17 Feb 2014

Cara Membuat Blog di Tumblr

Tumblr, salah satu platform ngeblog yang tak kalah larisnya dibanding dengan Blogger dan WordPress. Keunggulan Tumblr ini adalah konsep yang sangat sederhana dan memudahkan penggunanya. Biasanya Tumblr banyak digunakan oleh orang yang fokus di dunia seni, bahkan seni yang mengarah ke kebebasan berekspresi. Banyak sekali blog yang agak porno yang bisa kamu temui di Tumblr, jika kamu jeli.

Seiring dengan perkembangannya, Tumblr pun berhasil memikat Yahoo untuk membelinya. Tepatnya tahun 2013 kemarin, Tumblr resmi diakuisisi oleh Yahoo. Tampilan Tumblr yang sekarang tidak jauh beda dengan yang dulu, hanya saja beda di gaya ikonis menjadi gaya metro. Tumblr ini juga digemari oleh remaja putri yang suka berbagi puisi atau konten singkat lainnya.

Berikut ini adalah cara membuat blog di Tumblr.

Cara Membuat Blog di Tumblr

Membuat blog di Tumblr sangatlah mudah. Bahkan mudahnya melebihi dari membuat blog di Blogger maupun WordPress. Pertama, kunjungi situs Tumblr.


Masukkan email, password, dan username yang akan kamu gunakan di Tumblr. Username ini nantinya akan menjadi alamat subdomain blog kamu di Tumblr. Misalkan username saya adalah Iskael, maka alamat blog Tumblr saya nanti adalah iskael.tumblr.com.

Setelah itu klik "Sign up". Setelah itu kamu akan disuruh memasukkan umurmu. Setelah itu klik "Next". Selanjutnya kamu akan disuruh untuk mengisi captcha. Setelah selesai mengisi captcha, kamu sudah terdaftar di Tumblr.


Langkah selanjutnya adalah bukalah email-mu. Kamu akan menemukan email dari Tumblr untuk verifikasi akun Tumblr kamu. Klik "Verify email address" untuk memverifikasi akun kamu. Kemudian kamu akan digiring ke halaman seperti di bawah ini.


Untuk melanjutkan, klik "Continue to Tumblr...". Setelah itu kamu akan dihadapkan dengan dasbor Tumblr yang sangat sederhana menurutku, dibandingkan dengan dasbor Blogger dan WordPress. Di bawah ini adalah tampilan awal dasbor Tumblr.


Untuk melihat blog Tumblr-mu, kamu bisa mengeklik bagian "Untitled" yang ada di sebelah kanan atas di bawah "Search".

Kustomisasi Blog Tumblr

Awalnya ketika pertama kali kamu terdaftar di Tumblr, maka judul blog kamu secara otomatis adalah Untitled. Tentu hal ini sangat tidak diinginkan oleh kamu. Begitu juga dengan saya. Saya pun mengubah judul blog "Untitled" menjadi "Iskael". Bagaimana caranya?

Cara Mengubah Judul Blog, Deskripsi, dan Avatar di Tumblr

Cara mengubah judul blog di Tumblr adalah dengan mengeklik halaman "Settings", ikon gerigi yang ada di sebelah kanan ikon tanda tanya. Setelah itu klik ikon pensil yang ada di sebelah kanan.


Setelah diklik, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Editlah sesuai kebutuhanmu.


Edit bagian judul blog dengan nama blog yang kamu inginkan. Edit juga bagian deskripsinya. Kemudian unggah foto yang nantinya akan menjadi avatar Tumblr-mu. Setelah selesai diedit, klik "Save" untuk menyimpan. Mudah bukan?

Mengubah Theme Tumblr

Selain mengubah info blog Tumblr, kamu juga bisa memilih/mengubah theme sesuai dengan keinginanmu. Caranya dengan mengeklik "Edit theme" atau "Find themes" di halaman "Settings".


Mengubah Username dan Custom Domain Tumblr

Tak beda dengan Blogger ataupun WordPress, Tumblr-pun juga menyediakan fasilitas custom domain. Misalkan kamu tidak ingin URL Tumblr kamu username.tumblr.com, kamu bisa menggunakan custom domain sendiri, misalnya dengan menggantinya menjadi diaryku.com atau yang lainnya.


Hal ini bisa kamu jumpai di halaman "Settings" juga.

Mengubah Blog Tumblr Menjadi Privat

Selain fitur-fitur yang saya sebutkan tadi, Tumblr juga menyediakan untuk kamu blog privat. Blog ini hanya bisa diakses oleh orang yang tahu kata sandi yang sudah ditentukan oleh kamu sebelumnya.


Namun, sayangnya jika kamu ingin membuat blog privat, kamu tidak bisa menggunakan blog utamamu (blog Tumblr dengan URL sama dengan username-mu). Kamu harus membuat blog baru. Blog baru ini bisa diasuh oleh beberapa penulis. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa mengeklik tautan ini. Jangan lupa untuk mencentang "Privacy"-nya.

Fitur Tumblr Lainnya

Masih banyak fitur Tumblr lainnya yang belum saya bahas di entri ini. Menurut saya, terlalu banyak jika saya bahas dalam satu entri. Salah satu fitur Tumblr lainnya adalah mengatur blog Tumblr yang berkonten dewasa. Hal ini perlu diatur agar tidak melanggar ketentuan yang dibuat oleh Tumblr. Fitur lainnya adalah kamu bisa menyembunyikan blog Tumblr kamu dari robot mesin pencari.

Itulah cara membuat blog di Tumblr dan kustomisasi beberapa fiturnya. Jika kamu penasaran, kamu bisa mendaftar ke Tumblr. Terkadang ilmu itu lebih lama menempel apabila dipraktikkan daripada hanya dilihat saja. Selamat mencoba :)

Bonus: Tampilan Blog Iskael di Tumblr

Berikut ini adalah tampilan blog Iskael di Tumblr. Kamu bisa mengunjungi iskael.tumblr.com untuk melihatnya langsung.

10 komentar:

  1. Dulu udah pernah nyoba bikin blog di Tumblr, karena penasaran, tapi gak diterusin. Kayaknya kok terlalu sederhana, gitu. Aku malah belum sempat ngubek-ngubek dalemannya.

    Btw, di Tumblr tuh ada statistik (kunjungan, page view, dll) kayak di Blogspot gak John? Kayaknya gak ada ya. Menurutmu, apa kelebihan Tumblr yang gak dimiliki WP atau Blogspot, hingga banyak orang pakai Tumblr?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sih ga ada statistik
      statistiknya diubah dalam bentuk yang lebih nyata lagi, yaitu "like" dan "reblog"
      kelebihannya adalah reblog, jadi orang ga perlu copas jika ingin menampilkannya di blog Tumblr-nya
      dan itu lebih akademis, tidak meniadakan sumber :D

      di sisi lain, tumblr itu disukai oleh para seniman, mereka suka mengunggah karya-karya mereka di sana
      mereka tidak takut karya mereka dicopas, karena ada reblog
      dan mereka akan puas, jika karya mereka di-like banyak orang :)
      kalo di Blogger ga ada kan fitur ini? paling komen aja :P

      seperti twitter, twitter loh bisa apa? bisanya cuma gitu doang, nulis status 140-an karakter saja
      kug banyak yang suka?
      kuncinya karena para artis pake twitter
      fitur follow lah yang bikin twitter itu keren :)

      Hapus
    2. re-blog sama dengan share jika di facebook. Jadi overall semuanya ga jauh beda dengan fb, twitter, dsb. Bukan berarti ketika di re-blog ga bisa di copas ... masih bisa kok kontennya di copas.

      Kelebihannya Tumblr lebih responsive dibanding blog yang lain dan bisa diikutkan program AdSense untuk mendapatkan uang. Beda dengan fitur notes di facebook.

      Hapus
    3. kalo masalah responsive, semua bisa dibikin responsive kug
      asal paham CSS aja

      Hapus
  2. makasih,, yaa berguna banget >0<

    BalasHapus
  3. Pengin nyobain juga neh gan pakai tumblr, susah ga sih seonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ga tahu
      tapi sangat jarang sih orang SEO pake tumblr

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia