Featured Post

Rahasia Buat Kripik Kentang Enak, Gurih dan Renyah Tahan Lama

Setiap orang pasti suka ngemil apalagi di jam menjelang makan siang dan saat menjelang makan malam hingga tengah hari terutama ketika harus mengerjakan pekerjaan yang menumpuk. banyak jenis cemilan yang bisa dikonsumsi sesuai dengan selera dan salah satunya adalah keripik. Keripik biasanya terbuat dari ubi atau singkong namun ada juga yang terbuat dari ubi lain dan salah satunya adalah keripik kentang. Keripik yang terbuat dari kentang ini termasuk sebagai cemilan yang paling banyak disukai dan mudah untuk ditemukan di pasaran termasuk di situs jual beli online terpercaya yang menjual aneka macam makanan seperti snack.


Selain membeli langsung di toko online ataupun di toko yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, Anda bisa tetap ngemil dengan cara membuat keripik dari kentang sendiri. Kendala atau ketakutan utama saat membuat keripik sendiri adalah rasanya yang tidak sesuai dengan yang diinginkan dan keripik tersebut tidak bisa tahan lama sehingga terbuang percuma. Untuk menghasilkan keripik dari kentang dengan rasa yang enak, tetap renyah dan tahan lama, ada beberapa tips berikut untuk membantu Anda.

Pertama adalah pilih kentang yang tepat terlebih dahulu. Pilih jenis kentang yang memiliki ukuran yang besar, tidak terdapat bintik hitam dan berkulit halus, memiliki tekstur ataupun bentuk yang bagus dan tidak memiliki cekungan yang terlalu dalam, serta pilih jenis kentang yang sudah tua. Hal tersebut disebabkan dengan ukuran kentang yang besar agar nantinya Anda bisa memotong kentang lebih leluasa dengan bagian atau potongan yang sama besar.

Kedua adalah menggunakan potongan yang tipis. Untuk mendapatkan keripik kentang yang renyah maka gunakan pisau atau dengan menggunakan cutter bersih untuk mendapatkan potongan yang tipis. Bisa menggunakan jenis pisau yang bergerigi atau dengan mesin potong kripik sehingga mendapatkan potongan yang bergerigi seperti snack kripik yang ada di toko. Hati-hati saat memotong apalagi Anda menggunakan pisau tajam dan irisannya harus tipis dan sama rata.

Kedua adalah dengan menggunakan air dingin atau larutan cuka untuk merendam irisan kentang. Setelah kentang tersebut diiris tipis, maka lakukan perendaman dengan menggunakan air dingin larutan air cuka. Perendaman 10 menit dengan air dingin bertujuan agar kanji yang ada di kentang bisa berkurang sehingga bisa membuat keripik menjadi lebih renyah. Perendaman air dingin juga bisa dilakukan untuk membuat keripik dari nanas, apel, singkong, wortel, bit, atau dari bahan lain yang mengandung kanji.

Sedangkan larutan cuka dari campuran air dan cuka bisa digunakan sebagai alternatif untuk perendamannya. Setelah menyiapkan larutan cuka, rendam irisan kentang minimal selama 10 menit. Selain memberikan rasa yang lebih kuat, perendaman dengan larutan cuka ini juga bermanfaat untuk memberikan warna agar keripik lebih cerah. Setelah direndam bisa diberikan bumbu untuk membuat keripik.

Keempat adalah menggoreng irisan bahan hingga renyah dan kering. Pastikan sebelum irisan kentang digoreng, Anda sudah meniriskan dan sudah kering dari air rendaman agar kentang lebih cepat matang dan renyah. Gunakan teknik menggoreng deep-fry dengan minyak yang banyak dan digoreng di atas api sedang. Goreng secara bertahap dengan jumlah irisan yang sama. Jangan terlalu banyak karena hasilnya tidak bisa maksimal. Angkat saat sudah berubah warna dan tiriskan. Selain itu, bisa menggunakan oven untuk memanggang kentang di loyang datar di suhu 200oC selama 20 menit atau gunakan microwave dengan waktu 3-6 menit jika Anda sedang mengurangi minyak. Beri bumbu seperti barbeque untuk tambahan rasa pada keripik kentang.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments