Featured Post

Solusi MATLAB dan Inkscape yang Tidak Jalan di Mac OS X Mavericks

Mungkin bagi beberapa orang selain akademikus tak seberapa mengerti tentang MATLAB. MATLAB adalah aplikasi kompleks dalam menghitung dan simulasi; biasanya dibutuhkan oleh akademikus yang belajar Matematika, Fisika, dan Teknik. Bagi kamu yang bermasalah saat menjalankan MATLAB di Mac OS X Mavericks, jangan bersedih karena saya telah menemukan solusinya. Begitu juga dengan Inkscape yang tidak jalan di Mac OS X Mavericks. Masalah dari keduanya adalah karena tidak adanya X11 sejak di versi Mac OS X Mountain Lion hingga Mac OS X Mavericks ini. Berikut adalah solusinya.

Install XQuartz untuk menggantikan X11 yang hilang

Karena masalahnya terletak pada X11 yang tidak ada di Mac OS X Mavericks, maka kita harus mencari penggantinya. Setelah membaca dari forum Apple, pihak Apple merekomendasikan XQuartz untuk menggantikan X11. Berikut adalah link download XQuartz.

Download XQuartz

Setelah men-download-nya, kamu instal XQuartz. Setelah itu logout atau restart Mac-mu untuk merasakan efeknya. Kemudian cobalah tes aplikasi yang menggunakan X11, seperti MATLAB dan Inkscape. Berikut ini adalah hasil tes menjalankan MATLAB dan Inkscape dengan bantuan XQuartz di Mac OS X Mavericks. Selamat mencoba :)

MATLAB di Mac OS X Mavericks



Inkscape di Mac OS X Mavericks


Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. pengen banget mendalami bisa inkscape...

    aku mempelajari kekuatan visual saat share gambar di fb

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang apa kekuatan visualnya? :D

      Delete
    2. mohon petunjuk lebih lanjut cara instal inkscape ! gagal terus pak , maklum pemakai mac baru

      Delete
    3. instal inkscape gagal? kug bisa?
      kan tinggal diklik aja installer-nya
      lalu ikutin petunjuk2nya
      ga ada yang istimewa kug

      Delete

Post a Comment