5 Jun 2015

7 Cara Ampuh Mencari Ide Ngeblog

Ada beberapa alasan seorang memutuskan untuk berhenti ngeblog atau malah takut mencoba untuk ngeblog. Salah satunya adalah ketakutan tidak bisa memelihara blog tersebut dengan baik. Bagi seorang yang pertama kali memulai ngeblog, menulis apa yang ingin dia tulis itu susah. Bingung mau nulis apa, itulah yang banyak saya jumpai ketika mengobrol dengan orang yang mengaku tertarik dengan ngeblog tapi bingung harus memulai dari mana.

Sebenarnya, ngeblog ya ngeblog saja, tidak perlu takut atau kebingungan. Bagi kamu yang membaca entri ini dan kamu ingin ngeblog, kamu bisa berdiskusi dengan saya melalui komentar di entri ini atau lewat email. Biasanya orang yang ingin mengobrol privat dengan saya, memilih untuk menghubungi saya lewat email. Tanyakan, saya akan membantu kamu semampu dan sebisa saya.

Saya senang berbagi pengalaman dengan banyak orang. Di Lab tempat saya kuliah pun, saya sering berbagi kepada teman-teman Lab saya mengenai pengalaman ngeblog saya, sehingga ada beberapa orang yang tertarik ikutan ngeblog. Ngeblog itu semakin asyik jika berbagi, percayalah!

Di entri kali ini saya akan mengulas mengenai cara ampuh untuk mencari ide ngeblog. Untuk memulai ngeblog, kamu butuh brain storming terlebih dahulu. Kira-kira apa yang ingin kamu tulis. Blog tersebut mau kamu jadikan seperti apa. Jika sudah ketemu, silakan memulai dengan satu posting pertama yang ringan. Posting pertama yang ringan akan menggugah kamu untuk terus menulis dan menulis.

7 Cara Ampuh Mencari Ide Ngeblog

Aktivitas keseharian yang berat kadang membuat saya kesusahan untuk mencari ide yang akan saya tuangkan di dalam blog. Apalagi saya adalah salah satu orang yang mempunyai blog lebih dari satu. Bagi orang-orang macam saya ini pasti akan terus berpikir untuk tetap meng-update banyak blog. Punya satu blog saja belum tentu bisa update setiap minggu, apalagi punya banyak. Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa melakukan itu semua jika bersungguh-sungguh dan melakukan beberapa tip ini. Kamu tidak akan kehabisan ide untuk kamu tulis di dalam blog-mu.

1. Jalan-jalan

Jalan-jalan adalah salah satu cara yang paling efektif menurut saya untuk menemukan ide ngeblog. Ketika jalan-jalan, kamu akan menjumpai banyak hal. Silakan jalan-jalan ke mana saja, mall atau tempat bermain, semua itu akan memunculkan ide untuk kamu menulis blog. Dulu, setiap kali dari sebuah acara atau festival, saya selalu update blog. Menceritakan apa saja yang saya dapatkan di sana.

2. Melihat Televisi

Meskipun tidak banyak program yang menarik saat ini di TV, kamu tetap bisa menemukan acara favorit yang mendidik. Kalau saya, biasanya melihat TV cari program semacam Hitam Putih. Entah mengapa acara Hitam Putih bagi saya memberikan banyak informasi dan wawasan baru. Nah wawasan ini bisa kamu tulis dan didiskusikan di blog kamu.

3. Membaca Koran

Saya memang bukan tipikal orang yang suka membaca koran. Namun, ketika cukur rambut dan antre, saya biasanya mengambil koran di tempat duduk untuk antre tersebut. Bagi kamu yang rajin membaca koran, tentu saja mendapatkan ide dari sana adalah sebuah keniscayaan.

4. Membaca Buku

Buku adalah makhluk yang tak akan pernah usang. Setiap zaman selalu menghasilkan buku. Dengan buku kamu bisa mendapatkan banyak informasi sesuai genre buku yang kamu baca. Jika kamu suka tentang fiksi, membaca novel adalah pilihan yang bagus. Saya juga sering menjumpai blogger yang mengulas mengenai novel yang dia baca. Tak hanya itu buku-buku karangan lainnya pun bisa memberikan kamu ide untuk menulis di blog.

Dulu ketika SMA, saya adalah orang yang malas membaca. Namun, sejak mengenal dunia blog, saya mulai sering membaca. Karena mana mungkin seorang menulis kalau tidak membaca. Tentu saja membaca adalah bahan bakar untuk menulis. Kualitas tulisan juga ditentukan dari berapa banyak buku yang kamu baca.

5. Berlangganan Feed Website Populer

Hal ini masih saya lakukan hingga sekarang. Saya suka berlangganan feed website yang topik bahasannya bagus. Saya tidak perlu membuka website kesukaan saya, saya sudah bisa membaca posting bagus melalui email dengan berlangganan feed. Tentu saja ini bisa menjadi ide baru untuk menulis di blog.

6. Follow Akun Media Sosial yang Keren

Salah satu cara lainnya saya mencari ide adalah dengan mengikuti akun media sosial yang keren. Biasanya saya mengikuti akun yang berhubungan dengan desain atau tutorial HTML dan CSS. Banyak sekali manfaatnya. Selain pengetahuan kamu bertambah, kamu juga bisa mengulas hal tersebut di blog kamu.

7. Menyendiri dan Merenung

Cara ketujuh ini sangat berbeda dengan keenam cara sebelumnya. Jika lainnya lebih banyak mendapatkan informasi dari luar, cara ketujuh ini lebih menekankan pada pencarian ide dalam sunyi. Perenungan memang hal yang efektif untuk mendapatkan ide yang bagus. Orang yang banyak merenung cenderung lebih peka dan tulisannya lebih mengena. Jadi, cobalah untuk merenung dan temukan ide untuk ngeblog.

Sekian tujuh cara ampuh mencari ide untuk ngeblog. Jika kamu punya cara selain tujuh cara tersebut, kamu bisa berbagi melalui kotak komentar. Selamat mencoba :)

9 komentar:

  1. menyendiri dan termenung di wc bukan ?hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide terbesar saya adalah saat di dalam ruangan itu , tapi pas saya membuka pintu ide itu hilang :D

      Hapus
    2. wekeke
      berarti harusnya bawa catatan saat di wc
      biar ga hilang idenya

      Hapus
  2. Kalau saya lebih ke visual. Lihat2 orang sekitar, foto atau apa yg bisa dilihat. Nanti bisa menghasilkan postingan. :D

    BalasHapus
  3. Kalau saya.....
    Saya termasuk yang tidak punya idea-booster.. Hehe

    Kalau pun ide datang, saya lebih suka memikirkannya daripada menuliskannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah dipikirkan, diapakan mas? :D

      Hapus
  4. Kalo saya sih sukanya baca buku dan merenung :D

    BalasHapus
  5. terimakasih atas infonya yang bermanfaat. doain saya ya

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia