26 Okt 2017

Tips Komunikasi Suami Istri

Tips komunikasi suami istri - Pada dasarnya manusia memang diciptakan berpasang-pasangan dan bersuku-suku. Justru dengan fitrah manusia yang seperti ini, manusia dituntut untuk saling mengenal dan berkomunikasi. Komunikasi antarsuku, antarbahasa, dan antarmanusia lainnya memang tidak mudah. Namun, bukan berarti tidak bisa. Terkadang memang menyisakan masalah seperti salah paham dan salah mengartikan. Ini adalah hal yang wajar.


Tak sebatas itu sih, kadang dalam lingkup yang kecil saja, seperti suami istri, sering kali menyisakan masalah karena salah paham dalam berkomunikasi. Pasalnya memang suami dan istri ini memang terlihat sama, namun hakikatnya mereka memiliki perbedaan. Suami sebagai laki-laki banyak menentukan keputusan menggunakan otaknya, sedangkan istri sebagai perempuan lebih banyak menentukan keputusan menggunakan hati atau perasaannya.

Oleh karena itu, sangat perlu adanya tips komunikasi antara suami dan istri demi mengurangi kesalahpahaman di antara mereka berdua. Berikut ini adalah beberapa tips komunikasi suami istri yang bisa saya sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi. Jika kamu yang belum menikah, semoga kamu bisa mengambil pelajaran dari hal ini.

Lebih Banyak Mendengar

Orang yang banyak berbicara tidak akan bisa mendengar omongan orang lain. Sedangkan pasangan kita juga ingin didengarkan keinginannya. Kebanyakan pasangan yang mengalami konflik karena merasa lawan bicaranya tidak memberikan kesempatan pada dirinya untuk mengungkapkan isi hatinya. Untuk itu, jadilah pasangan yang lebih banyak mendengar daripada berbicara. Apalagi jika kamu seorang suami, terkadang istri hanya butuh didengarkan saja, tidak perlu solusi.

To The Point adalah Kunci

Jangan pernah bertele-tele dalam berbicara. Jika ingin A, jangan belok ke B dulu untuk ke A. Langsung saja bicarakan apa yang ingin dibicarakan. Biasanya seorang istri kurang to the point terhadap apa yang ingin dia sampaikan. Ini terkadang jadi masalah yang rumit. Untuk itu to the point saja, lelaki akan lebih mudah memahami istrinya yang to the point dalam bicara.

Jangan Malu Mengaku Salah Walau Tidak Salah

Dalam sebuah pertengkaran suami istri, tidak ada yang salah dan benar. Semua akan terlihat salah di mata seorang istri, walau suaminya benar. Untuk itu, suami cukup mengaku salah walaupun tidak salah. Suami harus sering mengalah. Dengan suami meminta maaf duluan, biasanya istri akan ikut minta maaf. Tujuan dari hal ini adalah selesainya pertengkaran, bukan membuktikan siapa yang benar dan siapa yang salah. Oleh karena itu, jika kamu ingin menikah, maka kamu harus belajar minta maaf walau tak melakukan kesalahan. Ini demi kelanggengan pernikahanmu nantinya.

Itulah beberapa tips komunikasi suami istri yang bisa saya sampaikan. Sebenarnya masih banyak lagi tips lainnya yang ingin saya bagikan. Namun, terlalu panjang jika saya tulis di sini. Semoga tips di atas bermanfaat bagi kita semua.

2 komentar:

  1. Mengaku salah walaupun tak salah. Ini yang biasa saya lakukan saat ada perselisihan dengan istri. Dan ternyata cukup ampuh. Tak lama, masalah bisa clear.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu yang diharapkan
      tapi ada waktunya tidak boleh mengalah, karena jika mengalah, justru malah ga clear :D

      Hapus