1 Nov 2017

Tahap Perkembangan Janin Bayi dari Minggu ke Minggu

Setiap manusia yang ada di bumi ini pasti punya keinginan untuk menikah di lubuk hati kecilnya. Walaupun ada beberapa orang yang lebih memilih untuk tetap melajang hingga akhir hayat karena alasan tertentu. Namun, pernikahan itu sendiri kadang memberikan banyak sekali tantangan yang harus diselesaikan. Mulai dari masalah yang kecil hingga masalah yang besar.


Ada orang yang menikah namun tidak diberi momongan hingga lama dan bertahun-tahun. Ada yang diberi momongan setelah setahun menikah namun bayinya berkebutuhan khusus. Ada lagi yang diberi momongan cepat namun kondisi ekonominya jatuh saat anaknya baru lahir. Dan banyak lagi macam-macam masalah lainnya dalam kehidupan pernikahan.

Bagi kamu yang baru saja menikah dan mulai menunjukkan tanda-tanda awal kehamilan, tentu saja kamu akan bingung apa yang harus kamu lakukan untuk menyambut sang buah hati. Yang pertama harus kamu siapkan adalah ilmu. Kamu harus punya ilmu bagaimana merawat bayi saat lahir nanti. Namun, ada ilmu lagi yang tak kalah pentingnya sebelum bayi lahir, yaitu: ilmu mengenai tahap perkembangan janin bayi dari minggu ke minggu.

Tahap perkembangan janin bayi dari minggu ke minggu harus kamu ketahui dengan pasanganmu. Pasalnya dengan mengetahui tahap-tahap perkembangan janin, kamu juga bakal tahu apa yang harus kamu lakukan. Misal di awal-awal kehamilan kamu tidak boleh melakukan kegiatan yang berat. Hal ini demi keamanan bayi yang ada di kandunganmu. Bukan tidak mungkin memang ada sebagian janin yang tidak kuat dan bisa membuat ibunya pendarahan. Ada lagi janin yang kuat, meskipun ibunya melakukan pekerjaan berat, tetap saja tidak muncul flek apa pun.

Oh yah, tahap-tahap perkembangan janin ini dihitung dari saat kamu awal menstruasi sebelum kamu benar-benar hamil loh. Jadi jangan kaget ketika kamu baru seminggu menikah, lalu dokter memvonis kamu sudah hamil 2 minggu. Ini adalah hal yang wajar karena dokter menghitung dari awal kamu menstruasi.

Terjadi pembuahan sel telur oleh sperma biasanya dihitung sebagai akhir minggu ke-2 kehamilan. Nah, mulai dari saat ini kamu harus menjaga diri dari aktivitas yang berat. Diusahakan juga kamu harus makan makanan yang bergizi demi mendapatkan kondisi janin yang sehat.

Pada minggu ke-3 biasanya seorang ibu belum sadar jika dia sedang hamil. Pada minggu ke-4 juga biasanya belum terlihat tandanya. Jika dilakukan tes, biasanya hasil samar-samar. Saat minggu ke-5 biasanya seorang ibu sudah merasa dirinya sedang hamil dan hasil tes lebih akurat.

Itulah tahap perkembangan janin bayi dari minggu ke minggu di lima minggu awal. Kamu bisa mengetahui detail perkembangan bayi dengan menanyakan pada dokter, mengunduh aplikasi yang memuat info mengenai kehamilan, atau membaca artikel/majalah mengenai tumbuh kembang janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar