29 Sep 2014

Software Pemberi Watermark Paling Powerful versi Iskael

Dalam dunia internet, acap kali pembajakan terjadi. Banyak sekali orang yang tidak sadar pentingnya menghargai suatu karya. Meskipun sekarang kamu bisa mengadukan pelanggaran hak cipta ke Google, namun hal ini masih dianggap kurang efektif. Karena Google hanya bisa memberikan pinalti berupa penghapusan blog apabila di Blogger, dan deindex apabila bukan menggunakan engine Blogger.

Biasanya, para insan kreatif membuat perlindungan terhadap karyanya dengan cara memberikan tanda air, atau yang lebih umum disebut watermark. Fungsi watermark ini memang tidak bisa menanggulangi pelanggaran secara penuh, namun tetap efektif.

Berikut ini adalah aplikasi yang mempermudah kamu untuk memberikan watermark terhadap karyamu dalam jumlah masal. Jika membuat watermark untuk satu atau dua karya mungkin tidak melelahkan. Namun, pernahkah kamu membayangkan membuat watermark untuk ribuan karyamu. Melelahkan bukan? Dengan aplikasi ini pekerjaan kamu akan lebih ringan.

Software Pemberi Watermark Paling Powerful versi Iskael

Aplikasi pemberi watermark tersebut adalah Visual Watermark. Alasan saya memilih aplikasi ini karena aplikasi ini mendukung sistem operasi Windows dan Mac OS. Maklum lah karena saya pengguna Mac OS. Setelah saya cari-cari, ternyata aplikasi ini yang menurut saya paling powerful untuk memberikan watermark di Mac OS.

Download Visual Watermark

Hal yang membuat saya berpikir aplikasi ini sangat powerful adalah karena aplikasi ini sangat mudah digunakan. Kecepatan proses aplikasi ini mencapai 100 foto dalam waktu 1 menit. Menakjubkan bukan? Aplikasi ini dibagi menjadi dua lisensi, yaitu gratis dan berbayar. Kalau saya sih cukup menggunakan yang gratis saja sudah cukup. Penasaran? Kamu bisa mengunduhnya di sini.

Cara Mudah Menggunakan Visual Watermark

Jika kamu sudah mengunduhnya, berikut ini adalah tutorial cara menggunakan Visual Watermark. Banyak sekali pilihan yang bisa kamu lakukan di Visual Watermark. Kamu bisa memilih font, efek, warna, logo, dan posisi watermark yang akan kamu sematkan dalam foto. Dalam kasus ini saya menyematkan watermark berupa logo Iskael.

Pilih Foto

Bukalah aplikasi Visual Watermark. Lalu pilih foto apa saja yang ingin kamu beri watermark. Saranku taruh semua foto yang akan kamu watermark dalam sebuah folder. Lalu geret folder tersebut ke area "Drag your photos here".

Atur Template Watermark

Setelah itu akan muncul gambar seperti di atas. Langkah selanjutnya adalah memilik "Watermark Template". Dalam mengatur template ini, kamu bisa memlilih gaya watermark. Misal dalam kasus ini saya menggunakan logo Iskael.

Sesuaikan Posisi Watermark

Setelah itu sesuaikan posisi watermark-nya. Kamu juga bisa mengatur ulang besar watermark. Tak hanya itu, kamu bisa mengatur transparansi, efek, pengulangan watermark, dan juga rotasinya. Dalam kasus lain kamu bisa memilih font yang kamu inginkan.

Proses Watermark ke Banyak Foto

Setelah itu, kamu atur folder mana yang akan kamu jadikan untuk menaruh hasil dari foto yang sudah ter-watermark. Jika sudah, klik "Watermark". Jadilah seluruh foto itu ter-watermark di dalam folder pilihanmu. Di bawah ini adalah salah satu hasil dari gambar yang ter-watermark dengan Visual Watermark.

Hasil Watermark

Dari hasil watermark ini hanya satu yang disayangkan, ada tulisan di bagian bawahnya. Maklum lah menggunakan aplikasi gratis. Jika berbayar, tulisan di bagian bawah ini bisa hilang. Untuk menanggulangi hal tersebut saya sudah punya caranya. Namun, saya tidak akan membahasnya di entri kali ini. Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba :)

4 komentar:

  1. Lumayan ekspres juga sepertinya ya. Menarik untuk dicoba. :D

    BalasHapus
  2. Kapan2 dicoba, Mas. :)
    Skrg masih pake potosop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cuma 1 atau 2 pake potosop ga masalah
      kalo udah ratusan, kemeng

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia