24 Nov 2018

Biaya Ganti Oli Mobil Murah di Bengkel atau Ganti Sendiri di Rumah Sih?

Oli mobil dan mesin mobil merupakan komponen yang tidak dipisahkan dalam menunjang performa mobil Anda. Sebenarnya tidak hanya mobil, tapi kendaraan bermotor lainnya juga membutuhkan perawatan pada olinya. Jadi, memang sudah menjadi suatu keharusan untuk Anda mengganti oli mobil secara rutin.


Biaya Untuk Ganti Oli Mobil Sebanding dengan Fungsi Oli itu Sendiri

Namun terkadang karena faktor biaya, perawatan terhadap oli mobil menjadi sedikit diabaikan. Padahal terlepas dari berapa biaya ganti oli mobil yang harus Anda keluarkan, oli mobil tersebut memiliki peranan penting bagi mesin mobil itu sendiri, antara lain yaitu:
  1. Sebagai lubricating atau pelumas mesin untuk meminimalkan gesekan antar logam mesin atau antar komponen mesin, sehingga hambatan pada menjadi berkurang dan gerakan mesin pun menjadi lebih halus.
  2. Berperan sebagai pelindung mesin dari karat ataupun korosi, dimana oli mampu mencegah terjadinya reaksi oksidasi pada komponen mesin serta menghilangkan reaksi kimia logam-logam saat proses pembakaran.
  3. Selain melindungi mesin, oli juga mampu berperan sebagai pembersih mesin. Kotoran yang masuk melalui ring, lama kelamaan akan menghasilkan kerak. Nah, dengan adanya oli tersebut akan berhasil dilarutkan dan dibuang saat pergantian oli mesin.
  4. Saat proses pembakaran, mesin mobil pun akan ikut panas. Nah, disinilah oli akan berperan sebagai pendingin mesin.

Dengan begitu pentingnya peran oli terhadap mesin mobil Anda, lantas berapakah biaya ganti oli mobil yang harus Anda keluarkan? Untuk mengganti oli mobil, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, atau bagi yang belum ahli Anda bisa menggantinya di bengkel dan terima beres.

Tanpa Harus Kotor dan Ribet, Ganti Saja Oli Mobil Anda di Bengkel Terpercaya

Namun, jika menggantinya di bengkel, apakah biayanya akan lebih mahal? Sebenarnya biaya yang dikeluarkan tersebut tergantung pada jenis mobilnya, karena setiap mobil membutuhkan penanganan dan penggunaan oli yang berbeda. Misalnya untuk Anda yang mempunyai mobil merk Toyota Avanza, Anda bisa mengganti oli di bengkel resminya dengan biaya ganti oli mobil berkisar antara Rp 300 ribuan hingga Rp 500 ribuan. Berbeda dengan mengganti, bagi Anda yang ingin menguras oli, biaya yang dikeluarkan justru akan lebih mahal, yakni berkisar antara Rp. 590.000 hingga Rp. 708.000.

Sementara untuk Anda yang memiliki mobil dengan merk Porsche, maka biaya ganti oli mobil yang harus dikeluarkan tentu akan lebih mahal, yaitu berkisar sekitar Rp 6.500.000 sudah termasuk biaya kebersihan kendaraan serta biaya jasanya. Untuk biaya ganti oli jenis mobil lain, tentu akan berbeda tergantung dari “kelas” mobil itu sendiri.

Mau yang Lebih Hemat? Coba Saja Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah


Nah, jika Anda ingin mengganti oli tanpa harus mengeluarkan biaya untuk jasa penggantian oli, Anda bisa mencoba dan melakukannya sendiri di rumah. Tapi dengan catatan, Anda harus lebih berhati-hati dan sudah mengerti bagaimana cara mengganti oli mobil. Dengan begitu biaya ganti oli mobil hanya untuk membeli oli yang Anda gunakan.

Bagi yang bingung memilih oli mobil, berikut beberapa rekomendasi untuk mengganti oli
mobil Anda:

a. Shell Helix HX7

Shell Helix HX7 merupakan pelumas motor teknologi sintetis yang mampu membantu menjaga kebersihan mesin dan membuat mesin bisa bekerja secara efisien. Selain itu, Shell Helix HX7 ini juga mampu mencegah mesin cepat aus sehingga masa pakai mesin tersebut akan lebih panjang.

b. Shell Helix HX8

Tak kalah berkualitas dari Shell Helix HX7, tak hanya untuk mobil keluaran lama, Shell Helix HX8 juga sangat cocok digunakan untuk jenis mobil terkini. Oli HX8 ini juga dirancang untuk mobil-mobil dengan segala kondisi berkendara, mulai dari jalanan yang macet hingga jalanan dengan medan yang berat.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah lebih memilih mengeluarkan biaya ganti oli mobil ke bengkel atau menggantinya sendiri di rumah? Namun terlepas dimana dan bagaimana Anda mengganti oli mobil, pastikan Anda tidak terlambat untuk menggantinya agar mesin mobil tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar