20 Jun 2015

Tip Merawat Charger MacBook

Merawat charger memang tidak sesulit merawat baterai laptop. Namun, pengalaman saya berkali-kali ganti charger MacBook gara-gara salah cara merawatnya.

Jika dihitung, charger yang sedang pakai ini adalah charger ketiga. Charger pertama benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai. Karena masih dalam masa garansi (belum satu tahun), saya tukarnya di authorised reseller resmi di Surabaya. Biayanya? Gratis, karena memang masih dalam masa garansi.

Charger yang pertama rusak karena waktu itu di kampus tegangannya naik turun. Tegangan yang naik turun dinyatakan ampuh dalam merusak barang elektronik. Di rumah saya pernah kejadian banyak barang elektronik yang rusak bersamaan gara-gara tegangan tidak stabil.

Jadi pastikan kamu tidak mencolok charger-mu sembarangan. Jika kamu yakin tegangannya stabil, maka tidak masalah. Jika tidak, charger-mu akan menjadi korbannya.

Selain itu, pada kasus charger saya yang kedua adalah karena kesalahan dalam menggulung kabelnya. Efek dari kesalahan menggulung kabel ini menyebabkan ada bagian dalam kabel yang putus dan charger tidak bekerja dengan baik, kadang konek kadang putus.

Bagian yang rawan putus dalam

Daerah yang saya terangkan pada gambar di atas adalah daerah yang rawan rusak. Dari beberapa teman saya yang juga menggunakan MacBook, kebanyakan charger mereka rusak karena di bagian tersebut bagian dalam kabel putus. Hal ini karena kesalahan menggulung kabel.

Posisi menggulung yang rawan

Sebelumnya saya menggulung dengan posisi di atas. Gulungan terlalu rapat dan dekat. Hal ini untuk jangka pendek bukanlah masalah. Namun, untuk jangka panjang bagian yang dilingkari lebih besar rawan terpelintir, dan efeknya kabel bagian dalam (tembaga) putus. Dan efeknya, kadang konek kadang tidak. Kondisi kadang konek kadang tidak ini bisa berbahaya bagi MacBook kamu.

Berikut ini adalah beberapa cara menggulung yang saya temukan bersama teman saya untuk menghindari kerusakan charger.

Tip Merawat Charger MacBook

Untuk merawat kabel charger MacBook agar tetap prima, ada dua cara yang saya dapatkan. Cara yang pertama adalah dengan menggulung seperti biasanya. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada panjang kabel yang dekat dengan bagian adaptornya. Berikut adalah gambarnya.

Cara pertama

Cara kedua adalah dengan menggulung tanpa dililitkan pada bagian tanduk bawaan charger. Pastikan lingkaran gulungan agak besar. Konsep gulungan ini meniru konsep kabel fiber optik yang sudut gulungannya tidak boleh kurang dari 90 derajat. Berikut adalah gambarnya.

Cara kedua

Itulah dua cara untuk menggulung kabel charger MacBook. Selain cara menggulung kabelnya, ada lagi tip untuk merawat charger MacBook. Ketika kamu selesai charging MacBook kamu, jangan biarkan charger tetap tercolok pada stop kontak. Segera copot dari stop kontak. Pengalaman teman saya sering membiarkan chargernya tercolok pada stop kontak walaupun sudah proses charging. Akibatnya charger menjadi rusak.

Merawat charger adalah hal yang penting. Tidak ada charger, maka MacBook kamu pun terancam tidak akan menyala. Dan tidak hanya itu, harga charger MacBook relatif mahal, sekitar 800 ribu rupiah. Sayang sekali 'kan jika uang sebanyak itu kamu sia-siakan karena kelalaian merawat charger-mu. Selamat mencoba :)

2 komentar:

  1. wah udah charger ketiga. Suamiku dari awal Allhamdulillah masih awet chargernya. Terima kasih tipsnya ya

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia