21 Nov 2018

Keputih Tegal Timur Baru Surabaya, dari Kampung Kumuh Jadi Kampung Berseri

Keputih Tegal Timur Baru, salah satu kampung di Surabaya, Jawa Timur terpilih sebagai bagian dari Kampung Berseri Astra oleh PT. Astra International Tbk. Kampung Berseri Astra atau KBA sendiri adalah sebuah program Corporate Social Responsibility yang dilakukan pada masyarakat dengan menerapkan 4 pilar dalam konsep pengembangan. Keempatnya tersebut adalah Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan serta Kesehatan.

Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (tengah) mengetes air Water Treatment Plant (WTP) saat peresmian Kampung Berseri Astra di Kampung Keputih Tegal Timur, Surabaya, Jawa Timur, 14 Oktober 2014.
(Foto: Astra International)

Menariknya adalah, Keputih Tegal Timur Baru dulunya adalah kampung kumuh karena sebagai wilayah Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Akan tetapi kini sudah tak lagi demikian karena dijadikannya desa ini sebagai salah satu Kampung Berseri Astra. Sebuah kampung yang dulunya kumuh dengan warganya yang hidup kurang bersemangat, kini semuanya berubah menjadi kampung yang lebih bersih, asri, hijau dengan warganya yang lebih bersemangat menggelar berbagai kegiatan-kegiatan menarik.

Bahkan juga Keputih Tegal Timur Baru beberapa kali sukses menyebet gelar kebersihan dari Pemerintah Kota Surabaya yang bertajuk Surabaya Green and Clean. Terdapat beberapa piagam penghargaan yang berjajar di Rumah Pintar Astra sebagai bagian dari bukti prestasi membanggakan kampung ini.

Dipilihnya Keputih Tegal Timur Baru sebagai Kampung Berseri Astra dulunya tak lain lantaran sudah memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Kriteria tersebut terdiri dari 3 aspek yang antara lain adalah tata lingkungan kampung baik, akses sosialisasi yang mudah dan juga pengawasan program tanggung jawab sosial.

Nantinya diharapkan Keputih Tegal Timur Baru dapat menjadi salah satu ikon dari Kota Surabaya karena kebersihan dan keasriannya, juga karena potensi wisata edukatif yang dikembangkan. Untuk mewujudkan Kampung Berseri Astra yang sesuai dengan tujuan, pihak Astra pun tak tanggung untuk menggaet beberapa pihak penting, termasuk pastinya adalah pemerintah setempat.

Kampung yang memang dulunya berlokasi dekat dengan TPA, penduduk di Keputih Tegal Timur rata-rata memang ada di kelas prasejahterah. Mayoritas warganya bekerja sebagai buruh harian dan juga ibu rumah tangga. Selain itu juga keadaan lingkungan yang tak terlalu jauh dari laut, suhu udara yang tinggi dan ditambah pasokan air bersih yang minim, membuat desa ini dulunya nampak gersang, kumuh dan tidak asri.

Akan tetapi beruntungnya Keputih Tegal Timur dihuni oleh warga yang mau bergotong-royong untuk membuat kampung lebih indah. PT. Astra Intenational Tbk pun bersama dengan Astra Grup Surabaya tertarik untuk menjadikan Keputih Tegal Timur sebagai salah satu Kampung Berseri Astra.
Kondisi kampung sekarang sudah jauh berubah lebih baik, menjadi kampung yang lebih hijau dengan rentetan fasilitas untuk mendukung kegiatan masyarakat. Beberapa fasilitas yang dihadirkan oleh Astra itu antaranya adalah rumah hijau, rumah pintar, bank sampah, sampai dengan instalasi pengolahan air bersih.

Melalui program Kampung Berseri Astra, Keputih Tegal Timur Baru Surabaya secara berkala dikunjungi oleh dokter gigi dan tenaga medis. Secara berkala terdapat program dari Pemerintah Kota Surabaya lewat Dinas Kesehatan untuk melaksanakan kegiatan pemeriksaan serta penyuluhan kesehatan.



Kampung yang dulunya kumuh, kini masyarakatnya semakin sadar akan kebersihan lingkungan sekitar. Menjaga kebersihan telah jadi bagian dari budaya masyarakat Keputih Tegal Timur Baru sejak berkembangnya kegiatan-kegiatan dari program Kampung Berseri Astra. Desa ini sekarang pun punya keunggulan dibandingkan dengan desa-desa lain yang berdekatan. Kini Keputih Tegal Timur mengembangkan ekonomi salah satunya melalui dengan berdisinya beberapa usaha kecil menengah, kemudian dalam hal lingkungan, desa ini telah menjadi pusat pembudidayaan tanaman sampai pembuatan kompos.

Suasana hijau memang akan begitu dekat dirasakan begitu memasuki Keputih Tegal Timur. Kampung ini telah betul-betul berubah dari kampung yang kumuh menjadi kampung yang hijau berseri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar