3 Jun 2016

Trik Agar Anak Mau Makan Sayur

Sebagai orang tua kita pasti menginginkan anak kita berkembang dengan baik. Para orang tua akan berusaha memberikan asupan makanan terbaik bagi anaknya. Hal ini memang dikarenakan makanan sehat untuk anak sangat penting. Perkembangan tubuhnya tergantung dari apa yang dimakan. Makanan yang sehat bagi anak-anak memang terkadang tidak disukai. Contohnya adalah sayuran. Kebanyakan anak memang tidak menyukai sayur. Padahal sayur memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi pertumbuhan anak-anak. Pasti kalau sudah begini para orang tua akan khawatir.

Membiasakan anak untuk makan sayur memang bukan perkara mudah. Tapi bukan berarti sama sekali tidak bisa dicoba. Ada beberapa trik yang dapat dilakukan agar anak terbiasa memakan makanan sehat terutama sayur.

Kenalkan Makanan Sehat Sejak Dini

Bayi mulai makan sejak umur enam bulan. Nah di saat inilah para orang tua dapat mulai mengenalkan makanan sehat terutama sayur dan buah-buahan. Jika dari kecil sang anak terbiasa merasakan sayur, maka ketika sang anak semakin besar akan lebih mudah untuk menyukai sayuran.

Mengolah Sayur Menjadi Hidangan Unik

Jika memang sudah terlambat mengenalkan makanan sehat sejak dini, maka para orang tua harus lebih kreatif dalam mengolah sayuran agar terlihat lebih menarik bagi anak-anak. Kita bisa membuat nugget sayuran yang dicampur dengan sedikit daging, sehingga sang anak tidak sadar bahwa yang dimakannya ternyata adalah sayuran. Bisa juga dengan membuat tempura sayur. Atau memasak sayur dengan olahan daging yang disukai anak.

Memilih Sayuran yang Rasanya Enak

Salah satu hal yang membuat anak-anak tidak menyukai sayuran adalah karena rasanya yang kurang enak dan cenderung pahit. Padahal bagi orang dewasa rasa pahit dalam sayuran justru terasa nikmat. Beda dengan anak-anak yang memang lebih menyukai rasa manis. Kalau sudah begini maka untuk mengenalkannya pada sayuran kita harus mencari sayuran yang tidak memiliki rasa pahit. Contohnya adalah brokoli, buncis, sawi putih, wortel, dan masih banyak lagi sayuran yang tidak memiliki rasa pahit.

Mencampur Sayuran dan Buah

Bagi anak-anak, memakan buah-buahan lebih disukai. Hal ini dikarenakan buah-buahan memiliki rasa yang lebih enak dari pada sayur. Untuk itu kita dapat membuah jus buah dan sayur. Pilihlah sayuran yang tidak memiliki rasa pahit, agar ketika dicampur dengan buah tidak terasa pahit. Olahan lainnya yang bisa dicoba adalah dengan membuat salad buah dan sayur. Para orang tua juga dapat mecoba membuat puding sayur dan buah.

Memiliki anak yang tidak menyukai sayur memang terkadang membuat para orang tua kesal. Tapi kita tidak bisa memaksa anak untuk memakan makanan yang tidak disukainya. Jadi kita harus mencari cara halus agar sang anak mau memakan sayur tanpa harus dipaksa. Jangan putus asa untuk membuat anak-anak memakan makanan sehat. Semakin dewasa sang anak biasanya mereka akan sadar bahwa sayur adalah makanan yang sehat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia