25 Sep 2014

Cara Mendapatkan Gambar Berlisensi Gratis dari Google

Cara Mendapatkan Gambar Berlisensi Gratis dari Google
Ngeblog terkadang menuntut kamu untuk memberikan gambar ilustrasi di entri yang kamu tulis. Namun, tentu saja jika membutuhkan ilustrasi, maka secara otomatis kamu akan berurusan dengan hak cipta apabila kamu mengambil gambar orang lain untuk sebuah ilustrasi.

Pernahkah kamu memikirkan mengenai lisensi dari gambar yang kamu ambil? Jangan berpikir jika kamu mengambil gambar dari Google lalu kamu bebas menggunakannya. Tidak semua yang ada di pencarian gambar Google itu gratis. Google pun mengakui bahwa lisensi dari setiap gambar hasil pencarian dikembalikan pada pemilik aslinya.

Jadi kamu harus hati-hati dalam mengambil gambar untuk ilustrasi. Bisa jadi gambar tersebut tidak berlisensi gratis. Banyak sekali macam lisensi yang ada saat ini; mulai dari GPL, MIT, dsb. Ada gambar yang berlisensi gratis, namun tidak boleh dikomersialkan. Ada lagi yang gratis, boleh dimodifikasi, dan dikomersialkan.

Karena sangat banyaknya lisensi yang ada, maka di entri kali ini saya akan menunjukkan cara mendapatkan gambar berlisensi gratis dari Google. Tidak hanya dari Google saja, kamu bisa mendapatkannya dari Flickr dan situs stok foto lainnya. Penasaran bukan bagaimana caranya?

Cara Mendapatkan Gambar Berlisensi Gratis dari Google

Untuk mendapatkan gambar berlisensi gratis dari Google, kali ini saya akan merujuk ke sebuah situs. Fungsi situs ini adalah memfilter jenis gambar berdasarkan lisensinya. Pertama, buka situs CC Search yang beralamat di http://search.creativecommons.org/.

Cara Mendapatkan Gambar Berlisensi Gratis dari Google
CC Search

Kemudian, perhatikan pada bagian "I want something that I can... ", centang keduanya.

Cara Mendapatkan Gambar Berlisensi Gratis dari Google
Pilih keduanya

Dengan mencentang kedua pilihan tersebut, kamu bisa menggunakan file tersebut untuk kepentingan komersial. Dan yang paling penting lagi, kamu bisa memodifikasinya. Setelah itu, masukkan kata kunci pencarian yang kamu inginkan. Misalkan, dalam kasus ini saya mencari gambar "gunung" di Google. Tentunya dengan lisensi gratis. Berikut ini hasilnya.

Cara Mendapatkan Gambar Berlisensi Gratis dari Google
Pencarian Gambar Gunung

Tidak hanya di Google saja, kamu bisa menemukan hal ini di Flickr, Fotopedia, Open ClipArt Library, dsb. Yang lebih kerennya lagi, tidak hanya gambar; kamu bisa mendapatkan media lainnya seperti musik dan video yang gratis.

Sangat mudah bukan? Tentu kamu bisa menerapkannya dengan mudah. Dengan adanya CC Search ini, kamu tidak perlu bingung dengan lisensi untuk ilustrasi tulisan di blog kamu. Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya. Selamat mencoba :)

14 komentar:

  1. Wah,,,,, matap juga nih Kang, jadi bisa terus berkarya dengan tulisan ya....

    Salam

    BalasHapus
  2. Saya kadang suka miris dengan orang yang membajak design. atau hasil karya cipta lainnya (T^T. mereka gak pernah membuat karya yang mereka ambil. apa mereka ga tahu betapa susahnya membuat itu. Paling gak kasih apresiasi dengan gak membajak. Kalau pun ingin mengunakan gambar tersebut, kan bisa bilang dulu ke si pemilik. Menurut ane pasti diijinkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ... beberapa orang melegalkan cara yang instan namun ilegal

      Hapus
  3. Info yang bermanfaat bro..apalagi mengenai hak cipta ini sekarang jdi isu yg sensitif

    BalasHapus
  4. cocok nih buat yg blog berita bola nyari yg gratis hehehe

    BalasHapus
  5. Jadi kalau menggunakan gambar yang berlisensi(tidak gratis), apa dampaknya bagi blog?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakal diemail sama Google
      kalo tidak mengindahkan, kalo menggunakan Blogger, blognya akan dihapus :D
      kalo pake selain Blogger, akan kena pinalti ... mungkin deindex

      Hapus
  6. Wuh ngeri ya mas -_- untung blog aku yang baru udah ga pernah makek pic google main comot :D mueheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang :)
      makanya mending bikin ilustrasi sendiri
      aman

      Hapus
  7. Bagus gan artikelnya, ane nyari-nyari yang gretongan, gambarnya kurang memuaskan, tapi alhamdullilah nemu artikel ini :)

    BalasHapus
  8. makasi banget gan, artikelnya sangat ngebantu buat pemula kayak ane. yang bingung cara ngasih gambar yang aman

    BalasHapus
  9. Terima kasih Bang Is info nya, memang agak susah untuk cari gambar yang gratis, dan sesuai untuk Blog. Sukses selalu ...

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia