Featured Post

Menekan Perkembangan Kembali Kanker Payudara setelah Operasi

Jika seorang pasien pernah menderita (atau sedang mengalami) kanker payudara, mereka mungkin pasti ingin tahu apakah ada hal-hal yang dapat mereka lakukan yang dapat menurunkan risiko kanker yang tumbuh atau mencegah kembalinya kanker tersebut, seperti berolahraga, makan jenis diet tertentu, atau mengonsumsi nutrisi suplemen.


Untungnya, kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling dipelajari dalam hal ini, dan penelitian tentang perawatan kanker payudara telah menunjukkan ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pasien yang kini dalam masa perawatan kanker payudara setelah operasi mungkin bisa membantu. Tetap sesehat mungkin lebih penting daripada sebelumnya setelah perawatan kanker payudara. Mengontrol berat badan, berolahraga, dan makan dengan benar dapat membantu pasien untuk menurunkan risiko kanker payudara untuk kembali, dan dapat membantu melindungi pasien dari masalah kesehatan lainnya.

Jika pasien pernah mengidap kanker payudara, menjaga dan bertahan dengan berat badan yang sehat dapat membantu menurunkan risiko. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker payudara datang kembali meski pasien telah melakukan perawatan kanker payudara setelah operasi. Ini juga dikaitkan dengan risiko lebih tinggi mengidap lymphedema, serta risiko kematian yang lebih tinggi dari kanker payudara.

Namun, ada sedikit penelitian untuk menunjukkan apakah menurunkan berat badan selama atau setelah perawatan kanker payudara setelah operasi benar-benar dapat menurunkan risiko kanker payudara datang kembali. Ini diperumit oleh fakta bahwa banyak wanita menambah berat badan selama perawatan kanker payudara, yang dengan sendirinya dapat meningkatkan risiko.

Karena manfaat kesehatan yang datang dengan pengurangan berat badan, banyak penyedia layanan kesehatan sekarang mendorong wanita yang kelebihan berat badan untuk menyarankan pasiennya tetap pada berat badan yang sehat. Namun, penting untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter sebelum mencoba menurunkan berat badan, terutama jika pasien masih mendapatkan perawatan kanker payudara setelah operasi atau baru saja menyelesaikannya. Tim perawatan kesehatan biasanya akan dapat membantu paseien membuat rencana untuk menurunkan berat badan dengan aman.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments