6 Des 2017

Tips Ngeblog Profesional dan Hemat Modal

Ngeblog memang bukan hal yang asing lagi saat ini. Banyak sekali orang yang sudah melek teknologi dan memiliki blog. Jika dulu profesi blogger adalah profesi yang asing, kini profesi tersebut sudah diakui. Bahkan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) blogger sudah diserap menjadi bloger (dengan satu 'g').


Kali ini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana sih ngeblog profesional dengan hemat modal. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa ngeblog itu harus pakai modal yang banyak. Memang faktanya kebanyakan ngeblog itu butuh modal banyak, apalagi jika waktunya 'naik kelas'. Namun, bukan berarti orang yang bermodal sedikit tidak bisa profesional. Tetap bisa profesional. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

Kriteria Ngeblog Profesional

Sebelum berbicara mengenai bagaimana hemat modalnya, penting diketahui bahwa harus dipahami terlebih dulu bagaimana kriteria ngeblog profesional.

1. Punya Domain TLD .COM dan Sejenisnya

Jika kamu ingin dianggap profesional dan serius dalam dunia blog, maka konsekuensi yang harus dilakukan adalah kamu harus mem-branding blog-mu dengan domain TLD. Domain TLD ini bisa berupa .COM, .NET, .ORG, .ID, atau sejenisnya. Jangan mengambil domain yang berupa Subdomain TLD seperti .web.id, .my.id, dan sejenisnya.

Mengapa harus domain TLD? Kebanyakan pengiklan menginginkan mendapat sinyal tautan dari blog berdomain TLD. Tidak semua loh yah. Tapi kebanyakan. Justru dari sini bisa disimpulkan blog yang memakai domain TLD memiliki peluang lebih banyak mendapatkan pengiklan daripada selainnya.

2. Tulisan Unik dan Punya Gaya Sendiri

Jangan pernah berharap bisa bertahan dengan melakukan kecurangan di dunia blog seperti menyalin tulisan orang lain. Jika kamu memang ingin menjadi profesional, tulislah tulisan itu sendiri dengan gayamu sendiri. Jelek? Tidak masalah. Suatu saat tulisan kamu akan menjadi semakin baik. Semua itu memang perlu latihan.

Saya sendiri dulu ketika menulis satu postingan saja bisa berhari-hari baru selesai. Sekarang sudah bisa dalam waktu 30 menit jadi 500 kata. Hal itu tentu saja perlu proses berupa latihan menulis yang lama. Kamu pasti tahu kan di dunia ini tidak ada yang instan. Bahkan kamu tidak langsung bisa berlari ketika keluar dari rahim ibumu. Ada proses yang lama.

Keuntungan dari tulisan yang unik ini akan memberikan kesan mendalam tersendiri bagi pembacanya. Bahkan pembaca bisa berlama-lama di blog-mu dan tidak terasa dia sudah menghabiskan banyak waktunya untuk membaca tulisan-tulisanmu. Apalagi jika tulisanmu ternyata menjadi solusi dari masalah yang dialami oleh pembaca.

3. Tidak Terikat oleh Trafik dan Komentar

Jika kamu menulis masih mempertimbangkan trafik dan komentar, tentu kamu akan stres sendiri. Menulislah dengan hati, masalah trafik dan komentar itu akan jalan sendiri. Trafik blog memang bisa menjadi acuan blog tersebut digemari oleh banyak orang atau tidak. Namun, ingat itu bukan semata-mata tujuan ngeblog. Untuk apa blog-mu bertrafik tinggi namun tidak menghasilkan konversi yang bagus (berupa uang). Begitu juga dengan jumlah komentar, tidak selalu banyak komentar itu bagus.

Ketika kamu sudah lama menyelami dunia blog, kamu akan paham bahwa jumlah komentar itu tidak selaras dengan jumlah trafik yang masuk di blog-mu. Kadang seseorang itu malas menulis komentar, meski dia sudah mendapatkan solusi dari masalahnya di blog-mu. Selain itu, tujuan komentar sendiri sebenarnya untuk membantu pembaca berkomunikasi dengan kita sang pemilik blog jika ternyata tulisan kita masih membuat pembaca bingung atau belum menemukan solusi.

Tips Ngeblog Profesional dan Hemat Modal

Setelah saya memberikan beberapa kriteria ngeblog profesional, sekarang saatnya saya memberikan tips hemat modalnya.

1. Beli Domain Saat Promo

Untuk solusi dari kriteria yang pertama adalah kamu bisa membeli domain saat promo. Mengapa saya menyarankan begitu? Tentu saja karena saat promo, harga domain bisa sangat murah. Waktu itu saya sempat mendapatkan harga domain .COM hanya 13 ribu saja. Bayangkan! Padahal harga domain .COM normalnya berkisar antara 120 ribu - 160 ribu. Kamu bisa berhemat hingga 100 ribu lebih.

Untuk mendapatkan info promo domain ini, saya sudah membuat website khusus mengenai promo domain dan promo-promo lainnya, yaitu promomu.com. Saya sengaja membuat website tersebut dengan tujuan untuk memudahkan blogger lainnya mendapatkan harga domain terbaik dan termurah.

Selain domain, dalam dunia blog kamu juga akan mengenal hosting. Harga hosting ini biasanya lebih mahal dari harga domain, apalagi jika spesifikasi hostingnya besar. Untuk itu, demi hemat modal, kamu bisa menggunakan Blogger sebagai hosting blog kamu. Blog iskael.com ini juga masih menggunakan Blogger sebagai layanan hostingnya.

Jika suatu saat kamu ingin "naik kelas", kamu bisa mencoba menggunakan WordPress Self Hosted dan mengelola blog di hosting yang kamu beli. Tentunya dengan memilih keputusan ini, kamu akan mengeluarkan modal yang cukup mahal.

2. Tulis Apa yang Kamu Suka

Untuk mendapatkan tulisan yang unik dan punya gaya sendiri, caranya cukup mudah. Tulis apa yang kamu suka dan kamu kuasai. Misal kamu suka bermain game, kamu bisa menuliskan tutorial atau trik yang ada di game tersebut. Jika kamu suka jajan, maka kamu bisa menulis tentang jajanan yang baru saja kamu beli.

Dengan menulis yang kamu suka, kamu akan lebih mudah dan lebih "mengalir" dalam menulisnya. Yang membaca tulisanmu pun tidak akan merasa wagu. Selain itu, biasanya tulisan yang benar-benar dari hal yang disuka itu akan lebih mudah menduduki peringkat halaman pertama di pencarian Google. Karena memang tulisan yang ditulis dengan hati itu lebih disukai oleh banyak orang.

3. Menulis untuk Berbagi, Benefit Hanyalah Bonus

Semua profesional pasti menyadari hal ini. Semua hal yang dikerjakan sungguh-sungguh tanpa memikirkan keuntungan yang didapat, tentu akan lebih menguntungkan di kemudian hari. Jika memang belum memberikan benefit berarti memang belum waktunya memanen. Saat itu berarti kamu harus terus belajar dan terus menanam. Ada waktunya panen tersendiri.

Ketika kamu menulis untuk berbagi, maka orang lain yang membaca tulisanmu pun tidak akan segan untuk membagikan tulisanmu di media sosial. Efek bagusnya adalah tulisan tersebut bisa menjadi viral. Ketika tulisanmu viral, maka trafik akan datang dengan sendiri, begitu juga komentar. Tak berhenti di sana, pengiklan akan berdatangan silih berganti setelah itu.

Penutup

Dari beberapa tips ngeblog profesional dan hemat modal ini sebenarnya masih ada poin lagi. Poin tersebut adalah menggunakan internet yang cepat tapi murah. Memangnya ada? Ada. Kamu bisa menggunakan paket internet Telkomsel yang harganya 65 ribu (paket TAU). Tahu sendiri kan, Telkomsel ini memang terkenal cepat dan jaringannya bagus serta di mana saja bisa.

Selain itu, jika kamu ingin mencari internet yang murah, kamu bisa menggunakan paket internet Indosat Ooredoo Yellow. Saya sendiri sudah mencobanya, harganya cuma 1 ribu per hari untuk kuota 1GB 24 jam. Cukup stabil di daerah Surabaya. Saya juga sudah menulis di sini. Tapi yang jadi masalah, paket Yellow ini dalam masa promo. Saya tidak tahu kapan berakhir dan berganti harga.

Saya sendiri memakai metode berhemat lainnya dengan memakai paket internet rumahan IndiHome 10Mbps. Karena memang kebutuhan tiap blogger berbeda-beda. Mungkin bagi saya murah karena jika saya kalkulasi dengan jumlah pengguna gadget di rumah, 250 ribu per bulan + PPN 10% itu bakal menjadi lebih mudah dibandingkan saya paketan biasa. Maka dari itu, sesuaikan dengan kebutuhan ngeblog-mu. Jangan sampai ketika kamu pelit modal justru menghambat pekerjaanmu. Kalkulasikan kembali untung ruginya.

Itulah tips ngeblog profesional dan hemat modal yang bisa saya bagikan. Semoga bisa menginspirasi kamu yang ingin ngeblog tapi dengan modal yang seminimal mungkin. Jika bisa murah, mengapa harus mahal! Hehe ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar