Featured Post

Perlengkapan Naik Gunung yang Perlu Disiapkan Sebelum Mendaki

Quotes naik gunung memang belakangan tahun terakhir bertebaran di media sosial. Mulai dari puitis, romantis, hingga lucu. Sebenarnya quotes mendaki gunung sudah aja sejak zaman dahulu, bahkan di awal tahun 2000. Contohnya di lirik lagu Arjuna mencari cinta milik Dewa 19. Jika kamu berkeinginan hendak menjadi pendaki gunung pemula. Atau kamu hendak mendaki gunung untuk sekian kalinya, kamu perlu mempersiapkan fisik dan beberapa perlengkapan naik gunung. Berikut perlengkapan naik gunung yang perlu kamu siapkan.

Perlengkapan Naik Gunung yang Perlu Disiapkan

Perlengkapan naik gunung merupakan hal yang penting sebelum melakukan proses pendakian gunung. Toko-toko yang jual perlengkapan gunung saat ini juga sudah mulai bermunculan sehingga memudahkan kamu untuk memilih perlengkapan terbaik. Lantas perlengkapan apa saja yang perlu dipersiapkan. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini. 

1. Tas gunung atau tas carrier

Perlengkapan pertama yang wajib kamu bawa saat mendaki gunung ialah tas gunung atau tas carrier. Dengan membawa tas gunung, kamu bisa menyimpan beberapa perlengkapan lainnya seperti tumbler, pakaian, perlengkapan logistik, laptop dan lainnya. Meski tas gunung memiliki fungsi layaknya tas kantor atau tas sekolah. Namun bukan berarti tas sekolah atau tas kantor dapat digunakan untuk proses pendakian.  Tas gunung di desain khusus untuk pendakian gunung karena dibuat dari bahan yang tahan akan suhu gunung. Selain itu tas gunung di desain memiliki bobot yang ringan sehingga nyaman di pundak meski digunakan berjam-jam,  Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa memperhatikan beberapa rekomendasi berikut ini.

  • Eiger Alpaca lite 10.10 backpack yang dijual dengan harga Rp109.000
  • Eiger Z-Diario Frontera 25L 3F laptop backpack yang dijual dengan harga Rp439.000 
  • Eiger Escapade 20 WS backpack yang dijual dengan harga Rp549.000.

2. Pakaian

Perlengkapan kedua, kamu perlu membawa pakaian mulai dari celana dalam, celana, baju, hingga jaket gunung. Minimal kamu membawa pakaian setidaknya tiga stel pakaian, agar memberikan kenyamanan kamu ketika proses pendakian. Serta mencegah biang keringat, jamur kulit, dan penyakit kulit lainnya ketika tubuh kamu berkeringat. Untuk jaket gunung sendiri, kamu cukup membawa satu jaket saja. Jika kamu sedang mencari rekomendasi baju untuk naik gunung, kamu bisa membeli Eiger MT. Leuser LS Baselayer T-Shirt. Harganya cukup bersahabat yaitu dijual dengan harga Rp239.000. Untuk jaket, kamu bisa memilih Eiger Promptitude 1.1 Jacket sebagai pilihan terbaik kamu. Harganya sendiri cukup ramah di kantong, hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp769.000, kamu sudah mendapatkan jaket gunung dengan desain dan material terbaik.

3. Matras

Perlengkapan ini wajib kamu bawa, sebagai alas tidur. Untuk rekomendasi matras terbaik, kamu bisa memilih Eiger matras cacing yang dijual dengan harga Rp109.000. Atau bisa juga memilih Eiger foldable mattress yang dijual dengan harga Rp299.000.

4. Tenda

Perlengkapan selanjutnya, kamu perlu membawa tenda sendiri, sebagai tempat tidur atau beristirahat. Jika kamu sedang mencari tenda gunung dengan kapasitas empat orang, kamu bisa memilih Eiger Stover 4P Tents sebagai pilihan terbaik kamu. Tenda ini jual di kisaran harga mulai Rp2,2 jutaan saja.

5. Trekking pole

Perlengkapan ini bagi sebagian pendaki gunung dianggap tidak penting. Padahal fungsi dari alat ini sangat banyak. Mulai dapat mengurangi nyeri lutut saat pendakian hingga menjaga keseimbangan ketika melintasi medan yang cukup curam. Jika kamu tertarik menggunakannya, kamu bisa membeli Eiger trekking pole 3 section A pole yang terbuat dari material bahan aluminium alloy. Harganya sendiri cukup murah yaitu dijual dengan harga Rp290.000.

6. Sepatu gunung

Untuk menjaga selip karena pasir atau tanah yang basah dan berlumpur akibat hujan.kamu perlu menggunakan sepatu gunung untuk melewati medan pendakian. Jika Ada tertarik, kamu bisa memilih sepatu Eiger Stingray 1.0 yang dijual dengan harga Rp999.000.

Demikian beberapa perlengkapan gunung yang perlu kamu persiapkan sebelum proses pendakian.  Semoga pendakian kamu aman, nyaman dan menyenangkan.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments