12 Apr 2014

10 Manfaat Ngeblog untuk Kesehatan

Jika kamu seorang blogger, jarang sekali kamu menyadari ternyata ngeblog juga punya manfaat untuk kesehatan. Saya bukan seorang dokter, namun saya bisa merasakan manfaat dari kegiatan ngeblog yang saya lakoni sehari-hari. Saya menulis manfaat itu berdasarkan pengalaman pribadi.

Ngeblog memang terkesan kegiatan yang biasa-biasa saja. Namun, ngeblog juga membawa banyak perubahan dalam diri seseorang. Ngeblog bisa mengubah cara pikir seseorang. Ngeblog juga bisa mengubah kebiasaan sehari-hari. Berikut ini adalah 10 manfaat ngeblog untuk kesehatan. Penasaran bukan?

10 Manfaat Ngeblog untuk Kesehatan

10 manfaat ngeblog untuk kesehatan yang saya tulis ini bersifat relatif. Tidak semua orang dapat menikmati manfaat ngeblog ini karena berbedanya gaya ngeblog. Jika salah satu atau beberapa poin tidak cocok untuk kamu, harap maklum.

1. Ngeblog Bisa Menghilangkan Stres

Percaya atau tidak, ngeblog ternyata bisa menghilangkan stres. Bagi kamu yang suka menulis atau karena pekerjaan menulis, kadang dikejar oleh deadline itu membuat kamu stres. Cara yang paling ampuh untuk menghilang stres tersebut, kamu bisa gunakan ngeblog untuk mengobatinya. Beberapa orang telah mencobanya. Ngeblog bisa meregangkan otakmu untuk memikirkan hal lain selain pekerjaanmu.

2. Ngeblog Bisa Menunda Pikun

Hal yang paling ditakuti oleh orang yang beranjak tua adalah gejala pikun. Salah satu cara menunda kepikunan adalah dengan tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Jika kamu seorang purnawirawan atau purna lainnya, kamu bisa menggunakan aktivitas ngeblog untuk menunda kepikunan. Karena asal-usul pikun ini dikarenakan aktivitas otak yang menurun dari sebelumnya.

3. Ngeblog Bisa Menghilangkan Kejenuhan

Jika kamu jenuh, cobalah untuk menuliskan hal-hal yang menyenangkan. Kejenuhan itu akan berkurang pelan-pelan. Misal kamu jenuh dengan pekerjaan kamu, kamu bisa ngeblog untuk menghilangkan kejenuhan ini. Ingat, ngeblog itu tidak hanya menulis, tapi juga melakukan kunjungan ke blog-blog lain. Kamu tinggal buka Google, lalu cari blog yang semisal dengan yang kamu ingin baca.

4. Ngeblog Bisa Menghilangkan Kesedihan

Kesedihan adalah sesuatu yang pasti dalam hidup ini. Namun, bukan berarti kesedihan itu akan terus berlarut-larut. Coba hilangkan kesedihannya dengan ngeblog. Kamu bisa menuliskan masalah yang kamu alami di blog kamu. Rasakan efeknya. Ingat, untuk menulis kesedihan ini, coba batasi. Tidak semua kesedihan harus dipublikasikan di khalayak umum. Kamu bisa membuat blog privat untuk kasus ini.

5. Ngeblog Bisa Melipatgandakan Rasa Bahagia

Percaya tidak percaya, ngeblog bisa melipatgandakan rasa bahagia yang sedang kamu alami. Misalkan saja hari ini kamu sangat bahagia karena kelahiran bayi pertama kamu. Lalu berita itu kamu tulis di blog kamu. Jika kamu blogger yang aktif, tentu saja akan banyak komentar yang isinya mendoakan bayi kamu. Tentu kamu akan lebih merasa bahagia karena ucapan selamat ini.

6. Ngeblog Melatih Otak untuk Kreatif

Bagi orang yang ngeblog serius dan tidak menyalin artikel orang lain, ngeblog dapat melatih otak untuk kreatif. Bagaimana tidak, otak kamu mau tidak mau harus merangkai kalimat sebagus mungkin agar bisa dinikmati oleh pembaca setia blog kamu. Selain itu, ngeblog tidak hanya sebatas menulis, ngeblog juga menyangkut mendesain tampilan blog kamu. Di sinilah letak kreativitasmu untuk menghias blog kamu sebagus mungkin.

7. Ngeblog Bisa Membuat Langsing

Hah? Apa benar ngeblog bisa membuat langsing? Ngeblog bisa membuat kamu yang suka nyemil hampir lupa untuk nyemil. Hal ini saya alami sendiri, saya bisa lupa makan ketika asyik di depan laptop menulis artikel. Mungkin beda lagi jika kebiasaanmu malah nyemil ketika menulis. Haha.

8. Ngeblog Bisa Menyembuhkan Insomnia

Apa benar ngeblog bisa menyembuhkan insomnia? Coba cari penyebab insomnia kamu. Insomnia biasanya disebabkan karena hati yang gundah. Selain itu juga bisa karena otak kita lagi memikirkan banyak masalah yang sedang dihadapi. Ngeblog bisa melupakan sejenak masalah yang sedang kamu hadapi. Dengan lupa sejenak ini, biasanya rasa kantuk akan menghampirimu.

9. Ngeblog Menjadi Terapi untuk yang Malas Membaca

Percaya atau tidak, ngeblog memang punya efek terbesar dalam kehidupan membacaku. Dulu buku tebal 80 halaman saja susah saya selesai dalam seminggu. Hal ini dikarenakan karena malas membaca. Namun, ketika ngeblog, saya mulai suka membaca. Hampir tiap pagi saya membaca setidaknya 5 artikel dari blog langganan saya.

10. Ngeblog Bisa Menambah Semangat

Ngeblog ternyata bisa menambah semangat hidup kamu. Bagaimana tidak, melalui kegiatan ngeblog ini kamu bisa mendapatkan teman bahkan calon istri. Selain itu jika kamu blogger yang aktif, maka tidak jarang kamu akan mendapatkan tawaran menulis berbayar. Tentu dengan menghasilkan uang melalui ngeblog ini akan menambah semangat hidup kamu. Benar, 'kan?

Itulah 10 manfaat ngeblog untuk kesehatan versi Iskael. Kamu mau menambahkan? Silakan komentar di bawah ini :)

13 komentar:

  1. lah kalau ngeblog suatu pekerjaan justru malah bisa mendatangkan stress kalau lagi jenuh dan ga dapet/punya bahan tulisan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, ga juga yo :D
      aku ngeblog juga pekerjaan, tapi ga stress

      Hapus
  2. Tambahin lagi dong kak, seharusnya masih banyak tuh yang belum disebutin :D

    BalasHapus
  3. kalau tau blognya lagi error yang ada malah stress kak. Tapi dari itu kita bisa belajar kalau ngeblog bisa membuat kita terus memperjuangkan apa yang kita mau dan memperbaiki masalah yang ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya ... apa2 kalo error emang bikin stress berat :)

      Hapus
  4. Apa yg anda katakan memang ada benarnya , tapi entah kenapa kadang saya ketika ngotak atik blog yg saya sendiri tanpa basic itu menjadi buntu , tapi sy perhatikan semua yg tersaji diblog ini semua segi sangat membantu . Apakah ada tips untuk masalah saya tersebut dari admin..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya adalah dengan meminta bantuan orang lain pak :)
      bapak bisa gabung dengan komunitas para blogger untuk mendapat banyak bantuan mengenai masalah2 ngeblog :)
      dengan bantuan dari orang lain, saya rasa banyak masalah ngeblog yang bisa terselesaikan
      saya sendiri juga tergabung dalam komunitas blogger di grup2 Facebook

      Hapus
  5. Nomor 7----> Pantes aku nggak gemuk-gemuk :-D :-D

    BalasHapus
  6. yang nomer 7 kayanya ga berlaku buat gue wkwkwk

    BalasHapus
  7. Saya juga mmerasakan manfaat tersebut setelah saya jadi blogger

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia