8 Nov 2015

Blogwalking yang Efektif

Ngeblog tidaklah lepas dari aktivitas blogwalking. Jika ngeblog tanpa blogwalking serasa sekolah tapi tanpa mengenal lingkungan sekitar, terutama teman sekelas. Memang kesannya blog adalah berdiri sendiri, namun jika melihat lebih jauh lagi kamu akan menemukan bahwa satu blog dengan blog lainnya itu terhubung. Semakin banyak terhubungnya blog, maka semakin meningkatkan kualitas blog tersebut.

Apa contohnya? Kamu tahu Facebook kan? Facebook adalah sebuat media sosial yang sangat kita kenal. Jika kamu melihat skor untuk Facebook, maka kamu akan terkejut. Dulu saat Google Page Rank masih update, skor Google Page Rank untuk Facebook adalah 10 dari skor maksimal 10. Bisa dibilang skor yang sempurna. Itu jika dilihat dari skor Google Page Rank. Apalagi jika kamu melihat skor Facebook melalui Alexa Rank. Alexa Rank adalah situs yang mengurutkan kepopuleran semua situs di dunia. Asal kamu tahu, Facebook berada di urutan pertama.

Anggap saja Facebook adalah sebuah blog. Anggap saja loh yah, faktanya Facebook itu lebih ke arah situs media sosial. Coba bayangkan mengapa Facebook bisa memiliki skor seperti itu? Jawabannya adalah karena trafik. Ya, tepat, trafik Facebook memang susah menggila. Bayangkan saja berapa pengguna aktifnya. Belum lagi banyak sekali manusia di dunia ini yang aktif di Facebook lebih dari 6 jam sehari.

Selain itu, banyak sekali situs maupun blog yang memberikan backlink ke Facebook. Mengapa hal ini terjadi? Coba kamu perhatikan kebanyakan blog yang ada saat ini, tentu saja blog tersebut memasang widget fanpage Facebook mereka. Hal ini sebenarnya juga jadi timbal balik untuk keuntungan blog tersebut. Semakin banyak yang nge-like maka semakin besar kemungkinan blog tersebut akan dikunjungi oleh pengguna Facebook. Apalagi jika konten blog tersebut menarik dan bermanfaat.

Dari ulasan saya di atas, tentu kamu paham bagaimana cara blogwalking yang efektif. Blogwalking yang efektif adalah dengan menghitung kira-kira blog mana saja yang akan kamu kunjungi. Tentu saja target blogwalking adalah blog-blog yang berkualitas. Mengapa harus blog yang berkualitas. Biasanya ketika blog-nya berkualitas, penulisnya pun kemungkinan besar juga berkualitas. Kamu akan menemukan banyak ilmu baru dan manfaat ketika membaca blog orang itu.

Cara yang paling mudah adalah kamu cari blog yang memiliki Domain Authority (DA) minimal 20. Kumpulkan setidaknya 10 blog. Bagaimana cara menemukan blog dengan DA minimal 20 tersebut? Caranya adalah dengan blogwalking secara random sembari kamu cek DA blog tersebut. Jika ternyata memenuhi kriteria, maka simpan dalam notepad. Setelah kamu menemukan 10 blog tersebut, kunjungi blog tersebut setiap blog tersebut update. Usahakan untuk akrab dengan 10 pemilik blog tersebut. Jika sudah kenal dan akrab, mulailah kamu menambah 10 blog lainnya lagi. Lakukan penambahan jika kamu sudah merasa nyaman dan mampu untuk menuju ke fase selanjutnya.

Nah, apa saja yang harus dilakukan selama blogwalking? Gunakan fitur "Name and URL", Name isi nama kamu, dan URL isi dengan URL blog kamu. Usahakan gunakan komentar yang santun dan tidak terkesan spamming (menyampah). Mengapa harus komentar yang santun? Karena semakin banyak blog sekarang yang mengaktifkan moderasi komentar. Komentar yang terkesan spamming tentu saja akan dihapus oleh pemilik blog. Selamat mencoba :)

6 komentar:

  1. tapi loading facebook cukup berat mas

    BalasHapus
  2. Salam kenal mas Iskandar....
    Kalo berkenan silahkan kunjungi blog Saya ya :)

    BalasHapus
  3. Masih newbie nih gan di dunia per blog gan..
    Dari kemarin masih cari cara biar blog kita di kunjungi,,
    Ternyata salah satu cara nya dengan blog walking ya..
    Di blog saya sendiri saya kasih buku tamu,,
    Biar orang dateng bisa taruh link di sana supaya di kolom komentar gak ada yang spam,,
    Gmn gan?
    Perlu pakai buku tamu?
    Tapi kalau banyak yang taruh back link jangan2 google malah gak suka ama blog ane,,

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia