7 Okt 2015

Cara Terbaru Menyimpan Gambar Instagram Tahun 2015

Tahun lalu, tepatnya tahun 2014, saya sudah membuat artikel tentang cara mudah menyimpan gambar dari Instagram. Saya buat sampai dua versi, versi pertama yaitu versi Desktop, versi kedua versi mobile (ponsel).

Namun, ternyata cara yang sudah saya tulis itu tidak bekerja lagi. Instagram melakukan update pada sistemnya sehingga sulit untuk menyimpan foto dari Instagram. Hal ini saya ketahui dari temanku yang berkomentar di entri sebelumnya.

Karena penasaran, akhirnya saya cek apakah benar atau tidak Instagram melakukan update sistem. Ternyata Instagram memang punya sistem baru untuk memuat gambar. Setelah 5 menit berkecimpung di situs Instagram, akhirnya saya menemukan celah untuk menyimpan foto dari Instagram. Penasaran 'kan bagaimana caranya? Di artikel ini saya akan menunjukkan pada kamu cara menyimpan foto Instagram di desktop maupun di ponsel. Caranya mudah.

Cara Mudah Menyimpan Foto Instagram di Desktop

Sebenarnya tidak sulit untuk menyimpan gambar dari Instagram. Hal yang pertama kamu lakukan adalah melakukan browsing gambar di Instagram yang akan kamu simpan. Misalnya gambar target yang akan saya simpan adalah salah satu foto di Instagram @juvmom. Buka tautan ini di browser kamu https://instagram.com/juvmom/. Browser apa saja bisa, saya sudah mengetesnya di Mozilla Firefox dan Google Chrome. Demo kali ini saya menggunakan Google Chrome dengan alamat foto Instagram https://instagram.com/p/6YVaaCEx5y/.


Setelah halaman termuat sempurna, klik pada "Menu" pilihan "File > Save Page As ..." atau kamu bisa menggunakan shortcut "Ctrl S" (di Windows) maupun "Command S" (di Mac OS).


Setelah itu akan keluar jendela konfirmasi penyimpanan seperti gambar di bawah ini. Tentukan lokasi untuk menyimpan halaman website tersebut.


Setelah itu tekan "Save". Halaman HTML beserta dengan file pendukungnya akan tersimpan pada folder yang kamu pilih. Setelah itu buka folder tersebut. Kamu akan melihat ada 2 item. Satu file adalah file HTML, satunya lagi adalah folder yang berisi file pendukung.


Bukalah folder pendukung tersebut. Maka kamu akan melihat banyak file. Nah, file gambar target sudah ada di dalam folder tersebut. Biasanya file gambar hasil Save tersebut bernama dengan angka-angka "11313781_1082422988451819_1729675616_n.jpg" seperti demo di bawah ini.


File gambar tersebut ukurannya juga besar loh, dimensinya 750x750 piksel. Berikut ini ada preview-nya.


Bagaimana? Sangat mudah bukan? Saya yakin orang awam pun bisa melakukan ini. Kamu juga bisa menyimpan sekaligus banyak foto dari profil Instagram seseorang dengan cara tujulah profil Instagram target kamu. Setelah itu lakukan trik di atas yaitu menyimpan halaman menggunakan "Save Page As...". Tujulah folder pendukung hasil simpanan tadi, maka kamu akan melihat banyak gambar tersimpan di sana.

Berikutnya adalah cara menyimpan gambar di Instagram melalui ponsel Android. Hal ini juga bisa dipraktikkan menggunakan ponsel iPhone. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Cara Mudah Menyimpan Foto Instagram di Ponsel Android

Setelah saya menemukan cara menyimpan foto di Instagram melalui desktop, saya penasaran dengan cara menyimpan foto Instagram melalui ponsel. Saya mencoba beberapa browser yang ada di ponsel Android saya. Mulai dari Chrome Mobile, Firefox Mobile, hingga UC Browser. Namun, dari ketiga percobaan saya, hanya UC Browser lah yang bisa menyimpan foto dari Instagram. Penasaran bagaimana caranya?

Pertama, jika kamu belum mempunyai UC Browser, unduhlah UC Browser dari Google Play. Jika kamu menggunakan iPhone, unduhlah dari App Store. Setelah kamu sudah memasang UC Browser, bukalah aplikasi tersebut lalu ketiklah pada navigasinya alamat foto Instagram target yang akan kamu simpan. Sebagai contoh, saya akan menyimpan foto Instagram dengan alamat https://instagram.com/p/6YVaaCEx5y/.


Setelah itu tekan pada gambar dan tahan hingga muncul menu seperti di bawah ini. Pilih "Save Image".


Maka akan keluar jendela popup untuk konfirmasi penyimpanan dengan nama apa dan di folder mana. Setelah itu pilih "OK".


Ketika unduhan selesai maka akan keluar tombol "Open". Silakan kamu klik tombol tersebut untuk melihat foto yang sudah disimpan dari Instagram.


Berikut ini adalah hasil simpanannya.


Kamu juga bisa mengecek kualitas dari foto yang kamu dapatkan dari Instagram tersebut dengan melihat detail gambar.


Sangat mudah bukan? Selamat mencoba :)

13 komentar:

  1. Udah tak coba, John. Dan sukses! Cara ini bisa dibilang lebih mudah, tapi juga lebih ribet. Lebih mudah, karena nggak perlu inspect element. Tapi juga lebih ribet, karena harus save folder, milih yang dibutuhkan, lalu membuang sisanya. Tapi nggak apa-apa, daripada pusing karena nggak bisa save sama sekali. Thank, John. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Hoed, mau gimana lagi :D
      hanya ada cara itu, Instagram makin hebat sistemnya

      Hapus
  2. Iya mudah banger, tp kenapa sih yg dishare brownies Amanda :'(((

    Pengin nunggu bisa upload foto ke IG lewat desktop

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, emang kenapa dengan brownies Amanda mbak? :D

      kayaknya ga bakal ada fitur itu deh
      kalo sampe ada, Instagram bisa kualahan sama spammer

      Hapus
  3. Terim akasih ya info menympan gambarnya, memang agak susah untu save gambar dari IG, kalau dari ponsel biar cepet biasanya aku capture aja trus crop :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake ponsel pake UC Browser aja mbak, lebih cepat

      Hapus
  4. Wah sayangnya, saya gak punya akun instagram mas. Tapi simpan gambar orang lain gak papa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahuku sih tidak apa2, asal tidak dipublikasikan kembali

      Hapus
  5. Ada lagi aplikasi namanya Regrann (huruf 'n' dobel), itu buat duplikasi konten, teks beserta gambarnya ke akun instagram kita sendiri, tapi aplikasi itu otomatis menyebutkan sumber dari mana konten itu diambil, jadi insya Allah malah bikin seneng si pemilik gambar/konten karena dimention.

    Gambar di Instagram emang bagus-bagus sih ya, kadang suka gatel mau memiliki juga, huehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yah?
      saya baru tahu
      maklum belum lama main di Instagram

      Hapus
  6. Kalau saya biasa ngambil gambar di instagram pakai crome dengan membuka kode htmlnya tinggal tekan tombol ctrl + u. Lalu cari file gambar yang akan diambil :D simpel cuma kalau gg biasa mungkin akan kesulitan

    BalasHapus
  7. wah, ini dia yang saya cari.. nanti dicobain deh.
    Makasih infonya ya :)

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia