20 Jan 2016

Alasan Saya Lama Menjawab Komentar

Ngeblog adalah perkara yang tidak akan pernah selesai dan memang menghabiskan banyak waktu. Percaya tidak? Kalau kamu tidak percaya, silakan kamu coba sendiri. Kamu akan tahu bagaimana menyusun sebuah tulisan yang layak baca bisa memakan waktu yang cukup lama.

Kesempurnaan dalam tulisan pun tak 'kan pernah tercapai. Karena jika kamu ingin mencapai kesempurnaan tulisan lalu kamu publikasikan, maka sampai kapanpun kamu tidak akan jadi mempublikasikan tulisanmu. Itu terbukti dan terjadi pada teman SMA saya yang juga seorang blogger. Dia menulis dengan sangat teliti dan perfeksionis, jika saya lihat. Dia pernah cerita pada saya bahwa untuk menghasilkan tulisan dia butuh berminggu-minggu hingga kadang ada tulisan yang selesai berbulan-bulan. Bayangkan, hanya satu tulisan saja bisa selama itu. Bandingkan dengan saya? Saya hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk satu tulisan gaya mabuk. Hehe.

Dulu, saat pertama kali ngeblog memang lama dalam menulis. Bahkan butuh waktu lebih dari 3 jam untuk menyelesaikan satu tulisan. Bahkan pernah saya mendapatkan job review, waktu itu tahun 2014 awal, saya menghabiskan waktu seharian untuk menyelesaikan artikel yang panjangnya hanya 300 kata. Untungnya, sekarang tidak begitu lagi.

Meskipun kecepatan menulis saya sudah semakin meningkat, namun tetap saja waktu yang saya sediakan untuk ngeblog masih saja kurang. Saya harus memperhatikan blog-blog saya yang lainnya, selain blog ini. Apa saja yang saya perhatikan? Mungkin blogger lain berpikir, ngeblog ini hanya wilayah menulis dan menulis saja. Padahal tidak. Ngeblog itu menyangkut banyak hal yang harus dikuasai. Promosi dan meningkatkan kualitas blog itu juga penting. Pernah dengar seseorang bosan ngeblog? Pasti lah, bahkan banyak. Pernah tanya mengapa? Karena kebanyakan mereka tidak mendapatkan yang apa dia inginkan dari aktivitas ngeblog.

Ngeblog butuh kemampuan melihat tren sekitar. Promosikan artikel yang baru saja kamu tulis di tempat yang tepat, jangan sampai terkesan spamming. Dan itu menghabiskan lebih banyak waktu daripada menulis. Apalagi meningkatkan ranking blog berupa rampingnya Alexa Rank dan semakin tingginya skor Domain Authority. Itu juga sangat sangat menghabiskan waktu. Kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan blogwalking ke blog-blog yang memiliki kualitas bagus. Mencari blog target blogwalking juga menghabiskan waktu. Haha. Intinya semua perlu waktu yang tidak sedikit.

Hal di atas itulah yang akhirnya membuat fokus saya tertuju pada pengembangan blog. Untuk urusan komentar dan sejenisnya, saya kerjakan ketika saya lagi santai dan buntu ide menulis. Jadi sangat wajar jika di blog ini sampai ada 100 komentar lebih yang belum saya moderasi. Jadi begitulah alasannya. Mungkin jika mengurus satu blog saja masih sempat setiap hari mengecek komentar. Sayangnya saya punya 9 blog lebih. Jadi, bisa kamu pahami sendiri lah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia