11 Mar 2014

Cara Menambahkan Penulis pada Blogger

Blog tidak selalu hanya dikelola oleh satu orang saja. Terkadang ada blog yang dikelola oleh banyak orang. Blog Iskael ini juga merupakan salah satu blog yang dikelola oleh lebih dari satu penulis. Blog ini dikelola oleh dua orang, saya dan Enny Law.

Kelebihan blog yang dikelola oleh lebih satu orang ini adalah blog lebih berwarna karena mempunyai lebih dari satu gaya penulisan. Situs-situs besar seperti TechCrunch, Mashable, Detik, Kompas, lazimnya mempunyai banyak penulis. Tentu fungsi banyak penulis ini adalah agar berita terdistribusikan dengan cepat. Bisa kamu bayangkan jika semua itu ditulis oleh satu orang. Tentu akan kualahan.

Pada entri kali ini saya akan membagi kepada pembaca tentang cara menambahkan penulis pada Blogger. Normalnya, platform blog apapun mendukung fitur ini. Sudah tidak sabar bukan, berikut ini ulasannya.

Cara Menambahkan Penulis pada Blogger

Cara menambahkan penulis pada Blogger amatlah mudah. Pertama, kamu login pada dasbor akun Blogger kamu. Setelah itu klik bagian tab "Setelan". Lalu klik pada bagian "Dasar" seperti gambar di bawah ini.

Setelan > Dasar

Setelah itu perhatian pada bagian kanan "Penulis Blog" lalu klik "+ Tambahkan penulis".

Masukkan Email Calon Penulis

Kemudian masukkan email calon penulis blog kamu. Lalu klik "Undang penulis". Jika sukses, maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini.

Sukses

Jika kamu ingin membatalkan undangan, kamu bisa klik tombol "x" di bagian kanan kotak tersebut. Langkah selanjutnya adalah persetujuan dari orang yang diundang. Jika dia setuju, maka akan tampil seperti penulis-penulis di atasnya.

Admin - Penulis

Normalnya, penulis baru akan mendapatkan ijin sebatas "Penulis". Kamu bisa mengubahnya menjadi "Admin". Namun perlu diingat bahwa mengijinkan seseorang untuk menjadi "Admin" itu sangatlah riskan, karena jabatan Admin bisa mengotak-atik template blog kamu.

Begitulah cara menambahkan penulis pada Blogger. Mudah bukan? Selamat mencoba :)

4 komentar:

  1. yup, gampang banget ternyata caranya. makasi tutorialnya, mas iskael. :)

    BalasHapus
  2. enny masih aktif nulis john? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih yo :)
      cuma tulisannya belum dipublish :D
      pasti hasilnya setengah2
      cz mau nulis lengkap, bayinya udah keburu nangis
      hehe

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia