10 Nov 2017

Untung Rugi Beli Domain .XYZ

Domain .XYZ sebenarnya sudah cukup lama ada, tepatnya tahun 2011. Seingat saya, domain .XYZ ini booming di tahun 2015 lalu. Bahkan Google memakai domain XYZ untuk nama Google yang baru Alphabet. Tahun 2015 lalu saya sempat juga ingin membeli domain .XYZ juga, namun akhirnya saya batalkan karena ada insiden yang tidak menyenangkan dan saya merasa kecewa.

Setelah selang beberapa bulan dari insiden itu, ternyata ada sayembara dan hadiahnya adalah domain .XYZ. Seingat saya waktu itu saya memilih nama cokelat.xyz. Namun, seperti biasa saya tidak sempat mengisi blog tersebut hingga setahun lewat. Dan domain .XYZ tersebut expired namun tidak saya perpanjang lagi.

Di awal tahun 2017 saya pun berkeinginan punya domain .XYZ lagi karena memang waktu itu ada promo domain .XYZ cuma 7 ribu untuk tahun pertama. Bayangkan, .XYZ ini sangat murah sekali. Tentu saja banyak orang yang membelinya. Saya tahu sendiri bahwa kakak kelas saya semasa kuliah juga cukup banyak membeli domain .XYZ. Namun, lagi-lagi saya bimbang. Karena bimbang ini akhirnya saya tidak beli.

Dengan banyaknya kegagalan saya untuk membeli domain .XYZ ini akhirnya saya berpikir apa sih kira-kira keuntungan dan kerugian dari beli domain .XYZ. Pasalnya, sebagai blogger pengejar job review, saya beli domain harus dengan pertimbangan balik modal dalam waktu yang cepat.

Kelebihan Domain .XYZ

Berbicara masalah domain .XYZ pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan yang bisa kamu dapatkan pertama kali adalah masalah harga. Domain .XYZ hingga saat ini masih dijual murah. Kamu bisa mendapatkan domain .XYZ yang paling murah saat ini seharga 10 ribu untuk tahun pertama. Jika kamu adalah blogger pemula yang ingin mencoba memakai domain TLD, kamu bisa mencoba membeli domain .XYZ dan merasakan sensasi memakai domain TLD untuk blog-mu.


Tak hanya itu, jika kamu adalah blogger yang suka coba-coba dengan hal yang baru dan ingin menghemat budget, kamu bisa menggunakan domain .XYZ ini untuk eksperimen. Tak perlu takut diblokir/deindex oleh Google, karena Google sendiri juga memakai domain abc.xyz untuk perusahaan Alphabet.

Selain itu, domain .XYZ ini relatif baru dibandingkan domain TLD lainnya. Oleh karena itu, kesempatan untuk mendapatkan nama yang bagus masih terbuka lebar. Seperti halnya pengalaman saya punya domain cokelat.xyz. Coba saja kalau kamu bisa mendapatkan domain cokelat.com di tahun ini. Tentu saja sudah dipesan sebelumnya oleh orang lain.

Mungkin buat kamu yang ingin mencoba mendaftar Google AdSense, tidak ada salahnya mencoba menggunakan domain .XYZ ini dengan hosting di Blogger. Lumayan hemat budget bukan?

Kekurangan Domain .XYZ

Untuk kekurangan dari domain .XYZ ini cukup banyak menurut versi saya. Namun, ini mungkin tidak berlaku untuk kamu. Kekurangan yang pertama adalah domain .XYZ ini kurang populer di telinga orang awam. Kebanyakan orang tahunya adalah domain .COM, .NET, dan .ORG.

Selain itu, ada ketakutan tersediri di dalam diri saya mengenai domain .XYZ ini. Karena harganya sangat murah, biasanya akan dipakai oleh para spammer dalam aktivitas spamming di dunia maya. Nah bisa saja suatu saat Google melakukan pembersihan pada semua blog domain .XYZ seperti halnya yang pernah dilakukan pada blog domain .CO.CC.

Kekurangan domain .XYZ yang ketiga adalah domain .XYZ ini masih belum di-ranking oleh MOZ. Jika kamu mengecek di MOZ OSE, kamu akan mendapati bahwa semua domain .XYZ memiliki Domain Authority (DA) hanya 1. Bahkan domain abc.xyz skor DA hanya 1.


Bayangkan, mana mungkin sekelas abc.xyz skornya segitu kecuali memang MOZ belum melakukan ranking pada domain ini. Nah, efeknya adalah tentu saja domain .XYZ ini tidak bisa digunakan untuk mencari uang dari blog melalui job review. Namun jika kamu memang bukan tipikal blogger yang mencari sesuap nasi lewat jalur job review, tidak masalah memutuskan untuk membeli domain .XYZ.

Terkadang ada advertiser yang meragukan kualitas domain .XYZ ini. Padahal jika dilihat dari nama domain, domain .XYZ ini juga setara dengan domain .COM, sama-sama TLD-nya. Bahkan ada yang mengira domain .XYZ ini gratis seperti halnya domain .blogspot.com dan wordpress.com.

Alasan lainnya mengapa domain .XYZ ini kurang saya minati adalah karena harga perpanjangan domain .XYZ ini lebih mahal dari domain .COM dan .NET. Untuk kamu yang memikirkan jangka panjang tentu kamu akan memikirkan hal ini juga.

Kesimpulan

Lalu bagaimana jika kamu ingin membeli domain .XYZ ini namun masih ragu? Saran saya, coba saja beli. Lagi pula harganya sangat murah. Jika kamu merasa nyaman dan bisa mengembangkan blog-mu dengan domain .XYZ tersebut tanpa masalah, lanjutkan. Jika mengalami banyak kendala seperti cekalan atau dianggap domain spam oleh Facebook saat kamu bagikan tautan, maka segeralah ganti domain.

Setiap keputusan memang punya risiko masing-masing. Namun, perlu kamu ingat, risiko yang paling besar adalah tidak mengambil risiko sama sekali. Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran dan mendapatkan ilmu baru. Apalagi di dunia perblogan ini, banyak sekali misteri yang belum terungkap. Semoga tulisan ini menjadi bahan pertimbangan untuk kamu yang akan membeli domain .XYZ.

4 komentar:

  1. baru tau kalau domain xyz belum di ranking, pantesan domain saya yg http://www.danilrafiqi.xyz/ skor DA PA selalu 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga fakta ini membuka wawasan orang lain bahwa .xyz tidak bisa dimonetasi untuk saat ini dari jalur job review :)

      Hapus
  2. wah berarti kalau saya simpulkan mending beli saja ya mas. lalu boleh g tanya mas. bagaimana setting 1 blogspot . lebih dari satu domain. terima kasih by.armanbudiman

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, coba beli 1 saja buat testing :)
      untuk yang setting 1 blogspot itu aku jawab di FB yah

      Hapus