9 Agt 2015

Pengalaman Beli Aplikasi di Play Store dengan Pulsa Indosat

Beberapa minggu yang lalu setelah saya membeli ponsel baru, saya ingin mencoba membeli aplikasi di Play Store dengan pulsa Indosat. Kabarnya sejak tahun 2014 lalu, Indosat sudah bekerja sama dengan Google dalam pembayaran pembelian aplikasi di Play Store. Hanya saja waktu itu saya kurang tertarik mengetesnya karena memang ponsel saya masih jadul. Sangat disayangkan jika aplikasi berbayar diinstal di ponsel tersebut.

Namun, seiring dengan perkembangan waktu saya dimudahkan untuk bisa membeli ponsel Android yang sudah layak untuk digunakan menginstal berbagai aplikasi yang membutuhkan storage dan RAM yang besar. Dengan keadaan seperti inilah membuka kesempatan bagi saya untuk melalukan uji coba membeli aplikasi melalui pulsa Indosat. Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan dalam membeli aplikasi.

Pengalaman Beli Aplikasi di Play Store dengan Pulsa Indosat

Aplikasi yang menjadi target saya adalah iQuran. Sebelumnya nama aplikasi ini adalah iQuran Pro. Sebelumnya, saya masih menggunakan iQuran Lite. Tentu saja iQuran Lite memiliki fitur tidak selengkap iQuran. Hal inilah yang membuat saya memutuskan untuk mengetes sekaligus sesuai dengan kebutuhan saya.

Yang pertama saya lakukan adalah buka Play Store, lalu cari iQuran. Kamu bisa menerapkan pada aplikasi atau game yang ada di Play Store. Kamu bisa melihat harga iQuran ini IDR24,851.


Dengan harga segitu, kamu setidaknya menyiapkan pulsa sekitar 30 ribu. Hal ini agar tidak terjadi kegagalan dalam proses pembelian aplikasi. Dalam pengalaman saya, saya mengalami kegagalan karena pulsa saya waktu itu 26 ribu.

Setelah itu klik IDR24,851 itu untuk melakukan pembelian. Lalu akan muncul notifikasi untuk konfirmasi.


Setelah itu pilih "Accept" untuk melanjutkan proses selanjutnya.


Setelah itu pilih "Continue".


Setelah itu pilih "Enable Indosat billing".


Lalu akan muncul seperti gambar di atas. Pilih "Send". Kemudian kamu akan menjumpai popup seperti di bawah ini dan kamu harus mengisi data sesuai data dirimu.


Kemudian akan muncul ringkasan data yang sudah kamu input untuk kamu setujui.


Pilih "Accept" untuk menyetujui dan melanjutkan ke proses selanjutnya.


Selanjutnya akan muncul persetujuan lagi untuk konfirmasi pembelian dan pengisian password akun Google kamu.


Isilah "Google password" dengan password Gmail (akun Google) kamu, lalu pilih "Confirm".


Jika muncul "Error" maka dipastikan pulsa kamu kurang. Kamu harus mengisi pulsa lagi hingga bisa membeli aplikasi tersebut.


Saat itu pulsa saya 26 ribu, tidak bisa membeli aplikasi dengan harga 24 ribu sekian. Untuk melanjutkannya lagi, saya harus mengisi pulsa lagi 10 ribu. Dan saya mengulangi langkah dari awal.

Karena penasaran, akhirnya saya cari di situs resmi Indosat untuk mengetahui berapa biaya tambahan untuk membeli aplikasi di Play Store. Biaya tambahan tersebut adalah 12%.


Berikut ini adalah kondisi pulsa saya sebelum mencoba lagi membeli aplikasi di Play Store.


Kemudian saya ulangi seperti langkah sebelumnya.


Setelah saya masukkan password akun Google saya, saya pilih "Confirm".


Lalu akan muncul pemberitahuan bahwa pembayaran kamu sukses. Kamu juga akan ditawari untuk memudahkan pembelian dalam jangka 30 menit kedepan tanpa memasukkan password kembali. Hanya saja, saya lebih memilih "Every Time" untuk alasan keamanan.


Kamu juga bisa melakukan "Refund". Tak hanya itu, setelah kamu membeli satu aplikasi di Play Store kamu bisa menginstal aplikasi tersebut di ponsel atau tab yang kamu miliki tanpa harus membayar lagi. Asalkan kamu login ke dalam akun Google yang sama.


Selain itu, setelah pembelian aplikasi, kamu akan mendapatkan SMS pemberitahuan mengenai detail harga dan bea jasa pembelian. Kamu juga akan menerima pemberitahuan melalui email mengenai aplikasi yang kamu beli.


Pembelian sudah selesai. Berikut ini adalah tampilan iQuran (bukan versi Lite).


Kamu bisa memilih qori' (reciter) lainnya selain Husary. Selain itu, kamu bisa menikmati terjemahan Bahasa Indonesia. Jika di versi Lite, kamu hanya bisa menikmati terjemahan Bahasa Inggris saja.

Begitulah pengalaman saya membeli aplikasi di Play Store dengan pulsa. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang akan membeli aplikasi di Play Store. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia