6 Nov 2018

Cara Screenshot di Laptop Acer di Windows 10

Dibanding laptop Acer dengan OS windows versi sebelum, cara screenshot di laptop Acer untuk windows 10 lebih banyak pilihannya. Tentu saja dari pilihan tersebut beberapa diantaranya juga merupakan cara screenshot mulai dari Windows XP, Windows 7, dan Windows 8.

laptop Acer Swift 7
Acer Swift 7

Mungkin bagi sebagian orang screenshot atau capture tampilan layar laptop tidak begitu penting. Namun bagi mereka yang sering membuat laporan atau menulis buku dengan menyisipkan gambar, screenshot merupakan solusi paling efektif untuk mengambil gambar secara cepat.

Dari daftar harga laptop Acer terbaru saat ini, hampir semua produk laptop garapan Acer menggunakan OS Windows 10. Otomatis Windows XP, 7, dan 8 sudah dianggap kuno dan ketinggalan zaman.

Anda pengguna laptop Acer Windows 10? Simak cara screenshot di laptop Acer untuk Windows 10 berikut ini.

Tombol Windows + H

Untuk laptop Acer Windows 10 mungkin ini merupakan cara screenshot terbaru. Cara screenshot dengan menekan tombol Windows + H ini juga bisa dijalankan di laptop Acer 13 inch produk teranyar dari Acer.

Dengan menekan tombol Windows + H secara bersamaan maka secara otomatis layar akan membuka windows share toolbar sehingga kita bisa mengirimkan file yang di-screenshot ke teman via media sosial yang sudah terhubung sebelumnya.

Tombol Windows + PrtSc / PrtScn

Cara screenshot ini mungkin sudah biasa digunakan pada versi Windows sebelumnya, yaitu dengan menekan tombol Windows + PrtSc atau PrtScn. Dengan menekan dua tombol tersebut secara bersamaan, otomatis tampilan gambar pada layar secara keseluruhan akan tersimpan di folder screenshot. Untuk membukanya silakan masuk Windows >> this PC >> Picture >> Folder Screenshot.

Tombol PrtSc / PrtScn

Screenshot di laptop Acer Windows 10 dengan menekan tombol PrtSc atau PrtScn (terletak di kanan atas keyboard) merupakan cara paling praktis dan sederhana. Bahkan mungkin semua orang lebih memilih cara ini dibanding cara yang lain.

Pada versi Windows sebelumnya hasil screenshot terlebih dulu harus di-paste di aplikasi Paint, namun di Windows 10 langsung bisa dilihat di Folder Screenshot.

Tombol Alt + PrtSc / PrtScn

Bisa dibilang ini merupakan cara tercepat sekaligus modifikasi dari beberapa cara screenshot di laptop Acer sebelumnya. Dengan menekan tombol Alt + PrtSc / PrtScn kita bisa men-capture tampilan jendela yang sedang aktif. Sayangnya cara ini tidak bisa menyimpan hasil screenshot secara otomatis. Untuk menyimpannya harus dilakukan dengan cara manual yaitu klik dan paste pada aplikasi-aplikasi semacam Microsoft word, image editor, dan sejenisnya.

Software Snip Editor (Microsoft Snip)

Sebenarnya cara screenshot dengan Snip Editor lumayan rumit. Namun entah apa alasannya cara ini masih digunakan oleh banyak orang. Namun jika diperhatikan, screenshot tampilan layar laptop dengan software ini cukup banyak fitur pilihannya. Kita bisa mengambil gambar jendela yang sedang aktif, area tertentu hingga seluruh tampilan layar.

Kelebihan paling mencolok dari software Snip Editor yang konon diklaim lebih baik dari Snipping Tool ini adalah kemampuannya mengedit screenshot yang dihasilkan secara langsung. Kita bisa menambahkan teks, gambar, bahkan rekaman suara.

Software Snipping Tool

Cara screenshot di laptop Acer dengan Snipping Tool mungkin sudah begitu familiar software ini sudah digunakan sejak era Windows Vista. Untuk menggunakannya klik Start >> all programs >> windows accessories. Disitu kita sudah bisa menemukan Snipping Tool. Nah, untuk memulai screenshot cukup kita klik “new”. Software ini cukup kaya fitur sebab didalamnya sudah dibekali beberapa pilihan screenshot seperti full-screen nips dan free form.

1 komentar:

  1. aku untuk nge-blog biasanya kalo ambil screnshot pake tombol "prntsc" lalu paste di aplikasi paint, dan save..

    kalo butuh screenshot ke bagian spesifik dlayar, aku biasa pake sniping tool biasanya.

    tergantung kondisi sih..

    BalasHapus