Featured Post

Cara Membuat Tutorial GIF dengan LICEcap

Dunia ngeblog tidaklah jauh dengan perihal membuat tutorial. Apalagi jika blog tersebut membahas tentang tip dan trik ngeblog. Tentu terkadang beberapa orang memutuskan untuk membuat tutorial dengan video. Namun, tutorial dengan video itu sangat memudahkan untuk penikmatnya, namun susah untuk pembuatnya. Berikut ini adalah cara membuat tutorial dengan mudah menggunakan LICEcap.

LICEcap adalah perangkat lunak yang memudahkan kamu untuk merekam kejadian di Desktop kamu. Kamu bisa merekam tutorial lalu LICEcap akan mengubahnya menjadi berkas gambar berformat .GIF. Jika dibandingkan dengan video, ukuran berkas .GIF hasil LICEcap lebih ringan. Berikut ini adalah cara membuat tutorial .GIF dengan LICEcap

Membuat Tutorial GIF dengan LICEcap

Pertama, buka aplikasi LICEcap di Desktop kamu.

LICEcap

Setelah itu, akan muncul jendela aplikasi seperti di bawah ini.

Rekam

Tentukan Max FPS nya. Normalnya nilai Max FPS = 8. Semakin besar nilai, semakin halus animasi .GIF yang dihasilkan, semakin besar pula ukuran berkas yang dihasilkan. Atur Size sesuai kebutuhanmu. Jika sudah beres, klik "Record" lalu akan muncul jendela. Beri nama berkas lalu simpan.

Saat perekaman berjalan. Klik "Pause" jika ini menjeda rekaman atau klik "Stop" jika rekamanmu telah selesai. Berikut ini adalah hasil rekaman tutorial .GIF menggunakan LICEcap.

LICEcap

Menarik bukan? Ingin mencobanya? Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di situs resmi LICEcap.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. kata situsnya belum mendukung penuh windows 8

    For Windows: Windows XP/Vista/7 (might work with reduced functionality on other versions)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouwh, iya juga sih :D
      coba yo kamu cobain itu
      kamu kan pake win 8

      Delete

Post a Comment