29 Jan 2014

10 Hal Penting Memilih Nama Domain

Memilih nama domain layaknya memilih nama untuk bayi. Seorang blogger tentu memilih nama domain yang terbaik untuk website atau blog-nya. Nama domain nantinya juga bisa digunakan untuk branding produk yang akan ditawarkan.

Di entri kali ini saya akan menunjukkan 10 hal penting dalam memilih domain. 10 hal penting ini perlu diketahui untuk blogger sebelum memutuskan membeli nama domain kustom untuk blog-nya.

10 Hal Penting Memilih Nama Domain

Sebenarnya ada banyak pertimbangan penting dalam memilih nama domain, namun saya sengaja hanya memilih hanya 10 saja. Dari 10 hal ini, sepertinya sudah mewakili poin-poin penting dalam memilih nama domain.

1. Jangan Menggunakan Angka Tahun

Jika kamu memilih nama domain untuk blog, maka jangan gunakan angka tahun. Penggunaan angka tahun ini akan membuat kesan bahwa blog kamu sudah tak lagi relevan jika tahun tersebut sudah berlalu. Namun, hal tidaklah mutlak. Ada kasus yang memang harus menggunakan angka tahun, misalnya: pejuang1945.com. Penggunaan angka tahun ini sengaja digunakan untuk mengesankan bahwa isi dari situs tersebut sebagian besar sejarah dan perjuangan di tahun 1945.

2. Hindari Menggunakan Angka Jika Perlu

Tak berbeda dengan poin pertama, penggunaan angka juga harusnya tidak diperlukan. Ada salah satu website dengan nama domain yang aneh menurut saya, angkasapura1.com. Awalnya saya kira penggunaan nama domain tersebut karena angkasapura.com sudah dipesan orang. Ternyata dugaan saya salah. Hal ini lebih karena disebabkan Angkasa Pura itu ada 2 bagian, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II. Namun, tetap saja penggunaan nama domain tersebut aneh menurut saya.

Berbeda dengan penggunaan angka di depan yang menunjukkan sebuah konsep, misalnya 9gag.com, 1cak.com, dan 8fact.com. Penggunaan angka di depan untuk kasus ini terhitung bagus menurut saya.

3. Pilih Nama Domain yang Unik

Nama yang unik membuat pengunjung mudah menghapal. Misalkan alamat blog ini, iskael.com. Unik bukan? Iskael bukanlah Israel. Iskael dibentuk dari kata Iska dan EL. Contoh lainnya adalah intikali.org, apple.com, facebook.com. Karena keunikah ini, Facebook rela membeli facebook.com dengan harga mahal. Sebelumnya Facebook berdomain thefacebook.com. Tentu kurang bagus apabila ada kata "the" di domain Facebook, mengingat Facebook adalah perusahaan raksasa.

4. Gunakan Nama Kamu Jika Digunakan Untuk Blog Pribadi

Penggunaan nama dalam nama domain juga menguatkan branding sebuah blog. Misalnya, budi.com, radityadika.com, dsb. Sayangnya kadang nama domain yang sesuai dengan nama ini sudah dipesan oleh orang lain yang mempunyai nama sama dengan kamu.

5. Jangan Gunakan Dash (-) Berlebihan

Bagusnya gunakan dash (-) dalam nama domain jangan lebih dari satu. Mengapa demikian? Penggunaan dash yang berlebihan terlihat kurang bagus. Adapun website yang menggunakan dash (-) cuma satu adalah css-tricks.com, mimic-project.com, dsb. Alasan penggunaan dash (-) ini adalah agar pengunjung mudah menghapal dan melafalkannya. Bayangkan jika hanya csstricks.com, maka kita pun kesusahan dalam membacanya ataupun mengetiknya di browser.

6. Sesuaikan Nama dengan Topik yang Dibahas

Memilih nama domain dengan topik yang dibahas sangat perlu. Misalkan website tersebut membahas soal kesehatan, maka gunakan nama yang berhubungan dengan kata kunci kesehatan. Namun hal ini tidak mutlak, kadang branding lebih diutamakan daripada menembak kata kunci pencarian.

7. Makin Singkat Nama Domain, Makin Bagus

Makin singkat makin bagus. Tentu kamu juga kesusahan apabila harus menghapal nama domain yang panjang. Bayangkan jika kamu harus menghapal nama domain tutorialblog.com atau tutorialbloglengkap.com. Tentu kamu akan mudah menghapal tutorialblog.com. Nama blog ini juga singkat, hanya iskael.com.

8. Umumnya Menggunakan Dot Com

Karena umumnya website itu menggunakan Dot Com, maka belilah domain Dot Com. Pernah ada kejadian yang lucu. Ada pemilik situs nul.is mengatakan pada seseorang bahwa blog-nya berdomain nul.is. Namun yang ditangkap oleh orang tersebut adalah nulis.com.

9. Usahakan Nama Domain Mudah Dieja

Bagaimana jika kamu mengunjungi website berdomain xdfggdhdh.com? Tentu saya tidak yakin kamu bisa menghapalnya setelah menutup tab browser. Maka dari itu, nama domain yang mudah dieja itu akan memudahkan pengunjung setiamu menghapal dan menghindari kesalahan penulisan nama domain.

10. Belilah Domain yang Sudah Berumur

Poin ke-10 ini sulit untuk diterapkan karena domain yang bagus biasanya akan dipertahankan oleh pemiliknya. Untuk itu jika kamu punya kesempatan ini, kamu orang yang beruntung. Keuntungan membeli domain yang berumur ini adalah tentu domain ini sudah mempunyai backlink sebelumnya dan akan memudahkan blog kamu untuk tampil di pencarian Google.

Saya yakin 10 poin di atas mudah dipahami. Selamat memilih nama domain :)

12 komentar:

  1. Saya sudah melakukan hal di atas mas :D

    Yang penting mudah diingat :D

    Oh iya, balas lagi, ternyata template saya sudah bagus tatanan headingnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya :D

      blog kamu emang bagus tatanan headingnya
      justru blog ini yang belum saya tata heading di template-nya
      masih males :D

      Hapus
  2. Sepakat untuk tidak menggunakan angka, begitupun juga untuk nama produk kalau kita gunain angka angka kesalahaan mengingat terlalu tinggi dibandingkan dengan nama unic. hehehe.
    Untuk urusan .com emang kayaknya banyak yang udah di branding .com adalah ucapan wajib kalau bicarain web. xxixixi

    BalasHapus
  3. yang penting dari nama domain tuh IMPACT. terdengar aneh gapapa... malah bisa jadi hal yang bagus itu, coz orang biasanya gak gampang lupa dengan hal2 yang aneh / gak biasa.

    :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, bagaimana dengan domain iskael? :P
      apa juga bikin IMPACT?

      Hapus
    2. cukup berIMPACT terhadapku...
      nama Iskael seakan memukulku dengan fakta bahwa aku masih sendiri...

      ...
      ... ...
      (ノಥДಥ)ノ︵┻━┻・/

      Hapus
  4. aku dapetin nama hptekno dari temanku .. alhamdulillah keyword nembak banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul yo :D
      itu pas banget sama keyword yang kamu tembak
      namanya juga singkat

      Hapus
  5. Emmm,, kira kira nama domain saya sudah memenuhi 10 kriteria di atas ndak mas? :D

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia