21 Apr 2013

Membangun Website dengan CSS (Bagian 1)

Di era ini banyak sekali website-website yang bermunculan. Kalau dahulu hanya perusahaan-perusahaan besar dan instansi yang mempunyai website, kini personal pun bisa memiliki website sendiri. Banyak penyedia hosting gratisan yang bisa digunakan untuk ajang pembelajaran.

Beberapa orang berpikir bahwa membuat website itu hal yang sulit. Sebenarnya tidak ada hal mudah di dunia ini. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan sama sekali. Semua butuh pembelajaran dan pembiasaan. Begitu juga dengan membuat website.

Bagaimana Memulainya?

Kebanyakan orang bingung harus memulai dari mana. Itu pun yang aku alami saat pertama kali belajar membuat website. Yang paling mudah adalah dengan memulai memahami sintaks HTML. Tidak perlu untuk memahami semua sintaks. Cukup yang inti saja. Setidaknya bisa membuat halaman sederhana dari HTML. Setelah itu, barulah mulai mengenal CSS.

Mengapa Harus CSS?

Cascading Style Sheet (CSS) mempermudah kita mengatur gaya dari tiap elemen HTML dengan menandainya berdasarkan class dan id yang teratribusi di elemen HTML; tidak perlu repot harus mengatur satu per satu setiap baris elemen. Selain itu, CSS mudah sekali dipahami jika dibandingkan dengan JavaScript. Tak hanya itu, banyak browser yang mendukung CSS. Hingga saat ini, CSS sudah berkembang hingga CSS3.

Tunggu Apa Lagi?

Ayo belajar membangun website dengan CSS bersama Iskael. Topik ini akan dibahas hingga menjadi beberapa ulasan, hingga dirasa sudah cukup untuk menjadi bekal ke tingkat selanjutnya. Jadi butuh kesabaran, karena menulis tutorial tidak semudah membacanya. Begitu juga dengan belajar melalui tutorial ini. Jika kamu pemula, nantinya bakal banyak hal yang belum kamu pahami. Tanyakan saja, jangan malu-malu yah ^_^

Selanjutnya: Membangun Website dengan CSS (Bagian 2)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia