22 Jul 2015

Pengalaman Monetasi Game Tebak Gambar di Android

Beberapa macam peruntungan saya coba untuk menghasilkan uang dari internet. Mulai dari membuat template blog atau website, lalu memasang iklan hingga mengerjakan job review. Beberapa bulan yang lalu, tepatnya Januari 2015, saya mencoba peruntungan melalui game Android.

Hal ini sebenarnya terinspirasi dari kakak ipar saya yang cukup dibilang berhasil dalam mendulang dollar melalui game. Jika dikonversikan dalam bentuk rupiah, kakak ipar saya bersih mendapat 25 juta dari AdMob, salah satu pengiklan di game ponsel Android.

Tapi, semua itu sebenarnya adalah tergantung rejeki masing-masing. Saya mencoba mengikuti jejak kakak ipar saya, namun tidak sebesar itu pendapatannya. Memang memanfaatkan momen yang pas itu perlu dan analisanya cukup rumit. Ketika momennya pas, maka tidak dielak lagi kamu bisa mendulang banyak pundi dollar dari game.

Meniru Game Tebak Gambar

Siapa bilang meniru tidak laku? Sebagian besar game itu konsepnya adalah meniru. Meniru yang sudah ada penggunanya/pasarnya. Maka untuk memulai, saya pun harus meniru. Salah satu game yang saya tiru adalah game Tebak Gambar.

Tebak Gambar adalah salah satu game yang disukai oleh orang Indonesia. Saya pun tidak merasa takut untuk tidak laku. Karena soal yang ada pada game tentu saja berbeda. Tentu ketika orang yang bermain game Tebak Gambar kehabisan soal, dan mereka masih haus dengan soal tebakan, tentu akan mengunduh game buatan saya, The New Tebak Gambar.

Buktinya, saya bisa melihat statistik game buatan saya yang makin hari makin naik, walau naiknya tahap demi tahap. Dan game buatan saya yang awalnya berada pada urutan 72 (dengan kata kunci Tebak Gambar), kini sudah berada di urutan 9 dalam jangka waktu 7 bulan. Cukup lama memang.

Total diunduh 5.967 kali

Game buatan saya ini sudah diunduh sebanyak 5.967 kali. Dan akan terus bertambah setiap harinya.

Pengguna aktif 1.183 orang

Pengguna aktifnya masih 1.183 orang dan akan terus bertambah setiap harinya. Dengan statistik yang seperti ini, game buatan saya ini menghasilkan dollar tidak sebanyak punya kakak ipar saya. Jelas, karena pemain game buatan kakak ipar saya sudah menyentuh angka lebih dari 500 ribu kali diunduh dan pengguna aktifnya mencapai 50 ribu orang.

Dollar dari The New Tebak Gambar


Hasil monetasi game The New Tebak Gambar

Dalam sebulan, game saya ini menghasilkan kira-kira $10. Lumayan lah untuk projek iseng. Mungkin saya harus lebih semangat lagi membuat game baru agar bisa menambah penghasilan ini. Namun, hingga saat ini saya masih belajar membuat game dengan beberapa framework yang ada.

Sekilas Tampilan Game Tebak Gambar Buatan Saya

Berikut ini adalah sekilas game Tebak Gambar buatan saya. Ada gambar petir yang menandakan energi atau kesempatan yang bisa digunakan untuk menjawab soal. Jika jawaban kamu benar, maka akan bertambah dua. Setiap kali kamu membuka soal tebakan, akan berkurang 1 petir.

Tampilan The New Tebak Gambar

Di atas adalah salah satu soal level 6. Ada gambar kayu yang dibakar lalu keluar asap, di bawahnya ada gambar rok dan tulisan "OK". Bisa tebak jawabannya apa? Jawabannya adalah asap rokok.

Selain itu, ada fitur "Tanya" yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu saat buntu. Di bagian bawah gambar ada countdown timer yang akan memacu adrenalin kamu. Jika sisa waktu habis, maka secara otomatis kamu akan kalah.

Jika kamu penasaran, kamu bisa mencoba game buatan saya ini dengan mengunduhnya di Play Store. Cari saja dengan kata kunci "Tebak Gambar", lalu pilih yang paling mencolok, ikon yang berwarna pink. Selamat mencoba :)

3 komentar:

  1. menarik mas artikelnya, saya zakky, salam kenal, kalau boleh tau itu withdraw dari admob via apa ya mas? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. withdraw nya via western union
      bisa dicairin di kantor pos :D

      Hapus
  2. gan boleh tau tutorialnya dimana aja ??gk ane dh punya akun godev tapi bingung mau aplikasi apa hehe salam kenal blogger juga ane hehe.

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia