Featured Post

Inilah Fungsi Kawat Seling di Dunia Industri

Sling atau biasa dikenal dengan nama kawat seling merupakan material penting dalam dunia industri. Benda yang juga sering disebut wire rope ini punya peranan penting sebagai tali industri. Seperti diketahui, dalam praktik lapangan tali merupakan hal penting terutama untuk alat penarik beban. Tidak seperti jenis lainnya, sling punya kemampuan khusus sehingga bisa digunakan di alat berat.

Alasan mengapa sling ini dapat digunakan sebagai alat pengangkut beban adalah karena memang alat tersebut dibuat dari material baja. Alhasil, kekuatan yang dimilikinya dapat berlipat-lipat dibandingkan jenis tali lainnya. Berkat kemampuan serta kualitasnya tersebut, wire rope atau sling ini dapat diterapkan di berbagai bidang industri seperti berikut ini.

Fungsi Kawat Seling di Berbagai Industri

Apabila dilihat dengan saksama, wire rope penggunaannya sangatlah luas dan mudah diterapkan di kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh alat tersebut banyak digunakan dalam industri pertambangan, penangkap ikan, bidang konstruksi bangunan, sampai dengan alat telekomunikasi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya tentang hal tersebut.

1. Perkapalan

Contoh penerapan sling pertama adalah dalam dunia perkapalan. Salah satu contoh mudah aplikasinya adalah untuk penarik kapal menuju ke galangan atau dermaga. Senada dengan hal itu, kawat tersebut juga dapat digunakan untuk menarik kapal yang mengalami kerusakan. Kekuatan material baja yang dimiliki oleh wire rope tersebut sangat kuat sehingga dapat menarik kapal dengan baik.

Selain itu, kawat sling juga bisa diterapkan di mesin crane untuk membuat proses pengangkutan kontainer peti jadi lebih mudah. Sling juga bisa Anda temukan pada pengikatan barang berukuran besar di kapal tongkang. Jadi, terbilang fungsi kawat ini di dunia perkapalan sangat banyak sekali.

2. Perikanan

Selanjutnya, wire rope juga sering digunakan oleh para nelayan saat sedang melaut. Tepatnya, kawat tersebut digunakan untuk membantu proses pengangkatan jala ikan. Seperti diketahui, jala yang digunakan nelayan besar melaut bebannya cukup berat. Belum lagi nanti masih ditambah dengan hasil tangkapannya, tentu beban yang perlu diangkat bisa mencapai berton-ton.

Oleh karena itu, karena kawat ini punya kekuatan yang sangat besar, semua beban tersebut dapat diangkat dengan baik tanpa mengalami masalah. 

3. Perminyakan dan Gas Alam

Wire Rope juga kerap kali dilibatkan dalam proses pengeboran dan eksploitasi gas alam. Penerapannya adalah sling digunakan untuk komponen drilling line. Nantinya, sling dapat membantu dalam proses pengeboran ke dalam tanah. Kekuatan serta ketahanan yang dimiliki oleh alat tersebut tentu dapat membuat pengeboran berjalan lebih lancar. 

4. Konstruksi Bangunan

Dalam dunia konstruksi peranan wire rope ada banyak sekali. Sebagai contoh, lift di dalam gedung dapat bergerak naik dan turun karena menggunakan bantuan dari sling tersebut. Tidak hanya itu saja, dalam pembuatan jembatan sampai dengan pemasangan paku bumi juga menggunakan material kawat sling.

5. Telekomunikasi

Terakhir, sling juga punya peranan di dalam bidang telekomunikasi. Hal itu dapat dilihat pada bagian tower pemancar sinyal. Sinyal dapat terkirim dan berfungsi dengan sempurna karena bantuan dari wire rope sebagai tower. Alhasil, Anda bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan lancar tanpa mengalami gangguan berarti setiap hari.

Demikian tadi adalah berbagai macam kegunaan kawat seling di dalam dunia industri. Dengan menggunakan bantuan dari sling, berbagai kegiatan sehari-hari ataupun industri dapat terbantu. Untuk Anda yang ingin membeli kawat sling atau peralatan angkat berat lain berkualitas, segera saja beli peralatan tersebut di asmarines.com.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments