AMD E2-6110 (setara dengan Intel Celeron 3540). Ya itu sangat wajar, ada yang dilebihkan ada yang dikurangi.

Itulah 3 laptop murah berkualitas yang bisa kamu pertimbangkan saat kamu punya budget 5 juta ke bawah. Jika saya disuruh memilih dari ketiga laptop tersebut, maka saya akan memilih yang display-nya lebih besar (Full-HD) dan yang modelnya tipis.

Mengapa demikian? Tentu saja karena pengalaman saya punya laptop, laptop yang tipis itu menyenangkan saat dibawa. Tidak memberatkan. Dan display yang sudah Full-HD memberikan pengalaman bekerja lebih menyenangkan dibandingkan layar yang lebih kecil.

Selain 3 laptop murah tersebut, kamu bisa lihat lebih banyak laptop murah berkualitas lainnya di meteran.net. Semoga saja kamu tidak semakin bingung memilih yah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar