Featured Post

Cara Mematikan Fitur Auto Adjust Brightness Screen di MacBook

Salah satu kelebihan MacBook dibandingkan laptop lainnya adalah peduli terhadap mata penggunanya. Fitur yang satu ini belum ada di MacBook yang diproduksi di tahun 2010 ke bawah. MacBook putih saya juga tidak memiliki fitur ini. Fitur tersebut adalah Auto Adjust Brightness Screen. Entah mulai kapan Apple memberikan fitur ini pada MacBook, yang jelas MacBook Air tahun 2015 sudah punya fitur ini.


Fitur ini membuat pencahayaan layar MacBook otomatis mengikuti intensitas cahaya di sekitar. Ini sangat perlu sekali buat kamu yang mobilitas tinggi. Tentu saja dengan adanya fitur ini kamu tidak perlu mengatur ulang pencahayaan layar laptop lagi, karena akan berjalan otomatis.

Pengalaman Seputar Brightness Screen di MacBook

Pernah suatu ketika, pengalaman pribadi saat tahun 2013 lalu bertemu dengan klien. Saya masih menggunakan MacBook putih saya. Karena memang biasanya saya kerja di rumah yang notabene pencahayaannya tidak seterang di luar rumah, maka pencahayaan yang saya pakai rendah.

Saat menghidupkan MacBook putih saya, saya mengalami hal yang sedikit menyulitkan ketika sudah masuk login screen. Karena pencahayaan layar yang sangat rendah, saya tidak bisa melihat login screennya. Saya tekan tombol pencahayaannya juga tak kunjung bisa karena memang tombol itu hanya bisa digunakan jika posisi login.

Jadi fitur ini sangat membantu sekali jika kamu sedang berada di luar rumah dan mengalami kejadian seperti yang saya alami.

Namun, untuk kasus kali ini, saya justru ingin mematikan fitur ini. Mengapa saya matikan? Karena saya berada di dalam rumah dan fitur ini kadang mengganggu dari sisi penghematan baterai. Fitur ini lebih boros baterai karena pencahayaan dengan intensitas cahaya tinggi lebih banyak mengkonsumsi energi. Oleh karena itu, saya memilih untuk mematikan fitur ini.

Cara Mematikan Fitur Auto Adjust Brightness Screen di MacBook

Berikut ini adalah cara mudah mematikan fitur Auto Adjust Brightness Screen di MacBook. Yang pertama, klik logo Apple yang ada di pojok kiri atas, lalu pilih System Preferencess. Setelah itu pilih Displays.


Di bagian "Automatically adjust brightness" hilangkan centangnya. Maka sekarang fitur tersebut telah kamu matikan.


Jadi, mudah sekali 'kan mematikan fitur Auto Adjust Brightness Screen di MacBook ini? Selamat mencoba. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kamu yang mengalami masalah seperti yang saya hadapi.

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments