15 Nov 2017

Pengalaman Mencoba Firefox Quantum

Mulai hari ini, kamu bisa mencoba browser Mozilla Firefox yang baru. Nama Firefox tersebut adalah Firefox Quantum (versi 57.0). Apa sih kelebihan dari browser Firefox yang baru ini? Kelebihannya cukup banyak jika dibandingkan dengan Firefox sebelumnya.


Fitur Screenshot

Salah satu fitur yang saya sukai dari Firefox Quantum ini adalah "Take a Screenshot". Fitur ini banyak sekali dipakai oleh banyak blogger dalam aktivitasnya. Bahkan dulu saya memasang plugin tambahan untuk bisa men-screenshot halaman secara penuh, karena memang tidak ada fitur di komputer yang bisa men-screenshot halaman yang panjang dan terbatas oleh scroll.

Klik titik tiga untuk memunculkan menu ini

Pilihan jenis screenshot

Ada pilihan untuk download dan upload hasil screenshot

Dengan fitur bawaan ini blogger akan sangat terbantu. Tak hanya itu, masih ada beberapa kelebihan lainnya di Firefox Quantum ini.

Performa yang Meningkat Tajam

Firefox Quantum jika dibandingkan dengan Firefox sebelumnya, Firefox Quantum 2x lebih cepat. Saya sudah membandingkan sendiri memang Firefox Quantum ini lebih terasa enteng saat digunakan untuk browsing dan membuka banyak tab. Bahkan pihak Mozilla juga mengklaim bahwa Firefox Quantum ini lebih ringan 30% dari Google Chrome. Untuk kamu yang menggunakan banyak browser (seperti saya) akan tahu bahwa saat ini Google Chrome adalah browser yang paling boros dalam alokasi pemakaian RAM.

Tak hanya itu saja sih, Mozilla juga mengatakan bahwa Firefox Quantum ini tetap akan mulus saat kamu membuka 10 atau 1.000 tab. Nah, untuk klaim yang ini saya belum mencoba hingga 1.000, saya hanya mencoba hingga sekitar 10 tab saja. Tapi sepertinya ini juga tergantung perangkat komputernya juga. Semakin bagus spesifikasinya, tentu semakin mulus dalam membuka 1.000 tab Firefox Quantum.

Banyak Fitur untuk Web Developer

Bagi kamu yang bekerja sebagai web developer, Firefox Quantum ini akan memanjakanmu dengan banyaknya fitur yang dimiliki. Kamu bisa melihat apa saya yang disediakan pada gambar berikut.


Fitur Lainnya

Banyak lagi fitur lainnya yang bisa kamu temukan di Firefox Quantum ini dengan cara mengeksplorasinya lebih dalam. Misal, kamu bisa mengubah tema gelap saat kamu melakukan Inspect Element sedangkan tema dasarnya adalah terang, atau sebaliknya.

Jika kamu penasaran dengan Firefox Quantum ini, kamu bisa download browser ini di halaman ini. Selamat bereksplorasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar