11 Agt 2015

Google Kini Milik Alphabet

Siapa sih yang tidak tahu Google. Sejak tahun 2005 lalu saya mengenal Google sebagai rival dari Yahoo. Dan kini perusahaan tersebut sudah memiliki anak perusahaan yang banyak. Tentunya kamu juga tahu, banyak sekali produk Google yang sudah dan maupun yang masih digagas. Ponsel dengan sistem operasi Android yang kamu nikmati sekarang ini adalah salah satu produk Google yang berhasil. Yang gagal? Banyak juga loh, mungkin kamu sempat mengenal Google Buzz, Orkut, Google Reader dan lainnya yang sudah tutup.

Ternyata kemarin ada berita yang sempat mengejutkan dari Google. Google kini menjadi bagian dari perusahaan, padahal dulunya adalah sebuah induk. Google kini menjadi bagian dari perusahaan yang bernama Alphabet. Maka secara tidak langsung kini Google hanyalah anak perusahaan dari Alphabet. Lalu siapakah Founder dan CEO dari Alphabet? Tentu saja tetap sama, yaitu Larry Page sebagai Founder, dan Sergey Brin sebagai CEO. Dan Google kini dipegang oleh Sundar Pichai.

Langkah Google ini ternyata mendapatkan respon positif dari pasar. Setelah pengumuman ini, saham Google naik 5%. Menurut bocoran yang saya baca, Alphabet ini mempunyai projek rahasia yang nantinya setiap projeknya akan memenuhi setiap huruf dalam Alphabet. Misal G untuk Google.

Sempat ada pertanyaan yang lucu mengenai perubahan nama Google menjadi Alphabet ini. Ada yang bertanya apakah istilah googling akan berubah menjadi alphabeting. Pihak Google menjawab bahwa istilah googling akan tetap dipakai.

Dan yang tak kalah menarik, Alphabet ini tidak menggunakan domain alphabet.com, namun menggunakan abc.xyz. Domain abc.xyz ini diklaim bahwa Alphabet menyadari bahwa akan ada era domain di mana domain .com sudah mulai ditinggalkan. Selain itu, ketersediaan nama dalam domain .com sudah menipis. Hemat saya, memang abc.xyz ini lebih merepresentasikan Alphabet itu sendiri, karena Alphabet dimulai dari ABC dan diakhiri dengan XYZ.

Situs Alphabet (abc.xyz)

Mungkin untuk orang yang awam akan bertanya-tanya apakah ada domain .xyz. Jawabnya, tentu saja ada. Kini banyak sekali domain TLD baru yang bermunculan, beberapa contohnya .camera, .moe, .party, .website, dan banyak lagi lainnya.

Hal ini juga bisa menjadi sebuah tanda di masa mendatang suatu saat mungkin saja Alphabet ini akan mengakuisi Facebook untuk huruf F, dan Twitter untuk huruf T. Mengingat banyak sekali kehidupan kita saat ini dipenuhi dengan produk Google. Bagaimana tidak, saya biasa menggunakan Google Maps untuk mencari lokasi tempat tinggal teman atau tempat tujuan. Email kebanyakan pengguna internet saat ini adalah Gmail. Platform ngeblog juga menggunakan Blogger. Yang kesemuanya itu sekarang adalah layanan milik Google. Dan sangat mungkin terjadi jika kelak Facebook dan Twitter juga akan menjadi jajaran layanan dalam Alphabet. Kita lihat saja perkembangannya.

8 komentar:

  1. Iya ya, John. Kenapa kok aku gak kepikiran bikin web pakai nama abc.xyz ya? Udah cukup lama aku tahu domain itu, tapi gak kepikiran blas. Padahal kan unik tuh. (Bisa jadi pula, kalau nama domain itu udah jadi milikku, bakal dibeli sama Google). Heuheuheu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah :D
      aku dulu juga kepikiran, tapi ga tahu beli domain .xyz itu di mana
      biasanya domain unik2 kayak gitu, belum dijual oleh penjual domain Indonesia
      kalopun beli di luar, harus pake kartu kredit

      Hapus
    2. Kayaknya, dulu, aku pertama tahu domain xyz dari Qwords (penyedia domain Indonesia). Cuma yang kepikiran waktu itu malah, "Domain apaan nih? Kok aneh banget?" *sumpah nyesel*

      Hapus
    3. oualah, kasian banget :D
      tapi emang kamu sempat berpikir mau beli abc.xyz? :P

      Hapus
  2. berarti kita tunggu aja kedepannya ya. bener banget domain udah beragam ya sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak
      tapi domain yang unik2, lumayan mahal harganya

      Hapus
  3. G is for Google
    I is for Iskael :D

    Google siap untuk bermain di luar wilayah zona amannya (di luar internet). Jadi nanti lawan Alphabet tak hanya Apple dan Microsoft

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya emang gitu yo
      nanti kayaknya Alphabet ini mau mengakuisisi banyak perusahaan

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia