21 Okt 2014

Solusi Inkscape Tidak Jalan di OS X Yosemite

Beberapa hari yang lalu saya meng-upgrade MacBook saya menjadi bersistem operasi OS X Yosemite. Setiap kali berhasil upgrade, saya selalu mengecek kompatibilitas berbagai perangkat lunak yang saya pakai.

Contoh kecil yang sering saya cek adalah apakah perangkat lunak besutan Adobe bisa berjalan dengan baik. Mengingat banyak sekali aktivitas saya menggunakan Adobe. Adobe bisa berjalan dengan mulus setelah memperbarui Java-nya.

Setelah itu saya tes Inkscape. Seperti biasanya, sudah menjadi langganan saya harus mengecek kompatibilatas Inkscape di sistem operasi yang baru. Ternyata saya buka Inkscape tidak bisa. Saya mengingat kejadian setahun yang lalu saat saya upgrade ke OS X Mavericks, Inkscape juga tidak jalan. Kalau dulu sangat wajar karena X11 digantikan dengan XQuartz.

Langkah Menyelesaikan Inkscape Tidak Jalan di OS X Yosemite

Nah, ternyata apa yang menyebabkan Inkscape kali ini tidak jalan? Ternyata Inkscape tidak jalan karena versi XQuartz yang saya pakai di OS X Mavericks tidak bisa jalan di OS X Yosemite. Jalan keluarnya adalah upgrade XQuartz ke versi yang baru (versi 2.7.7).

Hal yang perlu kamu lakukan sebelum upgrade adalah kamu harus memastika bahwa XQuartz versi lama sudah terhapus bersih dari OS X kamu. Kamu bisa menggunakan AppCleaner. Kamu bisa mengunduhnya di situs resmi AppCleaner.

AppCleaner

Hapus bagian Inkscape yang ada di folder "Applications" dan folder "Library". Setelah dihapus, download XQuartz versi terbaru di sini. Install XQuartz-nya lalu setelah itu restart Mac kamu. Ingat, harus di-restart dulu baru bisa keliatan efeknya.

Setelah login di Mac kamu, silakan coba kembali buka Inkscape milikmu. Jika masih tidak bisa, coba uninstall Inkscape kamu, lalu unduh Inkscape versi terbaru. Kemudian install Inkscape kembali. Tapi, saya kira hal itu tidak perlu, karena kebanyakan sudah bisa. Selamat mencoba :)

6 komentar:

  1. Apalagi Pak yg nggak jalan di Yosemith?
    Ditunggu kabar updatenya.

    Masih siap-siap & timbang-timbang nih sebelum beralih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matlab juga sama Von
      tapi terselesaikan dengan update XQuartz
      kasusnya sama dengan Inkscape ini
      selain itu, semua masih jalan normal
      biasanya kalo ga bisa jalan di Yosemite, update saja software-nya
      pasti masalah selesai

      Hapus
  2. Saya sih masih sama bapaknya mac yah :3

    BalasHapus
  3. Oot, aku kemarin lihat corel draw punya teman, iseng aku lihat fitur2nya, secara umum ga beda sama inkscape. Jadi terpikir, kalau fiturnya secara umum sama mengapa musti membajak?

    Sepertinya alasan membajak lebih ke habits deh, mungkin juga kurangnya pengetahuan akan software alternatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul yo
      semua itu sebenarnya tergantung kebiasaan
      orang pake OS apa pun sebenarnya bisa
      bahkan Mac OS itu lebih mudah daripada Windows
      #pengalamanPribadi

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia