Featured Post

Pengalaman Instalasi Bluestacks di OS X Mavericks

Sebenarnya saya tahu Bluestacks sejak lama, namun tidak pernah saya mencobanya. Beberapa hari yang lalu saya memasang Bluestacks di laptop saya karena sebel dengan ponsel Android saya yang setiap kali ingin memasang permainan baru harus menghapus beberapa aplikasi. Hal ini dikarenakan kapasitas memori internal yang kecil.

Bagi yang belum familiar dengan Bluestack, kamu bisa mencobanya langsung. Fungsi Bluestack adalah untuk memvirtualiasi perangkat Android di komputermu. Semua sistem operasi didukung oleh Bluestacks, mulai dari Windows, Mac, hingga Chrome OS. Untuk varian Linux, Bluestacks belum mendukung. Namun, kamu bisa menggunakan Genymotion.

Ingin tahu bagaimana tampilan dan performa Bluestacks di Mac OS? Berikut ini adalah ulasannya.

Bluestacks di Mac (OS X Mavericks)

Hampir semua tampilan Bluestacks sama di semua sistem operasi yang didukung. Yang berbeda mungkin kebutuhan minimal perangkat keras yang digunakan untuk menjalankan Bluestacks. Laptop saya MacBook warna putih keluaran 2010 dengan RAM 4GB (sudah saya upgrade, sebelumnya 2GB) bisa menjalankan Bluestacks dengan lancar.

Tampilan Bluestacks di Mac OS

Memang yang disarankan minimal RAM berkapasitas 4GB. Hal ini sebenarnya sama dengan aplikasi virtualisasi lainnya seperti Virtual Box.

Download Bluestacks dan Instalasi

Jika kamu ingin mencoba Bluestacks, kamu bisa mengunjungi halaman situs resmi dari Bluestacks. Setelah mengunduhnya, kamu klik ikon berkas pemasang Bluestacks. Geret ikon Bluestacks ke arah ikon folder "Applications".

Instalasi Bluestacks

Bluestacks siap untuk digunakan. Untuk memasang aplikasi atau permainan di Bluestacks, kamu harus meng-enable Play Store dan sync dengan akun Google. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan restart aplikasi Bluestacks.

Unduh Aplikasi dari Play Store pada Bluestacks

Proses restart ini berfungsi untuk menghidupkan fungsi "Search" aplikasi pada Bluestacks. Saya juga awalnya gopoh saat Bluestacks saya tidak bisa melakukan pencarian aplikasi di Play Store. Ternyata penyebabnya karena belum di-restart. Berikut ini adalah bukti bahwa saya bisa mengunduh aplikasi dari Play Store.

Unduh aplikasi dari Play Store

Menjalankan Aplikasi/Permainan Android di Bluestacks

Memang tidak semua aplikasi Android bisa berjalan mulus di Bluestacks. Ada beberapa yang tidak bisa dan bermasalah. Berikut ini adalah salah satu permainan Android yang berhasil berjalan mulus di Bluestacks, nama permainannya adalah "Happy Mall".

Happy Mall - Game Android di Bluestacks

Kelebihan dan Kekurangan Bluestacks

Setiap perangkat lunak tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki Bluestacks.
  1. Bluestacks mendukung banyak sistem operasi
  2. Bluestacks tidak memerlukan aplikasi lainnya untuk berjalan mulus. Tidak seperti Genymotion yang mensyaratkan adanya Oracle Virtual Box atau Eclipse.
  3. Bluestacks mendukung instalasi dari penyedia aplikasi Android, seperti Play Store, Amazon Store, dan 1Ready. Hal ini sangat membantu sekali dibandingkan harus susah-susah mencari berkas APK secara mandiri.
  4. Tampilan Bluestacks sangat sederhana dan mudah ditelusuri.
Adapun kekurangan yang dimiliki oleh Bluestacks adalah:
  1. Bluestacks memerlukan minimal RAM 4GB untuk berjalan mulus.
  2. Bluestacks lebih cepat menghabiskan baterai laptop. Hal ini saya rasakan sendiri bahwa Bluestacks lebih boros baterai daripada browser.
  3. Tidak semua aplikasi/permainan Android bisa berjalan di Bluestacks. Umumnya yang bisa berjalan permainan yang mengandalkan klik. Jika sudah mengandalkan fitur Android seperti kemiringan, getaran, dsb Bluestacks tidak bisa mengatasinya.

Mengapa Harus Memasang Bluestacks?

Mungkin alasan ini tidak semua orang bisa menerimanya. Secara pribadi, saya memang harus memasang Bluestacks agar saya tidak perlu menghapus aplikasi di Android saya lagi jika ingin memainkan permainan Android terbaru. Selain itu, Bluestacks juga umumnya dideteksi sebagai perangkat Android termutakhir. Jadi tidak perlu bersedih karena kamu tidak akan menjumpai tulisan di Play Store, "Aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat Anda". Menyenangkan 'kan memasang Bluestacks? Selamat mencoba :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. nabung john, beli android yg memory-nya 16 GB >

    aku sendiri bukan maniak gamer, sekarang cuma main zombie ate my friend... nanti kalau udah tamat uninstal

    main game bola macam real footbal ga enak di hp john, mencet layar hp sama joystick beda "feelnya"

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, aku ga maniak game yo :)
      cuma ingin coba2
      ngapain beli hape kayak gitu yo
      ini aja cukup, hehe

      Delete
  2. desain blognya keren bro,.. salam blogger

    ReplyDelete
  3. wah, bluestack tampilan lama... saya pake bluestack yang baru dan... lelet banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, yang baru minta spec-nya lebih tinggi lagi :D
      saudaraku instal yang terbaru nge-lack, akhirnya downgrade, hehe

      Delete
  4. Temen temen saya pada pamerin HP androidnya disekolah :( pertamanya saya iri dengan mereka, tapi semenjak pake bluestack di laptop, saya bisa BBMan dilaptop. Sekarang teman-teman saya yang iri sama saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, saya juga udah nyoba BBM di Bluestack, tapi masih ga jalan dengan benar :D
      loading2 terus

      Delete
  5. pengen bbm di macbook gmn caranya,di bluestack susah banget... tolong pencerahan dong

    ReplyDelete
  6. pasang foto asli di bbm gimna nih , kan data nya ada di windows

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya tidak pernah menelusuri hingga ke sana
      dan saya bukan pengguna Windows

      Delete
    2. UPLOAD DL DI BBM LAIN TRUS DARI BBM YG SDH SALING TER INVATE KM BS SAVE DAN DI GUNAIN DI FOLDER FOTO BLUESTACK

      Delete

Post a Comment