Featured Post

Tips Menggunakan Kopling Mobil Manual yang Benar dan Tepat

Kopling memang komponen penghubung maupun komponen pelepas yang mana untuk keadaan tertentu maka kopling bisa menjadi komponen penghubung pada satu bagian ke bagian yang lainnya. Begitu juga dengan sebaliknya yang mana untuk kopling mobil ini pun juga dapat digunakan untuk melepas pada hubungan tertentu. Karena peran kopling ini sebagai penghubung tenaga atau putaran pada mesin ke bagian transmisi, oleh sebab itulah penting bagi Anda untuk selalu menjaga sistem kerja pada kopling harus selalu dalam keadaan yang optimal.


Untuk mengetahui system kerja dari kopling mobil bekerja dengan baik atau tidaknya, maka Anda dapat untuk melihat pada bagian slip di dalam putaran itu sendiri apakah dapat menyalurkan pada putaran secara penuh 1:1 dan tanpa harus terjadi perbedaan putaran. Sedangkan sebagian para pemilik mobil manual ini pun sering kali mengeluhkan penggantian kopling karena cepat habis, sehingga terlalu sering mengganti pada pelat kopling ini pun tentunya juga harus mengeluarkan banyak uang yang cukuplah banyak.

Sedangkan penyebab utama dari pelat kopling yang cepat habis yaitu mengenai tata cara dalam mengemudi mobil yang tidak dilakukan dengan baik, sehingga hal inilah yang menjadikan pelat mobil Anda terganggu dan tidak bekerja dengan optimal, sehingga hal inilah yang mengharuskan para pemilik mobil harus rela mengeluarkan banyak uangnya untuk melakukan pergantian pelat kopling. Agar hal ini tidak terjadi secara terus menerus, maka Anda harus mengemudikan mobil manual Anda dengan cara yang benar. Berikut ini caranya:
  1. Pada saat Anda menginjak pedal kopling, maka tekan pada pedal kopling dengan sepenuhnya agar flywheel atau roda gila serta piringan kopling bisa terpisah dengan sempurna, dengan begitu memudahkan untuk memindahkan pada tuas transmisi.
  2. Pada saat Anda menginjak pedal kopling dengan sempurna, maka pindahkan pada tuas transmisi.
  3. Setelah Anda memindahkan pada tuas transmisi, maka langkah selanjutnya yaitu bebaskan pada injakan kopling dengan perlahan dan diselaraskan pada injakan pedal gas supaya mobil Anda bisa berjalan secara halus sehingga tidak akan membuat mobil Anda meloncat.
  4. Pada saat Anda mengistirahatkan kaki pada saat mobil berjalan, maka jangan meletakan kaki pada pedal kopling, karena hal ini bisa untuk mempercepat pada kehausan release bearing maupun piringan kopling atau pelat.

Kerusakan pada kopling mobil yang tidak bisa bekerja secara sempurna inilah yang menjadikan para pengguna mobil harus melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan sesuai agar kopling mobil manual Anda tetap bekerja secara optimal, dengan begitu Anda tidak lagi mengganti pelat kopling dalam jangka waktu yang cepat, dengan begitu maka Anda pun tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang, karena kopling mobil Anda dapat bekerja secara optimal dan tidak lagi mengalami kerusakan.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments