Featured Post

Cara Membuat Blog di Blogdetik

Banyak platform blog gratis yang sekarang berada di dunia maya. Semuanya menawarkan jasa blog dengan fitur yang menggoda. Mulai dari platform Blogger yang diusung oleh Google, hingga platform WordPress yang open source dan memiliki banyak plugin untuk menunjang efektivitas blogging. Tak kalah dengan Blogger dan WordPress, Indonesia juga membuat platform Blogdetik yang diusung oleh Detik.

Kalau dilihat dari engine yang digunakan, Blogdetik ini memakai WordPress Multisite dengan kustomisasi di beberapa bagian hingga sangat khas dengan Indonesia. Sebenarnya banyak platform blog serupa dengan Blogdetik, misal Blog.com yang juga menggunakan WordPress Multisite. Namun, Blogdetik memiliki keunggulan kekuatan komunitas yang dibangun karena kesamaan kebangsaan Indonesia. Tak hanya itu, komunitas Blogdetik juga sering mengadakan kopdar, kontes, dan banyak lagi rutinitas tidap tahunnya. Menarik bukan? Hal inilah yang menggugah Iskael untuk turut bergabung dengan Blogdetik.

Untuk itu, Iskael sekalian mendokumentasikan cara membuat blog di Blogdetik melalui entri ini. Hal ini dibuat untuk memudahkan banyak orang yang juga ingin bergabung di Blogdetik. Berikut ulasannya.

Mendaftar di Blogdetik

Mendaftar di Blogdetik sangatlah mudah. Buka URL Blogdetik.com, lalu klik Daftar Sekarang seperti gambar di bawah ini.

Klik Daftar Sekarang

Setelah itu masukkan username yang kamu inginkan dan alamat email kamu. Masukkan kode captcha sesuai yang ditunjukkan. Pilih Gimme a blog! untuk langsung menjadikan username sekaligus URL blog kamu di Blogdetik. Klik Next.

Membuat Akun di Blogdetik

Setelah itu pilih URL blog kamu, biasanya secara otomatis sama dengan username. Kamu bisa menggantinya sesuai keinginan. Lalu Isi Blog Title sesuai dengan judul blog yang kamu inginkan. Pilih tombol Yes untuk menyetujui Persayarat yang diberikan oleh Blogdetik. Lalu klik Signup.

Memilih URL Blog dan Judul

Biasanya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Intinya adalah Blogdetik minta verifikasi dari kamu yang dikirim melalui email yang telah kamu masukkan di langkah sebelumnya.

Pemberitahuan Verifikasi

Berikut ini adalah salah satu contoh email yang dikirimkan oleh Blogdetik sebagai bentuk verifikasi. Klik link tersebut untuk mengaktivasi blog yang telah kamu daftarkan.

Verifikasi via Email

Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman yang berisikan username dan password untuk login ke Blogdetik. Akun kamu telah aktif. Sekarang kamu sudah bisa menikmati ngeblog di Blogdetik.

Akun Telah Aktif

Memulai Ngeblog di Blogdetik

Untuk memulai ngeblog di Blogdetik, loginlah terlebih dahulu. Masukkan username dan password akun Blogdetik kamu. Lalu klik Login. Agar lebih mudah kedepannya, klik Remember me untuk menyimpan sesi login di browser kamu.

Login Blogdetik

Setelah itu, klik Halaman Dasbor Anda. Dengan mengeklik itu, kamu akan dibawa di dasbor Blogdetik.

Halaman Setelah Login

Berikut adalah tampilan dasbor Blogdetik. Banyak menu yang bisa kamu jelajahi. Jika kamu ingin menulis, klik pada menu Tulisan. Selamat menjelajahi fitur Blogdetik :)

Tampilan Dasbor Blogdetik

Iskael di Blogdetik

Berikut ini adalah tampilan blog Iskael di Blogdetik. Sederhana bukan? Tentu saja sederhana, karena memang belum diisi apa-apa :)

Tampilan Iskael di Blogdetik

Tertarik untuk mencobanya juga? Silakan daftar Blogdetik :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. mending pakai wp murni menurutku :D

    blogdetik sudah lama ga aku buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sih pake wp murni itu enak :D
      tapi tetep aja ga bisa seeksis kalo di blogdetik
      harus bersakit-sakit dulu :D

      Delete
  2. Saya sampai dua kali nyoba daftar tapi koq gagal trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih?
      coba cek di email verifikasinya
      aku daftar sekali langsung bisa tuh

      Delete
  3. Waellah! Dulu saya terakhir ngeblog tanggal 12 Juli 2013. Habis itu, saya kira dashboard hilang. 26 Desember 2013, saya kembali di blogdetik. Kirain dashboardnya hilang. Sekalian tanya. Bagaimana caranya membuat tema bermodel website di blogdetik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang sekali di blogdetik ga bisa ngedit theme-nya :)

      Delete

Post a Comment